#DiIndonesiaAja-5 Makanan yang Populer di Bogor, Wajib Kamu Cobain Biar Nggak Penasaran!

Bogor juga terkenal dengan surganya makanan enak lho!

Kota Bogor atau yang mempunyai julukan sebagai Kota Hujan memang mempunyai ciri khas suasana kotanya yang sejuk dan asri. Memiliki banyak tempat wisata, dan tempat-tempat bersejarah membuat Bogor selalu banyak dikunjungi masyarakat dari dalam dan luar kota.

Selain karena tempat wisata dan tempat bersejarah, di Bogor juga surganya berbagai makanan enak dan populer hingga ke luar kota. Makanan yang beragam pun ada di Bogor, mulai dari yang  berkuah pedas sampai yang unik-unik seperti toge goreng.

Wajib kamu catat nih supaya nggak lupa kalau sedang berkunjung ke Bogor.

Advertisement

1. Sate Maranggi

photo by Tribunnews

photo by Tribunnews via http://www.google.com

Dari banyaknya jenis sate yang ada di Indonesia, di Jawa Barat sendiri khususnya kota Bogor memiliki ciri khas sendiri dengan sate marangginya yang mampu memikat banyak hati para pecinta kuliner.

 

Advertisement

Untuk rasanya sudah pasti sate maranggi ini berbeda dari sate-sate yang sudah ada lebih dahulu, ciri khas sate maranggi sendiri adalah daging yang digunakan adalah daging sapi bagian dalam, rasa bumbunya yang meresap sampai dalam, dan satu tusuknya hanya ada tiga potong daging.

 

Sate Maranggi banyak dijual di daerah Bogor Kota dan di Puncak, untuk harganya berkisar Rp 3.000 sampai Rp 4000 pertusuknya.

Advertisement

2. Soto Mie Bogor

Kalau di Jakarta ada soto betawi, di Bogor ada soto mie bogor. Rasanya khas Kota Bogor yang selalu bikin kangen. Terdiri dari perpaduan daging, mie kuning, bihun, risol, dan kuah sotonya yang segar membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

 

Berbeda dari soto-soto lainnya, soto mie bogor memang mempunyai ciri khas kuahnya yang sedikit kemerahan karena campuran dari cabai yang ada dalam bumbu, dan rasanya yang gurih campur pedas cocok di makan dengan nasi.

 

Soto mie bogor banyak ditemui di Bogor Kota, dan yang terkenal adalah Soto Mie Bogor Bu Ojah yang berada di Jl. Garuda 2, RT.02/RW.06, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal.

3. Asinan Bogor

Asinan bogor sudah cukup populer sejak lama karena memiliki cita rasa yang pedas, berkuah, dan segar. Ada 3 macam varian pada asinan bogor yakni, asinan buah, asinan sayuran, dan asinan campuran buah dan sayur.

Untuk mendapatkan asinan khas Bogor ini pun tak sulit karena para penjual asinan bogor tersebar di banyak titik di dalam Kota Bogor. Untuk harganya juga tidak mahal, hanya berkisar Rp10.000  sampai Rp20.000  sesuai porsi.

4. Doclang

Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik via http://www.bogor.net

Mungkin ada di antara kalian yang baru mendengar nama doclang kan? Namanya memang tidak cukup familiar, namun doclang bisa dikategorikan makanan yang popular di Bogor.

 

Doclang sekilas mirip dengan ketoprak atau lontong bumbu, namun doclang sendiri berbeda dan memiliki ciri khas sendiri dengan lontong nasinya yang dibungkus dengan daun patat sehingga memberikan tambahan  aroma wangi dan disajikan dengan tahu goring, telur rebus, taoge, selada dan kerupuk lalu dibumbui dengan bumbu kacang.

 

Doclang menjadi makanan khas Bogor karena doclang sudah ada sejak era 60-an hingga saat ini.

 

Doclang yang cukup terkenal di Bogor adalah Doclang Pak Odik yang berlokasi di Jl. Pasir Kuda, Ciomas.

5. Toge Goreng

oge Goreng Ibu Hj. Omah, Via Instagram buncitfoodies

oge Goreng Ibu Hj. Omah, Via Instagram buncitfoodies via http://www.travelingyuk.com

Toge Goreng juga merupakan makanan khas bogor yang cukup populer dan wajib kalian cicipi saat berkunjung ke Bogor karena rasanya sudah tak perlu diragukan lagi. Memiliki cita rasa yang melegendaris membuat toge goreng masih populer hingga saat ini.

 

Buat kalian yang mau cicipin kenikmatan dari toge goreng, kalian bisa melipir ke Toge Goreng Hj. Omah yang berlokasi di  Jl. Jenderal Sudirman No. 23 A, tepatnya berada di sebelah Bogor Junction. Untuk harganya hanya 14 ribu saja. Gimana? Sangat terjangkau bukan?

 

Jangan lupa dicatat ya daftar-daftar makanan di atas, siapa tahu kalian ada waktu untuk berkunjung ke Kota Bogor wajib mampir untuk cobain makanan-makanan enak yang ada di atas!

Tapi tetap patuhi protokol kesehatan ya teman-teman.. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis dan menangis

CLOSE