Dengan Mengikuti Program ke Luar Negeri, Kamu Pasti Dapat Keuntungan Ini

Saat ini adalah masa dimana keluar negeri dan meng-internasional-kan diri bukan lah hal yang sulit, banyak program ke luar negeri yang ditawarkan dari berbagai institusi. Ternyata banyak dampak positif yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti program ke luar negeri, setidaknya jika kamu mahasiswa, seumur mahasiswamu sekali saja pergilah ke luar negeri melalui program, entah itu program internship, pertukaran pelajar maupun program program lainnya.

 

1. Membuka perspektif baru

banyak cara ke luar negeri via http://www.berkuliah.com

Advertisement

Entah kamu pernah mengikuti kegiatan apapun yang ke luar negeri, baik itu internship, camp, conference atau lomba, yang jelas kamu pada akhirnya memiliki cara pandang baru dalam menyikapi suatu hal. Karena di luar negeri, kamu akan bertemu dengan orang baru yang memiliki latar belakang, cara pandang dan cara berpikir yang mungkin jauh berbeda dari kamu. Disini kamu memiliki keuntungan untuk sharing cara pandang kita dalam menyikapi suatu hal. Tak hanya itu kamu juga bisa membandingkan antara negara mu dan negara yang kamu kunjungi. Contoh kecil misalkan, kalo kamu pernah ke Hanoi, Vietnam, tentu kamu akan bersyukur tinggal di Indonesia, karena di Hanoi, jumlah motor sangat banyak, maka untuk menyebrang pun terlihat seperti kamu dalam film Final Destination. Sedangkan ketika kamu berada di Singapore, kamu akan merasa Indonesia perlu banyak perubahan dalam hal infrastruktur dan keberaturan penduduknya karena di Singapore seakan semua tertata rapi.

2. Kamu punya banyak teman baru

teman baru, cerita baru ! via http://catatanharianlaknat.tumblr.com

Mengikuti program ke luar negeri yang tak hanya diikuti satu negara saja akan membuat kamu bertemu orang baru, nah orang baru ini cukup menarik, yang awalnya kamu tidak tahu akan permasalahan suatu negara, kamu akan mengetahui nya secara langsung dari penduduk negara tersebut. Contoh nya masalah yang sedang dihadapi oleh Thailand seperti sekarang dimana Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia dan warga Thailand sedang harap-harap cemas akan penerus kerajaan selanjutnya. Kita tidak akan mengerti betul betapa gentingnya situasi ataupun betapa rakyat Thailand sangat mencintai raja nya kalo kita cuma baca dari berita saja.

3. Boosting percaya diri

percaya diri meningkat, kamu jadi luar biasa! via http://waleoladipo.com

Dari banyak nya orang ke luar negeri, entah mengapa kepercayaan diri dari mereka yang pernah mendapatkan program ke luar negeri biasanya lebih baik daripada mereka yang belum. Biasa nya tingkat kepercayaan diri orang yang pernah ke luar negeri dengan program menjadi lebih tinggi sebelumnya.

Advertisement

4. Breaking comfort zone

Zona nyaman itu musuh, ingat itu ! via http://hubpages.com

Pergi ke luar negeri dengan program tidak saja pergi dan mengikuti program, dibalik itu banyak struggle yang kita tidak tahu. Mereka yang rela meninggalkan zona nyamannya untuk mengikuti seleksi, menyiapkan visa (jika dibutuhkan visa), mencari sponsor, membuat proposal dan lain sebagainya belum lagi ketika mereka di luar negeri terutama untuk yang pertama kali (first timer), bagi mereka, zona nyaman adalah musuh sehingga mereka mau meninggalkannya untuk mendapatkan pencapaian yang lebih dari yang mereka dapatkan dari zona nyaman mereka.

5. Pengalaman yang tak terlupakan

kamu punya pengalaman yang patut diceritakan ke teman-teman mu via https://duniafitnes.com

Pengalaman baru jelas mereka dapatkan, belum lagi ketika ada masalah yang dihadapi di luar negeri, dan mereka sendiri harus menghadapinya. Jangan salah loh, beberapa dari yang pernah keluar negeri ada yang kehilangan passport, ada yang bingung karena bahasa nya berbeda dan masih banyak pengalaman lainnya. Bertemu dengan orang baru, berdiskusi dan menikmati local wisdom suatu negara adalah pengalaman yang patut di ceritakan kepada siapapun, pengalaman apapun diluar negeri itu menarik asalkan cara penyampaiannya tidaklah sombong.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a man with ambition and desire to encourage others people to do good things. instagram : @adli_hazmi

3 Comments

CLOSE