#DestinasiHipwee-5 Destinasi Gunung yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Petualangan Ketika Berkunjung di Jawa Timur

Destinasi Gunung Terbaik dan Terindah di Jawa Timur

Ketika membicarakan petualangan mendaki gunung, tentunya bisa dikatakan bahwa kegiatan ini sangatlah menantang. Namun dibalik banyaknya risiko yang ada, terdapat banyak kebahagiaan bagi kita ketika bisa mendaki Gunung. Kita akan mendapatkan beberapa momen terbaik dan dapat melihat keindahan dari setiap Gunung yang kita kunjungi.

Aku secara pribadi, memiliki pengalaman mendaki beberapa Gunung yang ada di Jawa Timur. Menurutku, setiap Gunung memiliki beberapa momen dan keindahan yang berbeda-beda. Teman-teman #DestinasiHipwee, disini aku ingin merekomendasikan beberapa Gunung yang telah aku kunjungi dan tentunya dapat menjadi alternatif bagi kalian yang memiliki keinginan untuk mendaki Gunung ketika berkunjung di Jawa Timur.

Advertisement

1. Gunung Panderman di Kota Batu

Photo by Alto Refa Chandra

Photo by Alto Refa Chandra via https://altorefa.com

Gunung Panderman merupakan salah satu Gunung yang berada di wilayah Kota Batu. Gunung Panderman menurutku secara pribadi, “tidak lah terlalu tinggi dan sangat cocok untuk para pendaki pemula, Gunung ini hanya memiliki ketinggian 2045 mdpl saja”. Trek mendaki Gunung Panderman juga tidak terlalu sulit meskipun terdapat beberapa jalur yang menanjak tajam, aku merasa bahwa trek mendaki Gunung ini masih terbilang ringan. Estimasi waktu mendaki Gunung Panderman sekitar 2-5 jam tergantung kekuatan kita dalam mendaki.

Gunung Pandermen menyajikan beberapa keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Ketika berada di puncak, kalian akan memiliki kesempatan untuk dapat melihat sunset dan sunrise yang sangat indah. Kalian juga bisa melihat gemerlap lampu Kota Malang di malam hari ketika berada di puncak Gunung Panderman. Saat mendaki Gunung ini, aku mengingatkan kepada kalian untuk berhati-hati karena di Gunung Panderman masih banyak monyet liar yang akan sering kita jumpai ketika perjalanan menuju puncak.

Advertisement

2. Gunung Kelud Via Tulungrejo (Blitar)

Photo by Alto Refa Chandra

Photo by Alto Refa Chandra via https://altorefa.com

Rekomendasi tempat pendakian selanjutnya adalah Gunung Kelud via Tulungrejo (Blitar). Gunung kelud memiliki ketinggian mencapai 1731 mdpl, Gunung Kelud merupakan salah satu Gunung api aktif di Jawa Timur yang terakhir meletus pada tahun 2014. Meskipun tidak terlalu tinggi, perjalanan untuk mencapai puncak Gunung Kelud memakan waktu sekitar 4-6 jam. Trek mendaki Gunung Kelud juga terbilang sangat sulit, apalagi ketika dari puncak menuju ke kawah. Harus diakui bahwa treknya menanjak tajam dan ada beberapa jalan yang sangat sempit. Ketika melihat ke kiri atau kanan, kita akan disuguhkan pemandangan sebuah jurang, maka dari itu wajib hukumnya bagi kita untuk berhati-hati. Namun semua risiko akan terbayar lunas ketika kita berhasil menuju ke kawah, kita akan melihat secara langsung keindahan kawah Gunung Kelud yang sangat-sangat menakjubkan. Kalian dapat mengambil foto maupun video untuk mengabadikan momen ketika berada di kawah Gunung Kelud.

3. Gunung Penanggungan yang Kaya Akan Sejarah

Photo by Alto Refa Chandra

Photo by Alto Refa Chandra via https://altorefa.com

Gunung Penanggungan merupakan Gunung yang terletak di dua Kabupaten yaitu Mojokerto dan Pasuruan (Jawa Timur). Gunung Penanggungan selain menyimpan sejuta keindahan, Gunung ini juga menyimpan sejarah tentang kerajaan Majapahit. Ketika kita mendaki di Gunung Penanggungan, kita akan menjumpai beberapa situs purbakala berupa candi. Menurutku secara pribadi, Gunung Penanggungan sangatlah cocok untuk para pendaki pemula karena Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Pendakian menuju puncak memakan waktu sekitar 4-6 jam. Banyak para pendaki pemula yang mencoba menaklukkan puncak Gunung Penanggungan sebagai metode latihan sebelum mencoba mendaki Gunung yang lebih tinggi.

Meskipun tidak terlalu tinggi, Gunung ini akan menawarkan pengalaman perjalanan dan keindahan alam yang tentunya akan sangat sulit untuk kita lupakan. Ketika cuaca sedang berpihak, kita akan dapat melihat pemandangan sunrise yang sangat-sangat indah. Kita juga bisa belihat pemandangan Gunung Semeru, Arjuna dan Welirang yang sangat-sangat menakjubkan.

Advertisement

4. Gunung Lawu yang Menyimpan Banyak Misteri

Photo by Anggara Wikan Prasetya

Photo by Anggara Wikan Prasetya via https://travel.kompas.com

Ketika membicarakan tentang Gunung yang paling mistis di Indonesia, tentunya banyak orang yang berpendapat bahwa Gunung Lawu merupakan yang paling mistis. Harus diakui bahwa Gunung Lawu selain menawarkan keindahan alam, juga menyimpan banyak misteri dan sejarah. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3.265 mdpl, tidak bisa lepas dengan kisah Raja Brawijaya V yang merupakan Raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Meskipun Gunung Lawu terkenal mistis, tidak membuat Gunung Lawu sepi akan peminat. Faktanya banyak pendaki yang tertarik untuk mendaki Gunung Lawu, rasanya ada suatu kebanggaan ketika kita berhasil menginjakkan kaki di puncak Gunung Lawu. Jalur pendakian Gunung Lawu terbagi menjadi lima yaitu via cemoro sewu, cemoro kandang, singo langu, jogorogo dan candi cetho.

Ketika membicarakan tentang keindahan Gunung Lawu, sejujurnya tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Ketika berada di puncak, kita akan melihat pemandangan awan di sekeliling kita, rasanya seperti kita berada di atas awan. Kita juga memiliki kesempatan untuk melihat keindahan sunrise di puncak Gunung Lawu. Terkait pengalaman mendaki, tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi, kita akan mendapatkan banyak pengalaman ketika mendaki di Gunung Lawu.

5. Gunung Semeru Dengan Keindahan Alamnya

Photo by Idntimes

Photo by Idntimes via https://cdn.idntimes.com

Rekomendasi terakhir terkait tempat pendakian di Jawa Timur adalah Gunung Semeru, tentunya teman-teman tidak asing dengan Gunung yang satu ini. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3676 mdpl merupakan Gunung tertinggi di pulau Jawa. Puncaknya adalah Mahameru yang sering dijuluki atap tertinggi Jawa. Bagi kebanyakan pendaki, akan merasa bangga jika berhasil mencapai puncak Mahameru. Perjalanan mendaki puncak Mahameru terbilang sangat melelahkan, kita juga memerlukan waktu kurang lebih satu hari untuk bisa mencapai puncak Mahameru. Namun kelelahan ini akan terbayar dengan lunas ketika kita melihat keindahan yang ditawarkan Gunung Semeru. Kalian bisa membuktikan keindahan Gunung Semeru dengan terlebih dahulu menonton film 5 CM.

Kamu akan menjumpai sebuah danau bernama Ranu Kumbolo yang terlihat sangat indah. Kalian akan melewati tanjakan cinta yang mitosnya siapapun yang menaikinya tanpa menengok ke belakang akan bisa dekat dengan wanita yang dicintai. Kalian akan melihat dan melewati padang savana yang membentang sangat luas bernama oro-oro ombo. Tentunya momen yang paling menarik ketika kalian berada di puncak Mahameru, kalian akan merasakan sensasi berada diatas awan. Sungguh harus diakui bahwa Gunung Semeru menyimpan cerita dan keindahan yang tiada duanya. Aku berani memberi jaminan bahwa tidak akan ada penyesalan ketika kita memutuskan untuk mendaki Gunung Semeru. Gunung Semeru menjadi pilihan terbaik bagi kita yang ingin memiliki pengalaman terbaik ketika mendaki di sebuah Gunung.

Itulah beberapa destinasi gunung yang bisa dijadikan tempat petualangan ketika berkunjung di Jawa Timur. Nah disini aku ingin bertanya, jika ada kesempatan untuk mendaki salah satu gunung, kamu akan memilih mendaki gunung apa?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya Adalah Seseorang yang Memiliki Hobi Dalam Menulis

CLOSE