#DiIndonesiaAja-Pesona Eksotisme Kepulauan Selayar. Yuk, Lebih Mengenal Keindahan dari Wilayah Timur Indonesia!

Pariwisata Pulau Selayar

Banyak hal yang bisa menjadi sebuah alasan kecintaan kita kepada negeri ini. Keelokan alam dari setiap jengkal pulau yang terbentang dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia mungkin satu diantara banyaknya alasan tersebut. Bagaimana tidak, eksistensi negara Indonesia sebagai sebuah negara yang menggandeng predikat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia menyimpan sejuta pesona alam yang tak bisa diragukan lagi keindahannya.

Pulau Selayar misalnya, pulau yang terletak di bagian timur Indonesia ini dan merupakan salah satu daerah di provinsi Sulawesi Selatan ternyata memilki banyak tempat wisata dengan pesona eksotis yang tak kalah menawan. Kearifan lokal yang dihiasi beragam suku seperti suku bugis, suku bajo, suku buton dan suku selayar asli itu sendiri tak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai kebudayaan unik serta keramahan penduduknya akan menambah hangatnya perjalanan di pulau ini.

 

Advertisement

1. Air Terjun Suttia

Wow, Selayar Punya Air Terjun Yang Keren!

Wow, Selayar Punya Air Terjun Yang Keren! via http://ayokeselayar.com

Kalau di Kota Malang memililiki Air Terjun Coban Rondo maka di Selayar pun memilki Air Terjun Suttia yang tak kalah menawan. Air Terjun Suttia adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai. Tempat ini berjarak 25 km dari Ibukota Selayar.

Air Terjun Suttia sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter. Di tempat ini akan ada jamuan suasana alam pegunungan dan ramahnya sentuhan air terjun memberi nuansa tersendiri menyaksikan curahan air. selain itu, kita dapat menikmati suasana hutan yang rimbun.

Advertisement

2. Pantai Baloyya

Pantai Baloiya, Selayar Keindahan Panorama Bak Tanah Lot

Pantai Baloiya, Selayar Keindahan Panorama Bak Tanah Lot via https://www.kabarrantau.com

Sekilas melihat pemandangan di Pantai Baloyya ini mungkin orang orang mengira tempat ini adalah Tanah Lot yang ada di Bali. Tapi ternyata, tempat ini terdapat di salah satu desa di Pulau Selayar loh. Pemandangan batu di tengah pantai yang bahagian atasnya ditumbuhi oleh tanaman asoka berlatar belakang pemukiman penduduk nelayan pesisir tradisional menjadi sebuah daya pikat yang eksotik luar biasa di bibir Pantai Baloyya.

Sementara pasir putih lembut selembut salju yang terhampar luas di sepanjang pesisir Baloiyya memungkinkan pengunjung untuk berjemur dan tinggal berlama-lama menikmati terik panas matahari pagi.
Bahkan, para pengunjung juga sangat dimungkinkan untuk dapat melakukan aktivitas swimming, diving, snorkeling, dan fishing.

3. Pantai Pinang

Advertisement
Pantai Pinang

Pantai Pinang via http://ayokeselayar.com

Pantai Pinang merupakan salah satu pantai yang terletak di pantai timur pulau selayar. Formasi pesisir pantai pinang adalah variasi antara tebing batu gamping dan pantai berpasir yang dikelilingi perbukitan. Menyelam di kawasan pantai timur memberi pengalaman spektakuler di tebing-tebing karang dengan kedalaman yang terkesan hampir tak terbatas

Tebing karang menggantung (overhang) dan gua-gua karang kecil yang didalamnya terdapat berbagai macam biota. Menengok ke arah lautan lepas, terlihat rombongan ikan pelagis yang sedang mencari makan. Bagi yang hobi underwater photography landscape, kawasan pantai timur sangat direkomendasikan. Pantai Pinang juga terdapat fasilitas penginapan, penyewaan alat selam dan restoran

4. Taman Nasional Taka Bonerate

Pulau Tinabo, surga tersembunyi di ujung sulawesi

Pulau Tinabo, surga tersembunyi di ujung sulawesi via https://blog.reservasi.com

Wilayah yang merupakan atol ketiga terbesar di dunia setelah Kwajefein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepualuan Maladewa ini memang tak bisa diragukan lagi keindahan dari setiap sudut pulaunya.

Barisan pepohonan kelapa di setiap pulau akan menyambut kedatangan wisatawan ditambah lagi hamparan pasir putih bak permadani siap memanjakan mata.

5. Wisata budaya Gong Nekara

Peninggalan sejarah Gong Nekara

Peninggalan sejarah Gong Nekara via https://m.kaskus.co.id

Bosan dengan wisata alam dan wisata bahari, Pulau Selayar juga menawarkan wisata budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. Contohnya saja wisata Gong Nekara yang berlokasi di Kecamatan Bontoharu.

Gong Nekara merupakan benda peninggalan pra sejarah zaman perunggu dan merupakan gong terbesar di Asia Tenggara. Gong Nekara sangat berkaitan erat dengan posisi Pulau Selayar sebagai jalur penting mata rantai perdagangan yang menghubungkan Tanah Melayu, Vietnam Utara, Cina Selatan, dan pulau-pulau di Indonesia seperti Jawa, Bali, dan Papua.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata di Pulau Selayar yang bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi wisatawan. Daripada liburan kalian di tempat itu-itu saja, nggak salah dong mencoba atmosfer liburan baru di Pulau Selayar. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE