Desain Interior Apartemen Minimalis Super Mungil yang Keren Abis

7 rekomendasi desain apartemen tampil keren meski ukuran terbatas

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat namun ketersediaan area mulai terbatas. Hal ini memicu desain apartemen yang ada saat ini semakin mungil dan compact dibandingkan sebelumnya. Ukuran apartemen yang super mungil membuat berbagai kalangan termasuk arsitek, desainer interior, dan para penghuni berpandai-pandai mencari solusi. Mencoba menemukan cara agar apartemen minimalis terlihat lebih nyaman, lapang, dan tentu saja terlihat keren.

Pada dasarnya, tidak ada formula khusus ketika menentukan desain interior apartemen minimalis. Namun, ada beberapa ide dasar yang menjadi perhatian seperti penggunaan konsep open-plan, memilih perabot rumah tangga yang multifungsi dan fleksibel, permainan ilusi visual, dan memaksimalkan penggunaan setiap sudut ruang. Dengan tujuan membuat apartemen minimalis yang super mungil terlihat super keren.

Advertisement

1. Apartemen minimalis dengan konsep open plan

Apartemen mungil dengan konsep open-plan

Apartemen mungil dengan konsep open-plan via https://theculturetrip.com

Konsep open-plan akan memberikan keuntungan lebih pada apartemen minimalis super mungil. Konsep ini membuat ruang yang satu dengan yang lain seakan-akan tidak memiliki batas sehingga terciptalah kesan ruang yang luas, lega, dan lapang.

Lemari kayu diperuntukkan sebagai pembatas antara ruang keluarga dengan ruang tidur. Sementara itu, penggunaan karpet di bawah meja makan seakan-akan menjadi garis batas antara ruang keluarga dengan area makan.

Advertisement

2. Biarkan sinar matahari masuk dengan leluasa

Desain interior apartemen minimalis dengan pintu kaca tinggi

Desain interior apartemen minimalis dengan pintu kaca tinggi via https://www.decoist.com

Hindari kesan sumpek dan sesak dalam apartemen minimalis super mungil dengan membiarkan sinar matahari masuk secara leluasa. Penggunaan pintu dan jendela kaca pada dinding bata ekspos di apartemen ini memberikan akses tak terbatas bagi sinar matahari.

Ukuran ruang yang mungil berhasil dimaksimalkan dengan dapur kecil dan counter yang juga berfungsi sebagai meja makan. Sofa besar hijau dengan tekstur beludru terlihat kontras dengan tema warna ruangan, membuat tampilan menjadi lebih hidup.

3. Cermin dalam setiap ruangan

Cermin horizontal menciptakan ilusi visual dalam apartemen minimalis super mungil

Cermin horizontal menciptakan ilusi visual dalam apartemen minimalis super mungil via https://www.arsitag.com

Penggunaan cermin untuk menciptakan ilusi visual sehingga ruangan terlihat lebih luas. Trik yang sudah umum diterapkan dalam ruangan berukuran mungil. Penempatan beberapa cermin besar seperti ini akan memberikan efek lapang yang diinginkan. Serta membuat apartemen minimalis terlihat lebih keren pada saat yang bersamaan.

Advertisement

4. Furnitur besar untuk apartemen minimalis super mungil

Sofa besar dalam apartemen mungil

Sofa besar dalam apartemen mungil via https://www.houzz.com

Ukuran apartemen yang super mungil tidaklah menjadi penghalang untuk menggunakan furnitur berukuran besar. Gunakan sofa besar yang tidak sekadar nyaman, tetapi mampu menampung banyak orang. Keberadaannya akan menjadi point of interest dalam ruangan sehingga perhatian orang tidak akan tertuju pada ukuran ruangan yang kecil.

5. Bermain dengan furnitur berbahan dasar kaca atau akrilik

Ghost chair akrilik yang ringan dan melayang untuk apartemen minimalis

Ghost chair akrilik yang ringan dan melayang untuk apartemen minimalis via https://www.homedit.com

Kursi berbahan dasar akrilik sering kali disebut sebagai ghost chair, karena transparan dan tidak terlihat. Furnitur dengan bahan dasar akrilik atau kaca membentuk kesan ringan dan tidak memakan tempat. Cocok digunakan di apartemen minimalis mungil agar tidak terkesan sumpek meskipun memiliki banyak barang.

6. Tempat tidur tingkat yang cantik

Bunk bed merupakan pilihan tepat untuk apartemen mungil

Bunk bed merupakan pilihan tepat untuk apartemen mungil via https://www.arsitag.com

Model tempat tidur bertingkat tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Para pemilik apartemen minimalis super mungil juga bisa memanfaatkannya sehingga tidak perlu menambah lantai baru di atas. Bagian atas sebagai tempat tidur, sementara bagian bawah dapat digunakan sebagai area santai atau ruang kerja.

7. Apartemen minimalis dengan faktor wow berupa visual interest

Perminan visual interest dalam apartemen mungil

Perminan visual interest dalam apartemen mungil via http://adminink.co

Alihkan perhatian dari ukuran ruangan yang mungil dengan menggunakan visual interest. Wujud visual interest dapat berupa karpet dengan motif etnis, sofa tunggal warna biru lembut yang kontras dengan warna ruangan, serta deretan lukisan dan aneka ragam pajangan dinding yang unik.

Keterbatasan ukuran ruangan apartemen sudah seharusnya tidak menjadi penghalang kamu untuk bebas berkreasi. Kamu bisa menyesuaikan semua tips di atas dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Kamu juga bisa bikin perabotan atau dekorasi buatan sendiri untuk membangun kesan personal. Pastinya bakal bikin apartemen kamu makin keren dan membuatnya beda dengan yang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE