#DiIndonesiaAja-Selayang Pandang 5 Tempat Wisata Kekinian di Kota Gresik!

Potret Kota Gresik di Era Modern

Halo, good people!

Kalau mendengar nama Gresik, kira-kira tempat wisata apa sih yang langsung terbesit di pikiran kalian? Pantai Dalegan? Telaga Ngipik? Makam Sunan Giri? atau Kampung Kemasan? Well nggak salah sih, 4 objek tersebut memang menjadi ikon penting dari kota ini. Tapi, seiring berjalannya waktu, Kabupaten Gresik mulai menunjukkan progresivitas kemajuannya nih, peeps! Terbukti dalam 5 tahun terakhir, udah banyak banget objek wisata baru yang dibuka, lho! Keren banget kan?

Oiya kalian tau nggak sih? Objek wisata baru di Kota Gresik ini beragam banget loh, peeps! Mulai dari istana kapur bekas TPA, taman eco-tourism mangrove, hingga gugusan bebatuan berbentuk jamur. Nah, untuk arsitektur desainnya sendiri emang sengaja mengusung konsep moderen yang instagramable kece parah, karena pasar utamanya adalah anak muda jaman now. Udah penasaran ya? Langsung aja kita mulai ekspedisi perjalanan kali ini dengan mengenal 5 tempat wisata kekinian di kota Gresik. Let's get started!

Advertisement

1. Hutan Mangrove Banyu Urip

Hutan Mangrove Banyu Urip

Hutan Mangrove Banyu Urip via https://www.inews.id

Hutan Mangrove Banyu Urip ini terletak di Kecamatan Ujung Pangkah, +/- 23 km sebelah utara Kota Gresik.

Sebenernya, budidaya mangrove ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2000-an, baik oleh pemerintah maupun warga sekitar. Tapi, objek wisatanya sendiri barusan dibuka 2015 lalu, dengan berbagai pertimbangan tentunya. 

Advertisement

Taman Wisata Mangrove ini memiliki luas sekitar 5 hektar, dilengkapi 3 gazebo dan area jogging track sepanjang 250 meter. Nah, buat kalian yang punya hobi foto ala-ala model, Banyu Urip juga menyediakan jembatan kayu dengan arsitektur klasik, sehingga menambah kesan instagramable di tempat ini.

Tempat ini juga direkomendasikan bagi kalian yang punya hobi fotografi ataupun ingin melakukan riset ilmiah. Karena, Taman Wisata Banyu Urip merupakan habitat asli 7 jenis mangrove dan 35 spesies burung. Well, kalian gak usah takut kelaparan, peeps! Di tempat ini ada banyak foodcourt yang menjual beraneka makanan dan minuman, mulai kelas ringan hingga berat.

So, tunggu apalagi? Next liburan ke sini aja, peeps!

Advertisement

2. Istana Bukit Kapur Setigi

Wisata Setigi

Wisata Setigi via https://www.hipwee.com

Berlokasi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Istana Bukit Kapur Setigi ini menempati lahan seluas 6 hektar dan baru saja di launching 1 Januari 2020 lalu.

Kalian tahu nggak sih, peeps? Dulunya, Wisata Setigi merupakan daerah pertambangan kapur dan tempat pembuangan sampah sementara. Namun, atas inisiatif Kepala Desa Sekapuk yang kemudian didukung oleh pemerintah, tempat kumuh ini akhirnya disulap menjadi sedemikan epic-nya.

Well, apa aja sih yang bisa kalian lakukan di lokasi ini?

Disclaimer nih ya, hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp. 15.000,00 untuk dewasa dan anak-anak Rp. 10.000,00, kalian bisa menikmati berbagai pemandangan berasitektur klasik yang pastinya instagramable banget deh, peeps!

Dengan mengusung tema peradaban kuno, Istana Bukit Kapur Setigi bukan hanya berfungsi sebagai tempat wisata, namun juga sarana edukasi. Oiya, kalian juga gak perlu takut kelaparan loh, karena disini banyak food court yang menjual makanan dan minuman, mulai kelas ringan hingga berat. Rencananya, pengelola juga akan membangun area outbond, kolam renang, sepeda air, bahkan memahat lebih dalam bukit kapur untuk dijadikan goa buatan.

3. Bukit Jamur

Wisata Bukit Jamur ini terletak di Kecamatan Bungah, 18 km sebelah utara Kota Gresik. 

Tempat wisata ini unik banget loh, peeps! karena, di Indonesia hanya ada 1 bukit jamur, dimana lagi kalau bukan di Kota Gresik. Walaupun atmosfernya terbilang sangat panas, tapi dijamin nggak bakalan nyesel deh. Pemandangannya super duper keren dan memang surganya para traveller.

Sedikit mengulas tentang sejarahnya, Bukit Jamur ini dulunya merupakan lokasi tambang galian kapur. Namun, perlahan terjadi sebuah fenomena bernama 'mushroom rock', yaitu metamorfosis tanah bebatuan menjadi gugusan berbentuk jamur. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang mungil, raksasa, setinggi 7 meter, dan bahkan sebesar bus pariwisata, lho!

Oiya, dalam 3 tahun terakhir ini, Bukit Jamur bukan sekedar menjadi objek wisata, tapi juga menjelma sebagai arena photoshoot impian. Mulai dari cekrek upload bareng sahabat, mengisi buku kenangan sekolah, pre-wedding, hingga lokasi syuting untuk video promosi.

Gimana? Ada yang berminat mampir?

4. Wisata Alam Gosari (WAGOS)

Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari via http://www.wisatainfo.com

Wisata Alam Gosari ini berlokasi di Kecamatan Ujung Pangkah, yang sengaja dibangun dengan nuansa kekinian abizzz.

Well, destinasi ini sangat disarankan untuk dikunjungi oleh semua kalangan, muda, tua, anak-anak, orang dewasa, pria, wanita, wajib dateng kesini. Wisata Alam Gosari atau yang akrab dijuluki WAGOS oleh penduduk sekitar, memang sengaja di desain semenarik mungkin. So, cocok banget buat ngilangin kejenuhan, kegalauan, dan kepenatan atas kejamnya lika-liku kehidupan ini. 

Tempat wisata ini merupakan hasil relokasi dari perbukitan kapur yang ada di kawasan Desa Gosari. Belakangan, semakin banyak wisatawan hadir seiring gencarnya promosi dari berbagai kalangan. Belum lagi ketika weekend tiba, semua spot foto akan dibanjiri pengunjung bahkan tak jarang harus rela mengantri beberapa menit. Well, semenarik apa sih tempat wisata ini? Kok sampai banjir lautan manusia gitu?

Sebenernya, nuansa tempat wisata ini mengusung tema ala-ala Jepang gitu, peeps. Mulai Gapura Torii, rumah kincir angin, hingga Jembatan Tokyo. Eits jangan salah, WAGOS rupanya juga menyediakan spot foto lainnya yang tentunya gak kalah instagramable, loh! Sebut saja rumah bom, sangkar burung, ayunan di atas sungai, taman bunga, dan gardu pandang. Gimana? Masih ada yang diragukan?

5. Edu Wisata Lontar Sewu

Lontar Sewu

Lontar Sewu via http://www.instagram.com

Terakhir, ada Wisata Lontar Sewu yang terletak di Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti.

Faktanya, tempat ini sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu kawasan penghasil minuman legen terbaik di Kota Gresik. Sempat dijadikan sentra kuliner, namun sayangnya tidak berkembang secara maksimal. Hingga akhirnya, Bumdes Lontar Sewu bersama Pemdes Hendrosari berkoalisi untuk merelokasi kawasan ini dengan menambah sentuhan modern.

Baru saja diresmikan tanggal 2 September 2020 lalu, Objek Wisata Lontar Sewu langsung menjadi primadona di kalangan remaja dan orang tua, lho! Menempati lahan seluas 192 hektar, lokasi ini menyajikan nuansa hijau nan asri yang tentu membuat semua pengunjung merasa betah berlama-lama. Oiya, di sini juga banyak pohon lontar berdiri menjulang tinggi di segala penjuru, tentu saja kian menambah kesan kesejukkan tersendiri. 

Oiya bukan hanya sekedar tempat wisata, Lontar Sewu juga menjadi ladang edukasi buat semua kalangan nih, peeps! Disini, kalian bakal melihat langsung proses pengolahan legen, membajak sawah, dan saluran irigasi. Menarik bukan? Eits, buat kalian yang hobi selfie ataupun berfoto ala model, bisa banget nih mampir. Ada spot rumah indian, jembatan titian, gardu pandang di atas pohon, hingga taman bunga warna-warni.

Secantik itu loh, peeps. Yakin cuman dibaca aja tulisan ini?

~~

Well, segitu dulu ya peeps perjalanan kita kali ini menelusuri 5 objek wisata baru di Kota Gresik yang mengusung tema kekinian. Buat kalian para artis instagram atau hobi foto ala-ala, aku tunggu kedatanganmu!

Jangan cuma jadiin list liburanmu sebagai agenda tanpa realita ya, peeps! Karena bakalan nyesel banget deh. Buruan bikin waiting list kalian selanjutnya dan wujudkan segera! Because Indonesia is a miracle without limits.   

Pengen liburan? Ya #DiIndonesiaAja

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A Perfectionist FighterCurrently studying at Airlangga University for International Relations majority

CLOSE