#DestinasiHipwee-Ingin Liburan ke Lombok? Jangan Lewatkan untuk Mencoba Aktifitas-aktifitas Seru di Pulau Nan Eksotis Ini!

Lombok memiliki segalanya untuk liburan yang tak terlupakan.

Tidak diragukan lagi bahwa Bali adalah tujuan pertama yang terlintas dalam pikiran kita ketika berbicara mengenai liburan tropis di Indonesia. Namun tidak diketahui banyak orang, bahwa Bali-Lombok dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan kapal ferry – pulau seluas 4.514 km² ini dikenal memiliki banyak pantai dan spot berselancar. Lombok merupakan destinasi wisata yang luar biasa saat kamu membutuhkan tempat untuk menenangkan diri dan jauh dari keramaian. Sangat jelas jika Lombok adalah tempat pelarian yang ideal bagi banyak orang, karena pulau ini menawarkan berbagai kegiatan mulai dari petualangan hingga mencari ketenangan jiwa.

Lombok terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya yang menakjubkan serta air laut biru yang jernih. Lombok juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk snorkeling dan menyelam di Indonesia. Jika kamu senang bertualang, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaki puncak Gunung Rinjani di barat Lombok. Di pulau ini, kamu akan menemukan gaya hidup yang lebih lambat namun dengan suasana yang lebih tenang.

Advertisement

1. Cicipi Hidangan Lokal Khas Lombok

Ayam Taliwang by @dickykuliner

Ayam Taliwang by @dickykuliner via https://www.instagram.com

Pulau yang memiliki arti “cabai” ini tidak dapat diragukan lagi dalam hal kenikmatan kuliner lokalnya. Untuk pecinta kuliner, kamu dapat menemukan berbagai rasa eksotis, aroma dan banyak kejutan pedas yang menunggu untuk dijelajahi di Lombok. Sebagai perkenalan untuk para pecinta makanan Lombok, berikut ini rekomendasi hidangan lokal khas Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan:

Ayam Taliwang
Sebelum dipanggang, ayam ini dibumbui terlebih dahulu dengan berbagai macam rempah-rempah, seperti cabai kering, bawang putih, bawang merah, tomat, kencur, ebi, gula jawa dan garam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan Plecing; salad tradisional Indonesia. Kamu harus mencicipi ayam panggang lokal ini dan rasakan sensasi bumbu rempah yang kuat dan daging ayam yang lezat.

Advertisement

Sate Rembiga
Sate Rembiga merupakan menu sate khas Lombok yang terbuat dari potongan daging sapi dan dibakar di atas arang panas menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu. Sate ini memiliki rasa pedas dan manis, disajikan bersama dengan nasi hangat yang dibungkus dengan daun pisang.

2. ISLAND HOPPING KE GILI-GILI

Island Hopping by @layungananta

Island Hopping by @layungananta via https://www.instagram.com

Pulau Tersembunyi; Gili Kedis, Gili Nanggu, Gili Sudak
Berlokasi di Barat daya Lombok, terdapat 3 Gili yang belum banyak diketahui oleh sebagian besar turis. Hanya 5-30 menit dari Wyndham Sundancer Resort Lombok, Gili Kedis, Gili Nanggu dan Gili Sudak. 3 Gili ini menawarkan pemandangan menakjubkan dan tempat ideal untuk menghabiskan waktu dengan bersantai dibawah sinar matahari. Kamu juga dapat ber-snorkeling di laut biru yang jernih atau menikmati hidangan seafood yang segar. 3 Gili ini sangat tepat untuk kamu yang ingin mencari ketenangan diri.

Bioskop Terbuka di Gili Trawangan
Kegiatan menyenangkan untuk menikmati malam – Bersantai di bean bag tepi pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang, menyaksikan matahari terbenam sambil menonton film. Setelah film selesai, kamu dapat menikmati minuman di beach bar yang berada di sepanjang Gili Trawangan.

Advertisement

3. Mendaki Gunung

Gunung Rinjani photo by @zaink_nst

Gunung Rinjani photo by @zaink_nst via https://www.instagram.com

Mendaki gunung berapi yang masih aktif – Gunung Rinjani.
Buat kalian yang berjiwa petualang, mendaki Gunung Rinjani merupakan salah satu kegiatan berpetualang yang bisa kamu coba saat berada di Lombok. Memiliki ketinggian 3,726 meter, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif kedua yang tertinggi di Indonesia dan terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang menakjubkan. Pendakian ini memakan waktu 3 hari penuh namun saat mencapai puncak, kamu akan disuguhkan dengan panorama menakjubkan, tidak hanya pemandangan Lombok saja tetapi juga pemandangan Bali, Sumbawa dan Danau Segara Anak. Tips : Saat terbaik untuk mendaki Gunung Rinjani adalah bulan April hingga December, tetapi pastikan terlebih dahulu untuk mengecek aktivitas gunung berapi dan prakiraan cuaca sebelum melakukan pendakian. “Bermandikan cahaya biru langit tak berawan dan dibingkai oleh latar belakang cahaya bintang berlian yang tak terbatas, Gunung Rinjani Lombok bahkan lebih indah di malam hari dibandingkan di siang hari.”

Menjelajah Gili dengan Bersepeda
Salah satu cara terbaik untuk menjelajahi Gili dan menikmati keindahannya adalah bersepeda. Rental sepeda biasanya tersedia di beberapa Gili dan seluruh pulau dapat dijangkau, menawarkan pemandangan indah di sepanjang jalan dalam waktu kurang dari satu jam.

4. Panorama Menakjubkan

Bukit Merese by @jovi_travel

Bukit Merese by @jovi_travel via https://www.instagram.com

Memburu matahari terbenam di Senggigi.
Senggigi merupakan daerah yang berada di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Lombok. Menjadi destinasi wisata utama di Lombok. Di sini Anda dapat menemukan pantai-pantai indah, berbagai pilihan akomodasi, beberapa toko lokal dan tempat makan. Ada berbagai restoran dan kafe di sini, di mana Anda dapat menikmati makanan dan minuman serta beberapa hotel dan resort, tetapi masih dalam suasana tenang yang memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan pulau. Daerah pesisir ini juga merupakan rumah bagi beberapa pantai yang indah, sangat tepat untuk bersantai dan menyaksikan matahari terbenam.

Kagumi pemandangan menakjubkan dari atas Bukit Merese.  
Bukit ini merupakan tempat untuk menyaksikan matahari terbenam di dekat Kuta. Memiliki panorama indah dan hamparan pasir putih yang dapat dinikmati dari segala arah. Ambil beberapa foto dan kagumi keindahan lautan yang tak berujung saat langit berubah menjadi merah menyala. Lombok akan memberikan kamu pengalaman liburan yang berkesan dan sulit untuk dilupakan. Saat berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk mengabadikan kenanganmu melalui foto dan bagikan pengalaman serta kisah liburanmu kepada teman dan keluarga. 

5. Wisata Budaya

Desa Sade

Desa Sade via https://phinemo.com

Ingin mengenal langsung adat & budaya dari pulau yang dijuluki sebagai Pulau 1000 Masjid ini? Sempatkan waktu untuk mampir ke Desa Sade yang terletak di daerah Rembitan, Kecamatan Puju, Lombok Tengah. Desa Sade ini merupakan tempat tinggal suku asli khas Lombok, yakni suku Sasak. Para wanita di desa Sade juga diwajibkan untuk bisa menenun. Tidak heran jika banyak sekali penjual kain tenun yang bisa ditemukan saat kalian berkunjung kesini. 

Lombok memberikan pengalaman liburan yang berkesan dan sulit untuk dilupakan. Saat berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk mengabadikan kenanganmu melalui foto dan bagikan pengalaman serta kisah liburan kamu kepada teman dan keluarga tercinta.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE