Tren rumah di masa depan dan masa kini sepertinya masih menunjukkan banyaknya permintaan untuk membangun rumah minimalis. Rumah minimalis memang paling cocok untuk keluarga muda modern masa kini. Apalagi untuk mensiasati lahan yang terbatas dan tingginya harga bahan bangunan. Rumah minimalis adalah pilihan yang paling tepat. Meski ruangannya terbatas, tapi desainnya yang elegan dan modern mampu memikat banyak orang untuk membangunnya.

Tapi sebelum membangun rumah minimalis, sebaiknya Anda perhatikan pula bagian dalamnya. Ya, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Maka banyak pengembang perumahan dan profesional seperti para arsitek akan berdiskusi terlebih dahulu mengenai desainnya.

1. Filosofis Desain Interior Rumah

contoh rumah minimalis

contoh rumah minimalis via http://avantguard.co.id

Seperti apa sih desain interior untuk jenis rumah ini? Sebelum membangun atau merancang rumah minimalis kita harus mengetahui dulu fungsi utama rumah. Sebagai tempat tinggal, tempat berkegiatan sehari-hari dan tempat suatu keluarga menerapkan nilai-nilai hidupnya. Maka nilai-nilai filosofis juga perlu diperhatikan, terutama ketika sedang mendesain interior rumah.

2. Tentukan ukuran rumah

contoh desain interior minimalis

contoh desain interior minimalis via https://www.homify.co.id

Pertama tentukan terlebih dahulu ukuran dari rumah minimalisnya. Layaknya rumah jenis lain, rumah minimalis memiliki ukuran standar yaitu tipe rumah ukuran 36, tipe rumah 45, tipe rumah 60 dan seterusnya. Kemudian kita bisa merancang atau membuat denah ruangannya terlebih dahulu. Biasanya untuk rumah minimalis yang ukuran rumahnya tidak terlalu besar seperti tipe 36, tetap ada ruang tidur, ruang tamu atau bisa pula disatukan dengan ruang keluarga, dapur dan kamar mandi atau toilet. Lalu tentukan letak penataan ruangannya tersebut.

3. Penataan Desain Interior

gambar desain interior rumah

gambar desain interior rumah via https://www.pinterest.co.uk

Advertisement

Jika sudah digambar hal ini akan memudahkan penataan desain interior rumahnya sendiri. Desain interiornya tetap harus mencirikan rumah minimalis. Patut diingat jika rumah minimalis tidak memiliki struktur bangunan yang terlalu rumit dan besar. Pemilihan bahan bangunannya pun dipilih yang ringan, tidak terkesan berlebihan. Maka desain interiornya akan mengikuti.

4. Penataan Warna Interior

contoh desain interior rumah tipe 45

contoh desain interior rumah tipe 45 via https://www.homify.co.id

Misalnya untuk rumah minimalis berukuran atau tipe 45. Rumah ini lebih besar dari ukuran tipe 36 sehingga penataannya bisa lebih leluasa. Warna-warna yang dipilih pada rumah minimalis ini misalnya warna-warna terang tapi tetap lembut sehingga ruangan tidak terkesan sempit. Anda bisa memilih penataan warna di komputer sebelum mulai mengecat ruangannya. Disarankan menggunakan warna-warna seperti putih, coklat muda, abu-abu, putih kebiruan, putih gading dan sebagainya. Ruangan di dalam rumah minimalis harus terlihat lapang dan pemilihan interior juga menentukan nuansa yang ingin diraih.

5. Pemilihan Furniture

contoh furniture rumah minimalis

contoh furniture rumah minimalis via http://www.avaliving.com

Furniture atau pemilihan interior dalamnya harus yang pas untuk diletakkan di dalam ruangan. Maka furniture yang simpel dan tidak terkesan berat bisa dipergunakan. Jangan memilih furniture yang terkesan kaku, tua dan bahannya pun harus dipillih dengan tepat. Jika penataan ruangan dalam juga tidak diatur, akan berakibat buruk bagi rumah minimalis. Sebaiknya di tengah ruang tamu dan ruang keluarga yang tidak bersekat atau tidak ada struktur bangunan, bisa ditaruh furniture tepat untuk pembatas, seperti meja hias yang tidak menutupi pemandangan ke dalam.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya