Selain Traveling, 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan untuk Memanfaatkan Masa Mudamu

Sebuah langkah kecil untuk melakukan perubahan besar dalam hidup

Seperti yang kita tahu, anak muda adalah harapan bangsa untuk membawa perubahan ke arah yang positif.  Apa yang kamu lakukan sekarang akan menentukan nasib bangsa ini kedepannya. Jadi, yuk guys kita sama-sama memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan hadapi rintangan!

Kalau ditanya, “kontribusi apa sih yang udah kamu berikan untuk negeri ini ?” Apa jawaban yang akan kamu katakan ? Nah, kalau kamu belum punya jawaban karena masih terlalu banyak rebahan, lebih baik mulai sekarang persiapkan jawaban kamu biar nggak malu-maluin kalau ditanya.

Berikut 5 hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk melakukan perubahan positif dalam hidupmu sehingga secara tidak langsung kamu dapat memberikan kontribusi untuk negeri ini.

Advertisement

1. Jauhilah mager (malas gerak)

Photo by diana.grytsku

Photo by diana.grytsku via http://www.freepik.com

Sukses itu nggak bakalan menghampiri kamu yang tiap hari hobinya hanya rebahan di kasur. Kamu pasti juga udah tahu kalau ingin sukses maka kamu harus merasakan sebuah perjuangan, pengorbanan, dan kesusahan.

Nah, tapi terkadang kita merasa malas untuk memulai gara-gara chat dari gebetan yang menunggu untuk dibales, kasur empuk yang memiliki gravitasi yang sangat kuat, atau temen-temen yang ngajakin main among us, dan gangguan-gangguan kecil lain yang membuat perhatian kamu teralihkan.

Advertisement

Kalau kamu ingin melakukan suatu perubahan, kamu harus tetapkan niat terlebih dahulu. Diawali dengan niat, diikuti dengan tindakan. Jadi, sekarang kurang-kurangin rebahan sambil balas chat dari gebetan di kasur ya. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil yang positif dan buanglah rasa malas!

2. Hilangkan baper (bawa perasaan)

Photo by cookie_studio

Photo by cookie_studio via http://www.freepik.com

Tidak ada sukses yang didapat dari jalan yang mulus. Seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang kemudian. Jadi, kalau sekarang kamu sedang mencari kerja dan mengalami penolakan berkali-kali maka jangan mudah merasa baper.

Advertisement

Begitu pula untuk kamu yang sedang berwirausaha, jangan langsung down ketika sepi pembeli. Ingat, sukses didapat dari jalan yang terjal dan berliku. Sedangkan, baper hanya akan membuat kamu menjadi merasa rendah diri dan sedih sehingga hal itu akan menghambatmu untuk melangkah kembali.

Sekali-kali bersikap cuek itu perlu ketika kamu mengalami kegagalan, kepahitan, dan kesakitan.

3. Berpikir kreatif

Photo by our-team

Photo by our-team via http://www.freepik.com

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada esok hari sehingga kita harus siap dengan apapun yang menimpa kita di kemudian hari. Seperti halnya wabah pandemi COVID-19 ini, siapa sangka ini akan terjadi dan berlangsung begitu lama? Di depan pasti ada tantangan dan rintangan yang mau nggak mau harus kita hadapi.

Kreativitas adalah kunci. Kata orang tua, ‘anak muda lebih banyak ide’ jadi, jangan sampai deh anggapan orang tua terhadap kita itu salah. Latihlah otak untuk cepat dalam menanggapi situasi yang ada. Misalnya dengan adanya pandemi sekarang ini, kamu harus bisa berpikir kreatif agar tetap memperoleh penghasilan.

Berdasarkan survei di internet, sudah banyak sekali masyarakat yang beralih profesi menjadi wirausaha mulai dari jualan masker, face shield, hingga makanan. Nah, hal-hal seperti itulah yang kamu butuhkan untuk dapat menghadapi tantangan di kehidupan yang tidak dapat diprediksi ini.   

4. Belajar hal baru

Photo by yanalya

Photo by yanalya via http://www.freepik.com

Manfaatkan masa mudamu sebaik mungkin. Selain traveling, hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati masa muda adalah dengan belajar hal baru atau hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Misalnya, kamu memiliki kekurangan dalam hal berbahasa Inggris. Jangan jadikan hal itu sebagai boomerang yang dapat mematikanmu. Tapi, cobalah untuk melakukan perubahan dengan belajar, bisa dengan menonton video berbahasa inggris di youtube, membaca cerita atau berita bahasa Inggris, latihan ngomong dengan temen pakai bahasa Inggris, dan sebagainya.

Dengan adanya kemauan dan tindakan untuk belajar hal baru maka akan semakin menambah skill kamu loh! Dengan begitu kamu akan merasa percaya diri karena kamu sudah making progress!

5. Mengembangkan hobi yang positif

Photo by evening_tao

Photo by evening_tao via http://www.freepik.com

Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah adalah hobi yang dibayar, begitu kira-kira kata Bapak Ridwan Kamil. Nah, hal itu bisa kamu terapin dalam hidup kamu nih.

Ketika kamu senang melakukan suatu hal misalnya seperti memotret, melukis, menulis dan lain sebagainya alangkah  baiknya jika hal tersebut kamu tekuni dan kembangkan. Siapa tahu hobi kamu akan menjadi jalan ninjamu. Bukankah menyenangkan mendapatkan apresiasi dari suatu kegiatan yang kamu sukai? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seseorang yang ingin berbagi cerita kepada dunia lewat aksara

CLOSE