Dengan 6 Alasan Ini, Kamu Tak Perlu Pikir Dua Kali Untuk Memelihara Kucing

Kucing, merupakan hewan rumahan yang sering berada di sekitar kita. Mungkin bagi sebagian orang, kucing dianggap sebagai hewan yang sangat mengganggu. Suka mencuri makanan, poop dimana – mana, berisik kalau sedang musim kawin, dll.

Apa iya ? Memang iya ada benarnya. Tapi itu semua kebiasaan dari kucing liar yang memang sifat alamiah kucing yang tidak dipelihara dengan baik, tidak ada bedanya dengan binatang lain yang hidup dengan liar.

Oleh karena beberapa hal diatas, terkadang orang lebih memilih memelihara hewan selain kucing misalnya burung, ayam, ikan, dan anjing. Mungkin mereka tidak tau saja, kalau kucing mempunyai keistimewaan tersendiri.

Dengan mengetahui hal tersebut, setidaknya rasa ‘tidak’ mu terhadap kucing, akan berkurang dan rasa ‘iya’ mu mengenai kucing akan semakin dalam.

 <>1. Makhluk terlucu di dunia, ya kucing jawabannya
cutest cat

cutest cat via http://stuffpoint.com

Siapa sih, yang bakal menyangkal kalo kucing itu mahluk terlucu, terimut, terunyu sedunia ? Coba deh kamu lihat mukanya ketika dia tidur. Kamu pasti akan jatuh cinta saat itu juga. Kamu bakal susah untuk melepas pandangan kamu darinya. Ya, kucing memang terlihat sangat lucu ketika mereka tertidur.

Melihat tingkah anak - anak kucing saat mereka main, sudah pasti membuat kita berkata “ssshhhh gemesnya !” mendengar meongan mereka saat mereka bercanda akan membuat kita berkata “oowww unyu banget !”. Tapi, tidak hanya anak kucing, pada saat mereka sudah dewasa pun kamu tidak akan pernah bosan main dengan mereka.

<>2. Penyakit dari kucing yang menjadi kekhawatiran wanita, ternyata hanya mitos belaka
cat and pregnant women

cat and pregnant women via http://www.medscape.com

Banyak orang beranggapan kalau kita sering bersentuhan dengan bulu kucing, maka akan mengalami kemandulan. Terlebih untuk kalangan cewek, hal tersebut sangat ditakuti karena akan mempengaruhi kehamilannya. Apakah benar hal tersebut?

Ternyata apa yang ditakuti oleh orang-orang mengenai penyakit menular dari kucing tersebut dinamakan toksoplasmosis yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini tidak serta - merta hanya terdapat pada kucing, banyak kok penyebabnya.

Bisa dari daging kurang matang yang kita makan, memakan buah atau sayur yang tidak dicuci terlebih dahulu, atau transpalansi tubuh. Intinya sih kucing bukan tersangka utama penyebaran penyakit ini, dan ada baiknya kita memang menjaga dan lebih teliti terhadap segala sesuatu.

<>3. Dengan mengelus bulunya saja, stresmu akan hilang seketika

Ketika suntuk melanda sesaat setelah pulang dari aktifitas, kepenatan itu luluh saat kau menyentuh bulu halusnya untuk sekedar menunjukan kasih sayang.

Mengelus lembut dari ujung kepala hingga ekor, menggaruk pelan tenggorokannya, menggelitik lembut perutnya, ah rasanya seberat apapun stress yang dirasakan seolah hilang seketika saat bermain dengannya. Ya, kucing memang penghilang stres instant nan jitu yang pastinya bikin ketagihan.

<>4. Frekuensi suara purr yang dihasilkan, membuatmu terasa nyaman

Pernah dengar kucing ngorok? Itu sebenarnya bukan suara ngorok seperti yang dihasilkan manusia. Dengkuran kucing dinamakan purr, yang mungkin dianggap mengganggu ketika kita sedang berada didekatnya. Tapi jangan salah loh, dengkuran kucing yang sangat khas suaranya tersebut merupakan pertanda kalau mereka nyaman berada disekitar kita.

Dengkuran mereka juga sangat baik untuk dijadikan terapi stres. Frekuensi dari suara purr yang dihasilkan oleh kucing berkisar antara 25-150 Hertz, namun untuk frekuansi terbaiknya adalah dikisaran 25-50 Hertz.

Menurut beberapa penelitian, dengkuran kucing sama rileksnya dengan suara katak dan jangkrik di malam hari. Suara dengkuran kucing pun dapat mempengaruhi manusia di sekitarnya untuk ikut merasakan rileks dan damai.

Oleh karena itu, kalau kamu tidak dapat tidur di malam hari, ada baiknya kamu ajak kucing kesayangan kamu untuk ikut tidur bareng di kasur untuk menenangkan pikiran dengan suara purr mereka yang merdu.

<>5. Walau tak seberbakat anjing, kita juga bisa loh melatih si kucing
melatih kucing

melatih kucing via https://www.youtube.com

Siapa bilang kucing tidak bisa dilatih? Mungkin kalian hanya tak sadar saja, kalau sebenarnya kucing pun dapat dilatih, walau memang tak seberbakat anjing. Kepintaran kucing setara dengan anak berusia 2 - 3 tahun.

Oleh karena itu kucing merupakan makhluk domestik terpintar dibanding yang lainnya. Kucing dapat dilatih mulai dengan hal - hal yang sederhana saja seperti mengajarkan membuang kotoran pada tempat yang telah disediakan.

Mungkin kalian pernah tahu video yang banyak beredar di lini masa tentang seekor kucing lucu berwarna abu - abu yang meminta makan kepada majikannya?

Kucing itu berdiri menggunakan kaki belakangnya, dan kaki depannya ditempelkan seperti hendak memohon, kemudian menggerakkan ke atas dan ke bawah berulang kali. Siapapun yang menontonnya pasti akan terkesima, hehe.

<>6. Kucing adalah mahluk yang bersih dan suci, jangan heran jika dia tak suka mandi
mahluk yang bersih dan suci

mahluk yang bersih dan suci via http://amazinganimalphotos.com

Menurut fakta ilmiah yang berdasarkan pada penelitian, badan kucing sangat bersih 100% secara keseluruhan bahkan lebih bersih daripada manusia. Hal ini disebabkan karena kucing mempunyai perangkat khusus pembersih yang bernana lysozyme.

30% kehidupan kucing dihabiskan untuk membersihkan diri, mereka sangat suka membersihkan diri kapanpun dimanapun, termasuk setelah kita mengusap-usap bulunya yang lembut. Itu dilakukan kucing bukan karena kita dianggap kotor ya, tapi lebih karena mereka tidak suka dengan bau kita, haha.

Kucing juga tidak suka mandi dengan air, karena memang mereka tidak suka air. Air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih air kotor pada genangan dll.

Itulah mengapa dalam tubuh kucing tidak ditemukan adanya bakteri dan kuman yang tumbuh. Berbeda dengan yang lainnya, ras maine coon malah senang bermain air, namun mereka suka dengan air yang bersih. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta kucing, calon S.Ds yang sedang mencoba hobi baru. Maaf tentang tulisannya, namanya juga masih belajar...

4 Comments

CLOSE