Dear Anak 2000an, Yuk Nostalgia dengan 5 Serial Kartun Ini~

Kamu udah nonton belum yaa?

Zaman yang terus berubah membuat televisi semakin tidak diminati oleh anak-anak. Hal ini terjadi karena adanya smartphone yang bisa dikatakan lebih mudah dan menghibur dari pada siaran televisi yang kebanyakan acara-acaranya merupakan konten atau tontonan bagi remaja sampai dewasa. Mulai dari sinetron yang episodenya sampai ribuan, FTV yang isinya hanya cinta-cintaan, sampai acara-acara yang harusnya tidak dikonsumsi anak-anak.

Ini sangat berbeda dengan 10-15 tahun ke belakang, dimana pada tahun-tahun tersebut banyak siaran televisi yang ditujukan bagi anak-anak, khususnya serial kartun. Serial yang menghibur dengan cerita yang mudah diterima anak, visual yang khas dan soundtrack yang sangat easy listening membuat anak-anak pada saat itu betah di depan televisi, hal yang dirindukan ketika kita sudah beranjak dewasa yang disibukkan dengan berbagai urusan dunia.

 

Advertisement

1. CALK ZONE, Serial Kartun Ini Merupakan Alasan Utama Bagi Anak 2000an Untuk Bangun Pagi

Photo by Jagad Media

Photo by Jagad Media via https://www.jagadmedia.id

Serial kartun produksi Nickelodeon ini merupakan salah satu kartun yang paling memorable banget bagi anak 2000an, kartun yang menceritakan tentang murid sekolah dasar bernama Rudy Tabootie yang memiliki sebuah kapur ajaib. Kapur ajaib yang dimiliki Rudy bisa mengantarkanya masuk ke Calk Zone “ zona kapur “, yaitu tempat yang bisa membuat apapun yang digambar kapur ajaib itu dapat hidup dan berinteraksi satu sama lain. Rudy mengajak Penny temannya untuk ikut masuk ke zona kapur. Di sana Rudy juga bertemu dengan teman baru yaitu Snap karakter yang digambarnya saat berusia 8 tahun. Dan petulangan Rudy dengan dua temannya pun dimulai. Serial kartun ini tayang di Indonesia pada tahun 2006-2012 dan GTV sebagai saluran TV yang menyiarkannya. Gimana kangen gak?

 

Advertisement

2. CAPTAIN TSUBASA, anak-anak tahun 2000an yang suka dan punya cita-cita jadi pemain sepak bola pasti sering nonton serial ini

Photo by Freegametips

Photo by Freegametips via https://www.google.com

Anime yang disutradarai oleh Isamu imakake ini menceritakan seorang anak bernama Tsubasa Ozora yang sangat mencintai sepak bola. Dia masuk ke sekolah dasar Nankatsu dan bergabung dengan tim sepak bola sekolah tersebut, di sana ia bertemu dengan teman-teman barunya. Mereka berlatih bersama dan akhirnya menjadi tim yang kuat hingga mampu menjuarai kejuaraan sepak bola tingkat sekolah dasar di kotanya.

Tsubasa Ozora mempunyai kemampuan khusus dalam menendang bola yang disebutnya sebagai Drive Shot. Di serial ini Tsubasa Ozora juga mendapat lawan cukup kuat yag bernama Kojiro Hyuga, dia juga memiliki tendangan andalan bernama Tiger Shot. Dulu kalian pasti juga teriak Tiger Shot atau Drive Shot waktu bermain bola kan ?

3. POPEYE, siapa yang disini rajin makan bayam karena nonton kartun ini ?

Photo by Fans Share

Photo by Fans Share via http://www.fansshare.com

Karakter fiksi yang dibuat oleh Elzie Crisler Segar ini pertama muncul tahun 1929 dalam strip komik dan televisi kartun animasi. Sejak debut pertamanya, karakter ini memiliki bentuk mulut yang khas serta tangan berotot dan tato bergambar jangkar kapal, ciri lain dari karakter popeye adalah pipa cangklong yang dapat berbunyi mirip peluit kapal.

Kartun yang menceritakan tentang seorang pelaut bernama Popeye. Dia memiliki kekasih bernama Olive yang selalu diganggu oleh musuh bebuyutannya yaitu Bluto. Popeye selalu hampir kalah dengan Bluto, tapi ajaibnya Olive selalu datang dengan membawa bayam dalam kaleng yang membuat Popeye langsung menjadi dua kali lipat lebih kuat dan siap untuk mengalahkan Bluto. 

4. Detaktif Conan, anak kecil super pandai dan teliti

Photo by Wallpaper Better

Photo by Wallpaper Better via https://www.wallpaperbetter.com

Detektif Conan merupakan karakter yang diciptakan oleh Gosho Aoyama. Serial yang menceritakan kisah Shinichi Kudo, seorang detektif yang masih duduk di bangku SMA. Berkat keahliannya, dia sering mebantu polisi dalam menyelesaikan sebuah kasus, terlebih kasus yang masih misterius. Saat melakukan penyelidikan Kudo diserang oleh musuhnya yang dikenal sebagai Organisasi Hitam.

Mereka memaksa Kudo untuk menenggak racun, namun bukannya tewas tubuh Kudo justru mengecil. Sejak hari itu ia menggunakan nama samaran Edogawa Conan. Setelahnya ia tinggal bersama teman masa kecilnya yang sekarang menjadi detektif dan petualangan Kubo dengan nama samarannya dimulai. Serial anime yang rilis sejak tahun 1996 ini memiliki total 984 episode. Mendapatkan rating 8,4/10 dari IMDb. Sampai sekarang Detectif Conan telah tayang di 40 negara.

5. SCOOBY DOO, kartun yang mengajarkan bahwa yang paling menakutkan bukan hantu tapi manusia

Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Awalnya Scooby Do merupakan serial animasi televisi Amerika Serikat yang ditayangkan setiap sabtu pagi. Karakter yang diciptakan oleh Joe Ruby ini menceritakan Scooby Do seekor anjing yang mampu berbicara dan empat temanya yakni : Fred, Daphne, Velma dan Shaggy kelima sahabat ini memiliki julukan Mystery Inc. Mereka berkeliling dengan mobil van yang diberi nama Mysteri Machine, dan memecahkan berbagai kasus yang berhubungan dengan hantu dan misteri.

Pada setiap akhir episodenya diperlihatkan bahwa semua kasus yang berhubungan dengan gaib memiliki penjelasan yang masuk akal dan pelaku dari kasus tersebut bukanlah hantu melainkan manusia. Scooby Do dan teman baiknya Shaggy mepunyai kesamaan dalam selera makan yaitu cukup rakus, dan terkadang itu menimbulkan masalah dalam investigasi Mystery Inc. Scooby Do juga memiliki tawa yang khas yang membuat karakter Scoby Do sangat memorable bagi anak-anak waktu itu.

Siapa yang masih ingat opening serial kartun ini ?? where are you ?!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE