Masa-masa menjadi mahasiswa memanglah masa di mana kita harus fokus mengasah kemampuan akademis dan organisasi yang bakal menyita waktu. Namun, seringkali mahasiswa  punya masalah lain perihal keuangan, apalagi jika mereka adalah mahasiswa kos-kosan. Tak hanya untuk bertahan hidup, mahasiswa perantauan pun harus ikut menyeimbangkan antara uang makan, uang transport, dan keperluan lainnya seperti ngeprint tugas dan beli buku.

Tentunya, jika kalian hanya mengandalkan uang saku orang tua, kebutuhan-kebutuhan yang berjibun itu bisa saja hanya pas-pasan atau bahkan kurang. Untuk mengatasi kebutuhan finansial tersebut, berbisnis ala mahasiswa bisa menjadi solusi. Tak perlu menyita banyak waktu kalian, bisnis-bisnis berikut bisa kalian jalankan sambil kuliah, lho.

Yuk intip, apa saja ya bisnis ala mahasiswa yang untungnya lumayan?

1. Buat kamu yang punya hobi di bidang gambar, cocok untuk memulai bisnis lukisan, karikatur, WPAP atau sketch

Bisnis lukisan, karikatur, WPAP, atau sketch ini memang butuh mengandalkan keahlian kalian dalam menggambar, sih. Jika kalian adalah salah satu orang yang ahli dalam membuat lukisan, karikatur, atau WPAP dan sketch tentunya kalian harus menjadikan ini sebagai peluang usaha, ya. Untungnya pun gak main-main, lho. Setiap hasil lukisan, karikatur atau WPAP ini bisa kalian jual dengan harga di atas 150.000-350.000 ribu tergantung ukuran yang di minta. Lumayan banget kan? Tapi, jika kalian tak memiliki bakat dalam menggambar, kalian juga bisa sekedar mencari-cari pelanggan dan ikut bekerja sama dengan teman kalian yang ahli membuatnya. Kalian tak perlu susah-susah, cukup duduk saja sambil mencari pelanggan yang mau membayar jasa kalian dengan bagi hasil.

2. Suka gemes liat make up temen yang masih berantakan? Mending dijadiin peluang untuk jadi make up artist dong!

Advertisement

Buat para cewek yang memang punya hobi dandan, kalian juga bisa memanfaatkan peluang ini. lho. Bisa dibilang bisnis yang satu ini memang sedang hits nih di kalangan para mahasiswi, karena asal mau belajar dan sekedar modal alat make up sendiri, kita bisa punya peluang besar untuk mandiri.

Bagaimana tidak, bagi kalian yang pandai berdandan dikesehariannya, tentu ini adalah peluang besar untuk dijadikan bisnis ala mahasiswa. Hanya bermodal make up, kalian bisa hasilkan uang dari bisnis ini mulai Rp. 300.000 sampai jutaan, lho. Tak perlu butuh banyak menyita waktu, bisnis ini bisa kalian jajakan saat ada acara wisuda, lamaran, pre-weeding, atau bahkan untuk weeding.

3. Bisnis selempang yang satu ini cocok pas musimnya wisuda, lho

Bisnis lain yang tak kalah menjajikan untuk mahasiswa mandiri adalah berbisnis selempang. Bisnis yang satu ini memang tergolong salah satu bisnis ala mahasiswa yang punya banyak peluang untuk sukses. Tentunya karena selempang adalah salah satu barang yang seringkali dicari para mahasiswa yang hendak sidang dan wisuda, kan? Jika kalian adalah mahasiswa di tingkat akhir, kalian pastinya nggak harus kesusahan mencari pelanggan yang mau membeli barang tersebut, bukan?

4. Daripada usil, mending tanganmu dipakai untuk berbisnis kado-kado unik handmade ini 😉

Advertisement

Untuk dapat menjalankan bisnis kado-kado unik ala mahasiswa ini, kalian harus belajar terampil dan kreatif, ya! Namun, jangan juga remehkan hasil dari ketelatenan kamu membuat kado handmade ini. Karena, bisnis ini bisa kalian jadikan perluang usaha yang menjanjikan di kalangan mahasiswa, lho.

Barang-barang yang kalian tawarkan pun bisa beragam, mulai dari kerajinan tangan bunga flanel, buket jajan, coklat hias, hingga boneka wisuda dan lain-lain. Nggak perlu berbakat, kamu hanya perlu sedikit ketelatenan dan kesabaran dalam membuat produk-produk handmade ini. Berbicara soal untung, bisnis kerajinan tangan ini bisa di hargai mulai 100.000 – 300.000 ribu, lho. Lumayan banget dong buat nambah uang saku?

5. Yang terakhir ini adalah bisnis hits di jaman now, yaitu bisnis clothing line, online shop atau bisnis hijab

imgrum.org

imgrum.org via https://www.imgrum.org

Bisnis lain yang tergolong sangat menjanjikan adalah bisnis clothing, online shop, dan bisnis hijab. Kalian bisa kok jalankan usaha ini semua dalam satu waktu. Jika kalian tertarik di bisnis clothing, kalian bisa banget nih manfaatin para mahasiswa-mahasiswa baru yang seringkali membuat acara rombel atau organisasi dan membutuhkan desain kaos yang seragam.

Tentunya, sekali bisa mendapatkan pembeli, kalian bisa langsung mendapatkan untung banyak karena sekali pesanan biasanya order minimal puluhan hingga ratusan baju, lho! Berbicara soal keuntungan, bisnis ini bisa menambah uang saku kalian hingga jutaan, tergantung seberapa banyak pesanan yang kalian punya.

Bisnis online shop dan hijab pun sama. Untuk bisnis yang satu ini kalian hanya perlu mencari reseller yang murah dan berkualitas. Dengan hanya bermodal upload gambar di sosial media, kalian bisa mendapat keuntungan yang gak main-main.

Yuk jadi mahasiwa yang gak cuma baik di akademik tapi juga berkreatifitas dengan berbisnis!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya