#DestinasiHipwee-Kamu Harus Perhatikan Dulu Hal Ini Sebelum Berwisata Pasca PPKM Darurat

Pandemi Covid-19 belum berakhir di bumi Indonesia. Peningkatan kasus positif terus melonjak tajam, bahkan beberapa daerah telah ditemukan varian baru. Hingga pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk memberlakukan kembali PPKM darurat. Pemberlakuan peraturan tersebut telah menjadi permasalahan baru bagi keberlangsungan perekonomian di sektor pariwisata. Beberapa tempat wisata terpaksa tutup, mengurangi gaji karyawan, bahkan pemutusan kerja bagi karyawan. 

Kemungkinan besar, tempat wisata akan dibuka setelah pemberlakuan PPKM darurat berakhir pada tanggal 20 Juli 2021. Nah, buat kamu yang sudah punya rencana untuk melakukan perjalanan wisata setelah PPKM darurat, kamu wajib banget perhatikan hal-hal berikut. 

Advertisement

1. Lengkapi dokumen persyaratan perjalanan jika kamu akan berwisata

Photo by Torsten Dettlaff

Photo by Torsten Dettlaff via https://www.pexels.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum bepergian, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu persyaratan perjalanan menuju ke tempat destinasi wisata. Setiap kota atau tempat wisata memiliki persyaratan yang berbeda untuk wisatawan bisa masuk ke lokasi. Ada yang mensyaratkan genose, rapid test, rapid antigen, dan swab PCR. Bahkan, beberapa kota memberlakukan untuk menunjukkan sertifikat vaksin yang diberikan oleh pemerintah. 

2. Hindari destinasi wisata yang berada pada zona merah Covid 19

Photo by Anna Shvets

Photo by Anna Shvets via https://www.pexels.com

Langkah selanjutnya adalah kamu harus cek terlebih dahulu kategori zona di tempat wisata yang akan kamu tujuan. Kategori ini ada empat yaitu hijau, kuning, orange, hingga merah. Masing-masing kategori memiliki makna tersendiri dan kamu harus memahaminya. Jika destinasi wisata yang akan kamu tuju berada pada zona orange dan merah, lebih baik kamu menunda perjalanan terlebih dahulu demi kesehatan dan keselamatan. 

Advertisement

3. Jika diharuskan menginap, pilihlah hotel yang sudah mendapatkan ulasan bagus perihal kebersihannya

Photo by Forbes

Photo by Forbes via https://pin.it

Jika kamu memilih untuk menginap, maka kamu harus memilih hotel yang benar-benar menjaga kebersihannya. Kamu bisa membaca ulasannya di aplikasi penyedia jasa persewaan penginapan atau ulasan Google. Tidak semua hotel dengan harga murah itu jelek lho, beberapa ada yang mengutamakan kebersihan. Sehingga kamu harus betul-betul membaca.

4. Pilih tempat wisata dengan konsep terbuka dengan alam

Photo by Olga Lioncat

Photo by Olga Lioncat via https://www.pexels.com

Masa pandemi yang seperti ini, kamu harus memilih tempat wisata yang menerapkan konsep terbuka dengan alam. Kamu bisa memilih pantai, gunung, atau taman. Jika ditempat terbuka seperti ini, kamu akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan kamu mendapatkan asupan oksigen yang sehat. 

5. Pilih tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Advertisement
Photo by Burst

Photo by Burst via https://www.pexels.com

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu apakah tempat wisata yang akan kamu tuju menerapkan protokol kesehatan dengan benar atau tidak. Kamu dapat memantaunya lewat website atau media sosial tempat wisata tersebut. Selain itu, kamu juga bisa cek persyaratan protokol kesehatan yang diterapkan pada tempat wisata tersebut. Protokol kesehatan yang biasanya diterapkan adalah cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki are wisata, memakai hand sanitizer, dan cek suhu. Namun, ada tempat wisata yang mewajibkan pengunjung membawa hasil tes COVID-19 atau menunjukkan sertifikat vaksin. 

Nah, seperti itulah tips-tips #DestinasiHipwee buat kamu yang akan berwisata pasca PPKM darurat. Jangan lupa untuk selalu ingat Pesan Ibu yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Wisata aman dan sehat yuk! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amatir..!

CLOSE