Seringkali, hubungan persahabatan dan pertemanan menjadi renggang ketika salah satu dari kita sudah punya pacar. Memang faktanya ketika seseorang baru dapat pacar dia akan cenderung melupakan sesuatu yang lain, termasuk pada teman seperjombloannya.

Hidup memang penuh dengan pilihan. Salah satunya adalah memilih tetap jomblo. Jomblo bukan karena kamu gak laku atau gak ada yang suka. Bisa jadi, kamu justru jadi incaran banyak orang. Jadi jangan heran, jika temanmu yang belum dapat pacar berubah jadi acuh karena sikapmu kini cenderung lebih sering dihabiskan dengan pacar.

Sebenarnya sih, nggak ada yang bilang kalau kamu tuh jahat hanya karena kamu sedang menjalin hubungan. Siapa sih yang nggak pernah berbuat salah sama temennya sendiri? Even the most amazing friends say or do the wrong things sometimes. Namanya juga manusia.

Nah, sebelum hubungan kamu sama si temen jomblomu atau single friend renggang terlalu jauh, kamu butuh mendengarkan suara hati mereka agar kamu bisa mempertahankan pertemananmu bersamaan dengan mempertahankan pacar kamu.

1. Sendiri tapi tak merasa sedang kesepian

Kesepian bukan hanya sekedar masalah mental

Kesepian bukan hanya sekedar masalah mental via https://goo.gl

Mungkin kamu perlu paham tentang arti alone dan being lonely. Kedua kata tersebut punya arti yang sangat berbeda. Kamu bisa aja sendiri (alone) tapi kamu nggak merasa sedang kesepian (lonely), dan bisa aja di dalam keramaian kamu merasa sepi.

Advertisement

Sebaiknya kedua kata ini jangan dipakai dalam hubungan pertemanan kalian ya! Kalau kamu benar-benar ingin kembali menjaga hubungan baik dengan temanmu, ngobrol lah tanpa membesar-besarkan status kejombloannya.

2. Menjadi jomblo bukanlah hal yang buruk

Makin bahagia

Makin bahagia via https://goo.gl

Harus paham, bahwa jadi jomblo bukanlah titah yang buruk! Faktanya, mereka punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang menarik. Menjadi seorang single memberi mereka banyak kesempatan untuk memahami diri sendiri dan meraih apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup ini.

Nah, pesan buat yang udah lebih dulu jadian nih. Single friend kamu sejujurnya nggak ingin kamu bertingkah seolah-olah kejombloan mereka tuh adalah sesuatu yang salah dan perlu dibenahi. Mereka hanya ingin kamu memperlakukan mereka dengan cara yang sama seperti dulu, tanpa memandang status bahwa kamu udah menjadi pacar orang.

Advertisement

Kalaupun misalnya mereka butuh bantuan dalam urusan cinta, dia pasti akan nanya sendiri kok. Jadi, jangan sampai hubungan percintaan kamu membuat pertemanan kalian jadi sensitif.

3. Jangan maksa untuk nyomblangin

Saat kamu dikenalkan

Saat kamu dikenalkan via https://goo.gl

Sebagai orang yang udah lebih dulu mendapat pasangan, biasanya ada beberapa orang yang jadi gatel mencarikan pacar buat single friend-nya. Tapi, hati-hati karena mereka malah bisa-bisa marah sama kamu lho!

Yup, kamu harus paham kalo nggak semua jomblo itu “haus dengan relationship”. Jadi, jangan sampai kamu tiba-tiba jadi makcomblang buat temen kamu yang sebenarnya lagi nggak berminat menjalin hubungan cinta.

Kamu bisa melakukan hal ini hanya jika mereka mulai nanya kamu, “ada yang bisa lo kenalin ke gue nggak?” Di saat inilah kamu bisa berperan jadi mak comblang, sebab kalau dia nanya ke kamu berarti tandanya ia sudah siap.

4. Kadang, dia ingin hang outsama kamu bukan kamu plus pacarmu

Betah ngobrol sama kamu

Betah ngobrol sama kamu via https://goo.gl

Kalau kamu punya kecenderungan ingin selalu bawa pacar dalam setiap aktivitas kamu, misalnya saat reuni, acara ulang tahun, arisan, apapun itu dah. Bakal menjadi hal yang mengganggu buat single friend kamu. Mungkin kamu nggak menyadarinya karena kamu telah terbiasa melakukan semua hal dengan pacar, tapi nggak semua acara cocok untuk pacar kamu juga, ya kan?

Sebenernya bukan cuma kehadirannya aja yang bisa bikin perkumpulan kamu dan temanmu terganggu. Sama halnya kalau kamu bentar-bentar ngecek handphone, bentar-bentar ditelpon pacar, baru main bentar udah disuruh pulang! Kebayang gimana betenya temen kamu yang udah menyiapkan quality time hanya untuk kamu?

5. Tidak semua teman jomblo berasa jadi obat nyamuk saat kalian jalan bertiga

Jenis teman

Jenis teman via https://goo.gl

Tergantung pribadi masing-masing sih. Nggak semua single friends selalu merasa jadi orang ketiga kok saat kalian jalan bertiga. Kalau pacar kamu orangnya asik dan gampang berteman dengan siapapun, teman kamu nggak akan merasa jadi obat nyamuk.

Selama kamu bisa membawa suasana yang asik, dan nggak membicarakan tentang status dan inside jokes, teman kamu mungkin bakal baik-baik aja. Hanya saja, sebaiknya jangan terlalu sering jalan bertiga. Bisa-bisa nanti malah terjadi hal tak diinginkan, hehe. You know lah.

6. Kamu bisa curhat tentang hubungan kamu, tapi ada timingnya

Nyaman curhat padami

Nyaman curhat padami via https://goo.gl

Tentu aja, curhat tentang pacar adalah topik yang menyenangkan. Tapi topik itu bukanlah satu-satunya cerita yang bisa kamu curhatin ke temen kamu “single or not!”. Alasannya, pertama karena single friend kamu mungkin nggak ingin menghabiskan waktunya untuk ngobrol tentang dengan siapa mereka akan pacaran, atau cerita tentang rahasia dating online-nya. Kedua, mereka mungkin nggak akan betah jika terus dicekoki dengan kisah percintaan kamu yang “drama” banget.

Intinya, hal terbaik yang bisa kamu lakukan pada temen jomblo kamu adalah dengan menghormati keputusannya, dan nggak membuat asumsi tentang kehidupan mereka. Paling tidak kamu peka sedikitlah kalau punya temen yang oke dan enakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya