Weekend ini kamu liburan kemana gaes? Pasti kalian tahu yang ngetren saat ini apa? Kolksi tempat-tempat wisata yang unik dan eksotis pastinya. Di negara kita ini Indonesia, sekarang ini tengah gencar-gencarnya para pemerintah pusat mengelola berbagai tempat wisata. Karena kini tengah menjadi tren dan koleksi para wisatawan lokal maupun asing. Destinasi wisata Indonesia terbaru dan ngehits 2018 ada banyak sekali yang belum kita jumpai.

1. Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung via https://destinasipariwisata.com

Siapa yang tidak kenal kota ini, kota yang memiliki keindahan alam yang eksotik dan unik ini ternyata memiliki sejarah yang menarik pula. Bangka Belitung itu sendiri sebenarnya merupakan kota yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kedua pulau ini berada di Pulau Sumatra bagian timur dan hampir dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan.

Advertisement

Meskipun kota ini terdiri dari pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau dan Pulau Selat Nasik. Akan tetapi dari situlah Bangka Belitung bisa disebut sebagai surganya orang Indonesia.

Bayangkan saja berapa banyaknya pulau di Bangka Belitung saking banyaknya. Bahkan pulau yang sudah diberi nama ada 470 pulau dan yang berpenghuni hanya 50 pulau saja. Meskipun Provinsi Bangka Belitung hanya terdiri dari pulau-pulau kecil, namun Provinsi ini kaya akan penghasil timahnya. Percaya atau tidak kerukunan warga di Bangka Belitung sangat menjunjung tinggi kerukunan antar etnis. Tak sangka, pengelolaan wisatanya juga tertata rapi dan masih asri dan bersih dari sampah.

Pernah dengar tidak bahwa Provinsi ini sempat dijadikan sebagai tempat shooting? Saking indahnya destinasi yang ada di wilayah ini, sekarang malah menjadi tujuan turis bermain dan berwisata ke Indonesia. Penasaran kan apasaja yang ada di Bangka Belitung?

Advertisement

Ada apa sih di Bangka Belitung?

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai yang bertempat di Provinsi Bangka Belitung ini nampaknya tak asing lagi bagi para pendengarnya. Sejak dimuat oleh film “Laskar Pelangi”, nama Bangka Belitung semakin melejit saja dan kini para turis asing tengah berbondong-bondong ingin segera berwisata ke pantai Tanjung Tinggi. Mengapa dijuluki Tanjung Tinggi? Awal mulanya pantai ini berada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam baru kemudian diberi kata “Tanjung” yang artinya Tinggi. Nah, dari situlah awal mula nama Tanjung Tinggi dibuat.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 hektar serta didominasi dengan pasir putih. Ketika berlibur ke sini, pilihlah waktu yang tepat pada saat cuaca sedang cerah supaya kita bisa melihat keindahannya dengan perpaduan dari langit yang berwarna biru tosca yang akan memanjakan mata Anda selama berlibur ke pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi disebut sebagai surga yang tersembunyi karena dipantai tersebut mata kita akan dimanjakan dengan ratusan batu granit berukuran raksasa tersebar di pantai Tanjung Tinggi. Ketika berwisata kesini, jangan lupa pakai tabir surya ya, gaes!

Museum Andrea Hirata

Apakah Anda pernah menonton film “Laskar Pelangi”? Ternyata film tersebut terinspirasi dari sebuah noleh yang kemudian diangkat menjadi sebuah film fenomenal yang inspiratif lho. Museum ini letaknya berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur ini diresmikan pada Bulan November 2012.

Jadi, di dalam museum Andrea Hirata ini kita akan dibawa masuk layaknya berada di dalam film “Laskar Pelangi” karena dari rungan ke ruangan diberi nama sendiri-sendiri berdasarkan nama tokoh yang ada di dalam film “Laskar Pelangi”. Bahkan terdapat juga foto-foto yang menempel di dinding yang menampilkan sebuah adegan sama seperti yang ada di film.

Penasaran apa saja nama ruangannya dan apa saja gunanya? Ada ruang Ikal, ruang Lintang, ruang Mahar kemudian ada ruang Dapur yang diubah menjadi warung kopi. Untuk masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya apapun kok. Jadi kapan Anda berkunjug kemari bersama saya?

2. Purwakarta

Air Mancur Taman Sri Baduga

Air Mancur Taman Sri Baduga via https://destinasipariwisata.com

Pernahkah Anda berkunjung ke Purwakarta? Purwakarta adalah kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah dan terletak di kabupaten berada di Provinsi Jawa Barat yang memiliki Ibu kota Kabupaten Purwakarta letaknya di Kecamatan Purwakarta. Kota ini dikenal sebagai tempat lahirnya para bangsawan. Siapa saja mereka? Pahlawan nasional Kusuma Negara dan Ipik Gandamana.

Jadi, awal mula nama Purwakarta ini diberi nama adalah dari suatu kejadian yang mana, nama Purwakarta berasal dari kata yang memiliki arti "purwa" atau permulaan dan "karta" yang artinya ramai atau hidup. Nama bersejarah ini dibuat setelah kepindahan ibukota Kabupaten Purwakarta dari Wanayasa ke Sindang Kasih pada tahun 1834. Sampai sekarang ini peristiwa kepindahan ibu kota diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Juli dengan diramaikan dengan acara napak tilas tengah malam dari Wanayasa ke Sindang Kasih. Apakah kamu salah satu dari peserta napak tilas tersebut?

Setelah kita mengenal lebih jauh tentang kota Purwakarta, jangan lupa kota ini juga memiliki destinasi wisata menakjubkan yang wajib kita kunjungi lho, gaes. Tidak lengkap rasanya kalau berlibur kemari hanya untuk belajar sejarah tentang Purwakarta saja. Padahal ada beberapa tempat liburan yang sangat recommended untuk kita kunjungi lho. Penasaran apasaja destinasi wisatanya? Jadi kita bisa belajar sejarah sambil berwisata yang menyenagkan. Ini dia 2 tempata wisata yang lagi nge hits di Purwakarta sebagai berikut.

Taman Sri Baduga

Taman ini merupahan taman yang memiliki keindahan yang apa bila berkunjung kemari pada malam hari Anda bisa merasakan keindahan air mancur yang menari-nari disertai dengan lampu yang berwarna-warni.

Tempatnya memiliki spot yang instagramable dan cocok dijadikan koleksi liburan Anda akhir pekan. Taman Sri Baduga ini berada di kawasan Situ Buleud. Jadi bagi Anda yang saat ini berada di Purwakerja jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Taman Sri Baduga ini. Tempatnya meskipun ramai pengunjung tapi bisa untuk berkumpul bersama keluarga.

Apabila ketika kesana belum ada pertunjukkan air mancur, bukan berarti pertunjukkan tersebut sedang mengalami masalah melainkan menunggu jam yang tepat untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut. Kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan air mancur yang berwarna-warni?

Pada pertunjukkan air mancur yang pertama dimulai pada pukul 19:30, sedangkan pertunjukkan air mancur yang kedua pada pukul 20:30. Oh iya, jangan lupa berkuliner juga ya. Di sana terdapat kuliner yang terkenal lho. Makanan apa itu? Sate Maranggi. Ya, sate Maranggi berada di kampung sate Maranggi yang memiliki keanekaragaman rasa sate yang bisa Anda nikmati di sana. Akan tetapi hanya bukan pada hari Jum’at dan sabtu saja. Bagaimana, tertarik berlibur kemari?

Gunung Lembu

Siapkah mendaki Gunung Lembu? Gunung Lembu merupakan gunung yang memiliki ketinggian 792 Mdpl. Memang tidak terlalu tinggi namun gunung ini menjadi incaran para turis saat datang ke Purwakarta. Dari atas Gunung Lembu ini, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang luarbiasa keindahannnya.

Pada pagi hari hingga sore hari saja kita sudah bisa melihat betapa indahnya pemandangan kota Purwakarta dari atas, apalagi pada malam hari. Pemandangan kota Purwakarta pada malam hari jika dilihat dari Gunung Lembu akan tampak seperti melihat bintang. Inilah mengapa Gunung Lembu sangat recommended dijadikan sebagai tempat wisata yang instagramable. Spot selfie yang juga dapat anda kunjungi,

Bahkan untuk mendaki gunung ini kamu tidak perlu waktu yang lama sampai berhari-hari lamanya. Kita hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk sampai ke puncang.

Meskipun Gunung Lembu tidak terlalu tinggi, tapi kamu harus berhati-hati karena banyak sekali tanjakan dan jalan terjal yang bisa membahayakan nyawa kamu. Sedikit tips meskipun Gunung Lembu tidak terlalu tinggi, alangkah baiknya jika Anda tidak terlalu banyak membawa bekal yang berat karena akan merepotkan kamu ketika sedang mendaki gunung ini. Nah, itu saja sedikit sarannya. Selamat mencoba ya.

3. Halmahera

Pesona Pulau Halmahera

Pesona Pulau Halmahera via https://destinasipariwisata.com

Ada yang pernah dengar nama Halmahera? Bagi sebagian orang masih banyak yang belum tahu dan kenal betul dengan tempat ini. Jelas tak banyak orang tau Halmahera ini tempat apa karena ternyata sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan Jilolo, Gilolo atau Jailolo yang merupakan pulau yang tersebar di Kepulauan Maluku dan termasuk bagian dari Provinsi Maluku Utara di Indonesia dan Sofifi.

Halmahera adalah sebuah pulau yang memiliki keindahan pantai dengan luas tanah yang berukuran sekitar 17.780 km 2 serta memiliki tingkat populasi sebesar 449.938. Meskipun pulau ini memiliki keindahan yang menawan, ternyata di pulau ini pernah terjadi peritiwa yang memilukan. Jadi ketika berlibur ke Halmahera selain untuk liburan kita juga bisa belajar banyak tentang sejarah yang ada di Halmahera ini.

Pulau Halmahera

Pulau Halmahera umunya terbagi menjadi 5 kabupaten yaitu Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Tengah. Pulau Halmahera merupakan pulau yang memiliki banyak kenangan sejarah. Namun, meskipun begitu pulau ini menyimpan sejuta keindahan. Memiliki pesisir pantai yang memiliki pasir putih yang membentang luas.

Tempatnya masih asri dan bersih, karena lokasi untuk menuju tempat ini tidaklah mudah. Masih dikelilingi pepohonan yang rindang. Sehingga akses menuju ke Pulau Halmahera ada dua jalur yaitu anatar jalur darat dan jalur udara.

Beberapa spot yang bisa kamu coba di Pulau Halmahera adalah seperti snorkeling menikmati keindahal alam bawah laut yang mampu membius Anda dengan segala keindahannya. Terumbu karang yang dulunya pernah hancur akibar perang dunia kini telah berubah menjadi terumbu karang yang lebih hidup dan indah.

Saking jernihnya air di Pulau Halmahera terlihat seperti ada beberapa kristal dan logam yang mengapung didalam air. Bagi yang hobi berselancar, bisa Anda lakukan di wilayah pantai Dorume dan masih sekitar Pulau Halmahera karena disana terdapat ombak yang besar apalagi pada bulan-bulan tertentu.

Apakah Anda menyukai petualangan yang sedikit horor? Pulau Halmahera juga punya wisata seperti yang Anda inginkan yaitu terowongan. Anda bisa masuk keterowongan tersebut sambil mengingat tentang peninggalan sejarah. Karena terowongan tersebut dibuat sejah adanya perang duania. Anda bisa menikmati suasana yang mecekam selama melintasi terowongan yang memiliki panjang 20 meter tersebut.

Apakah Anda tertarik berlibur ke Pulau Halmahera?

4. Nusa Tenggara Barat

Wisata Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan via http://nationalgeographic.co.id

NTB atau Nusa Tenggara Barat mulanya adalah sebuah provinsi yang terbentuk dari sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki 10 Kabupaten kota dulunya berada dalam gugusan Sunda Kecil dan masih termasuk Kepulauan Nusa Tenggara. Sesuai dengan namanya provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara dan ada juga dua pulau yang tersebar di wilayah tersebut seperti Lombok dan Sumbawa. Kedua pulau tersebut ibu kotanya adalah Kota Mataram.

Kemudian wilayah di provinsi Sunda Kecil telah terbagi menjadi 3 provinsi diantaranya adalah Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kini Nusa Tenggara tengah digunakan oleh dua daerah administratif yang diantaranya ada Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Dari kedua pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat, antara Lombok dan Sumbawa, Pulau Lombok merupakan pulau yang paling besar. Sebagian besar penduduk Lombok berasal dari suku Sasak dan 96% penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam. Siapa nih yang pernah main-main ke Lombok?

Pulau Lombok akhir-akhir sempat menjadi trending topik. Sekarang penduduk Lombok tengah mengelola pariwisata. Tak heran bila kamu datang ke Lombok semua tempat yang ada disana cocok dijadikan sebagai pilihan destinasi tempat wisata. Contohnya ada dua destinasi tempat wisata yang sedang ngehitsdan cocok untuk kamu kunjungi yaitu Gili Trawang dan Gunung Rinjani. Sudah coba mendaki kemari? Buat kamu yang belum pernah kesini sangat cocok sekali dijadikan sebagai daftar liburan weekend kamu.

Gili Trawangan

Ada apa di Gili Trawang? Gili Trawang adalah sebuah pulau kecil yang terdapat di daerah sebelah barat laut Lombok. Ada yang pernah ke sini? Kali ini saya akan menganjak kamu menjelajahi Gili Trawang, ada apa aja sih di sana? Fasilitas apa aja yang bisa kamu kunjungi.

Gili Trawang merupakan satu-satunya Gili yang memiliki ketinggian di atas permukaan air laut dan bagian yang paling padat penduduk berada di sebelah timur. Luas Gili ini memiliki panjang sekitar 3 km dan 2 km. Populasi yang tinggal disini banyaknya sekitar 800 jiwa. Mengapa memilih Gili Trawang sebagai tempat liburan dari pada Gili yang lain?

Karena di Gili Trawang banyak memiliki fasilitas untuk wisatawan yang sangat beragam. Gili Trawang merupakan Gili yang diklaim sebagai pulau terkecil di seluruh dunia. Meskipun begitu keindahan di pulau ini tidak menandingi tempat wisata yang ada di luar negeri. Gili Trawang bagaikan surga yang tersembunyi.

Mengapa sih sangat di rekomendasikan untuk ke Gili Trawang dari pada di Gili Meno atau Gili Air? Karena di Gili ini memiliki nuansa “pesta” yang beragam. Pesta tersebut diselenggarakan setiap malam dan berlaku sepanjang malam. Setiap malam di Gili Trawang ini ada beberapa tempat keramaian yang dirotasi.

Beberapa tempat populer di Trawang ada beberapa yang jadi incaran para wisatawan yaitu Scuba Diving, Snorkeling, Selancar dan Berkuda untuk yang memiliki hobi berkuda. Nah, ketika kamu memilih fasilitas berkuda, kamu akan di ajak mengelilingi Gili sepanjang pulau Gili Trawang.

Oh iya, tapi kamu harus ingat ya, ketika kamu berlibur ke sini jangan sampai membawa kendaraan bermotor karena ada peraturannya sendiri. Mengapa? Di Gili tidak ada kendaraan bermotor karena memang tidak diizinkan oleh peraturan lokal yang dibuat oleh penduduk setempat. Peraturan ini dibuat agar pulau ini tidak tercemar dan tetap terlihat asri.

Tapi tenang saja, ada sarana transportasi yang bisa kamu naiki seperti sepeda dan cidomo yang sengaja disewakan untuk para wisatawan. Kereta kuda juga ada bagi yang ingin menikmati keindahan Gili. Nah, tranportasi yang digunakan untuk pulang pergi dari Gili ada kok. Di sana menyediakan speedboat dan kapal bermotor.

Beberapa hal yang jadi favorit wisatawan dan menjadi alasan untuk berkunjung kemari adalah untuk menikmati sunset dan sunrise. Hal ini karena di Gili Trawang pantainya menghadap ke timur dan barat . Jaraknya pun tidak jauh.

Ini dia beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati ketika berlibur ke Gili Trawang antara lain.


  • Bersepeda

  • Berenang

  • Snorkeling

  • Waterspot

  • Jalan Santai

  • Berkuda

  • Menaiki Cidomo

  • Kuliner

  • Berfoto selfi

  • Berselancar

Jadi kamu mau fasilitas yang mana?

Gunung Rinjani

Siapa yang tak kenal gunung satu ini? Kamu sendiri pernah kemari? Gunung rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl yang terletak pada pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT. Gunung ini termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung yang berada di Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung favoritt para pendaki karena memiliki keindahan yang fantastis dan termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Luas Taman Nasional tersebut sekitar 41.330 ha.

Pada saat di puncak, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan yang indah di sebelah barat kerucut rinjani. Ada apa sih di sana? Kaldera, ya dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m memanjang ke arah timur dan ke arah barat. Di sana terdapat Segara Anak yang artinya Segara itu sendiri jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Laut. Segara Anak ini seluas 11.000.000 m persegi dan memiliki kedalaman sekitar 230 m.

Wah, jadi ingin mendaki ke sana ya? Selain memiliki ketinggian dan keindahannya. Ternyata di Segara Anak terdapat ikan mas dan mujair. Apa kamu selain hobi mendaki juga suka memancing?

Jadi makin penasaran ingin segera berlibur ke sana.

5. Nusa Tenggara Timur

Kali ini saya akan mengajak kamu lebih mengenal NTT atau Nusa Tenggara Timur. Pada ulasan sebelumnya kita sudah membahas tentang Nusa Tenggara Barat. Ada apa di Nusa Tenggara Timur? Setelah dilakukan pemekaran, kini Nusa Tenggara Timur menjadi sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian Tenggara. Di mana provinsi ini memiliki lebih banyak Kabupaten/Kota dibanding dengan Nusa Tenggara Timur.

NTT terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Flores, Pulau Timor, Pulau Sumba, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Palue dan Pulau Komodo. Kali ini saya akan mengajak kamu menjelajahi destinasi wisata di NTT. Kira-kira ada tempat apa saja yang wajib kita kunjungi disana? Pertama ada Pulau Komodo dan Sumba. Penasaran ada apa saja disana? Simak ulasan berikut.

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau yang dikenal memiliki habitat asli hewan komodo. Di pulau ini dikabarkan terdapat sekitar 6.000 ekor komodo bahkan lebih yang bisa kamu jumpai. Wah, banyak sekali ya? Pantas saja, karena komodo hidup dan berkembak biak dengan baik. Di daerah Pulau Komodo ini termasuk kawasan Taman Nasional Komodo yang pengelolanya adalah pemerintah pusat.

Selain terdapat banyak hewan komodo, disana terdapat pantai merah muda yang bisa kamu kunjungi. Tapi ingat ya, jangan berjalan terlalu jauh tanpa pengawasan pengawal resmi pulau komodo. Karena apabila komodo merasa terancam, komodo bisa membuat serangan mendadak dan akibatnya bisa fatal. Sebagai pengunjung, kamu disarankan untuk tetap mematuhi peraturan dan usahakan tetap bersama kelompok.

Bukan berarti kamu tidak bisa leluasa menikmati ke elokan Pulau Komodo, akan tetapi peraturan dibuat hanya karena untuk keselamatan serta kenyamanan pengunjung. Tidak perlu takut ketika berkunjung kemari, semua akan dijamin keselamatannya.

Recommended nih buat para pecinta satwa liar. Di sini juga bisa dijadikan tempat edukasi. Kapan kamu berlibur kemari?

Pulau Sumba

Pulau Sumba merupakan pulau yang termasuk dalam wilaya Provinsi Nusa Tenggara Timur dan memiliki 4 Kabupaten diantaranya: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur. Sebenarnya Pulau ini terbilang masih baru, maka dari itu lewat artikel ini saya akan coba memperkenalkan Pulau Sumba. Sebelumnya pulau ini bukanlah pulau yang bertujuan untuk para wisatawan. Namun, seiring berkembangnya waktu Pulau Sumba baru-baru ini tengah ramai dibicarakan.

Kabarnya di Pulau Sumba banyak tempat-tempat destinasi wisata yang masih alami karena memang belum pernah atau jarang di kunjungi wisatawan seperti Pulau Bali dan Pulau Komodo pada umumnya.

Di Pulau Sumba terdapat banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Walakiri, Danau Weekuri, Puru Kambera, Kampung Tarung, Nihiwatu Beach, Pantai Londa Lima, Pantai Pero, Pantai Marosi, Air Terjun Matayangu, Bukit Persaudaraan, Pantai Watuparunu, Pantai Kerewei, PuruKambera. Banyak kan ternyata yang belum kamu kunjungi? Nah, karena destinasi wisata di Pulau Sumba sudah diresmikan. Bisa nih kapan-kapan kita berlibur bersama.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata Indonesia terbaru dan ngehits 2018. Sangat cocok untuk mengisi hari libur kamu. Jangan hanya berdiam diri dirumah. Mulai sekarang nabung yuk untuk liburan mengelilingi Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika di Indonesia sendiri memiliki kekayaan alam yang berlimpah seperti banyaknya destinasi wisata yang menyuguhkan banyaknya pemandangan yang menakjubkan bisa kita nikmati kapanpun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya