I'm a big believer in that if you focus on good skin care, you really won't need a lot of make up - Demi Moore

Kulit lembut, cerah, lembab sepertinya menjadi idaman setiap wanita. Dengan kondisi kulit seperti itu seperti yang sudah dibilang oleh Tante Demi Moore kita tidak lagi perlu memakai make up tebal-tebal. Tampilan natural saja sudah bisa membuat kita kelihatan maksimal.

Pertanyaannya, gimana sih bisa memiliki kulit yang kenyal, halus dan lembab tanpa harus bergantung pada make up? Kuncinya ternyata adalah merawat kulitmu sesuai jenisnya. Memperlakukan kulitmu sesuai identitasnya. Nah, kali ini Hipwee ingin memberimu 6 tips merawat kulit wajah sesuai jenisnya. Supaya kulitmu mulus dan sehat!

1. Ada 4 tipe kulit yang harus kamu tahu. Sebelum mulai perawatan kenali dulu jenis kulitmu!

What’s your skin type via http://beautyandspice.com

Secara umum ada 4 jenis kulit, yaitu kulit berminyak, normal, kombinasi serta kering. Nah kamu harus tahu kulitmu itu termasuk jenis yang mana. Dengan tahu jenis kulitmu, kamu bisa menentukan treatment terbaik dan yang pasti hasilnya juga memuaskan. Buatmu yang masih bingung bagaimana menentukan jenis kulitmu, ini nih ciri-cirinya.

Berminyak: Memiliki pori-pori yang besar di wajah, produksi minyak yang banyak sehingga wajahmu terlihat sangat mengkilap

Kering: Pori-pori tidak terlihat di wajah

Normal: Pori-pori terlihat tapi tidak terlalu besar, jika dilihat dari jarak normal ketika kita berkaca pori-pori tidak terlihat.

Kombinasi: Pori-pori besar serta produksi minyak cukup banyak di T-Zone area ( hidung, dahi serta dagu)

2. It’s treatment time

Advertisement

Setelah tahu jenis serta kondisi kulit kamu, ini saatnya buat kamu untuk memberikan treatment buat wajahmu. Jadilah orang yang menganggap treatment seperti ibadah. Harus kamu lakukan secara teratur agar mendapat hasil maksimal!

Di bawah ini kamu bisa lihat treatment yang harus dilakukan untuk setiap jenis kulit.

3. Untuk kulit berminyakmu, ikuti langkah perawatan ini

Bagi kamu yang punya kulit berminyak pasti sebel karena merasa pake Vaseline diseluruh wajah. Tapi sebenernya kalian para pemilik kulit berminyak seharusnya bersyukur karena produksi minyak menghambat proses penuaan, bisa dibilang sih kalian lebih punya kesempatan untuk awet muda.

Advertisement

Btw, gimana sih caranya biar mengontrol produksi minyak dimukamu? Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah rutin mencuci muka namun jangan berlebihan, sehari cukup 2-3 kali. Lebih dari itu produksi minyakmu bisa semakin bertambah. Gunakan air hangat untuk mencuci mukamu karena air hangat lebih mudah melarutkan minyak. Jangan lupa juga memakai moisturizer (pelembab) setiap hari. Untuk kulit berminyak cari moisturizer dengan bentuk gel.

4. Hindari kandungan alkohol untukmu pemilik kulit kering

Beda dengan kulit berminyak yang bisa membuat awet muda, orang dengan kulit kering lebih rentan dengan tanda-tanda penuan yakni kerutan. Kunci utama untuk kulit kering adalah hydrating. Oleh karna itu, kalian harus mengaplikasikan moisturizer berbentuk cream. Untuk moisturizer pilih yang mengandung olive oil atau shea butter. Kalian juga tetap harus mencuci muka (2 kali sehari) dengan air yang sedikit hangat. Pilih sabun pencuci muka bebas alkohol karna kandungan tersebut akan membuat kulit kalian semakin kering.

5. Kulit normal juga butuh dirawat. Ini caranya!

normal skin via http://www.tsecret.com

Buat yang punya jenis kulit normal bersyukurlah kalian boleh bersyukur karena hidup akan jauh lebih mudah. Nggak ada treatment khusus yang harus kalian jalankan. Kalian cuma butuh melakukan basic step dalam merawat wajah antara lain mencuci muka, menggunakan moisturizer serta menggunakan sunscreen untuk melindungi kalian dari sinar matahari.

6. Kulit kombinasi itu sedikit tricky. Tapi kalau dirawat sih kinclong pastinya

combination skin via http://www.wishtrendglam.com

Nah perawatan untuk jenis kulit ini bisa dibilang paling rumit dibandingkan yang lainnya, karena ada 2 jenis kulit didalam satu wajah. Sebenarnya tahap yang harus dilakukan sih sama dengan perawatan wajah untuk jenis kulit lainnya, namun kalian harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam skincare yang kalian pilih. Untuk pencuci muka, kalian bisa pilih pencuci yang mengandung glutamid acid. Glutamid acid berfungsi untuk mengontrol produksi minyak. Selain itu kalian juga harus memakai moisturizer berdasarkan jenis kulit. Untuk bagian yang berminyak kalian bisa menggunakan pelembab berbentuk gel sedangkan untuk bagian yang kering kalian bisa menggunakan pelembab berbentuk lotion.

Nah gimana? Moga-moga dengan artikel ini kalian jadi lebih tau ya gimana caranya merawat wajah kalian. Kalo kulit sehat pasti wajah jadi lebih cantik deh. Eh tapi ga hanya dengan skincare yah, kulit sehat juga harus didukung dengan pola makan yang baik serta olahraga yang teratur. So, selamat menjadi cantik:)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya