#DiIndonesiaAja-5 Rekomendasi Desa Wisata dengan Game Outbound Seru di Yogyakarta

Ajak sanak keluargamu main ke sini

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang menyimpan sejuta pesona yang tak akan ada habisnya jika diceritakan. Berbagai objek wisata daerah maupun kuliner selalu berhasil merayu para pelancong untuk mengunjunginya. Alam dan kebudayaannya bersinergi membentuk kearifan lokal yang sulit dijumpai di daerah lain. Desa-desa yang masih terjaga keasriannya mampu disulap menjadi tempat wisata yang menakjubkan.

Advertisement

1. Desa Wisata Kelor, Sleman

Photo by @dw_kelor on Instagram

Photo by @dw_kelor on Instagram via https://www.instagram.com

Desa wisata ini berada di Desa Kelor, Bangun Kerto, Kecamatan Turi, Sleman yang berjarak sekitar 21 km dari pusat Kota Jogja. Masih dilengkapi dengan lingkungan yang asri dan sejuk membuat udara di desa ini sangatlah segar. Saat malam hari kamu akan merasakan betapa dinginnya suhu di sana.

Desa Wisata Kelor memiliki sungai di tengah hutan yang masih sangat terjaga kebersihannya. Adrenalinmu akan ditantang saat menyeberangi sebuah kolam untuk bisa sampai di bagian sungai yang lebih tinggi.

Advertisement

Selain itu, desa ini juga dilengkapi dengan kegiatan outbound yang menjadi favorit bagi para pengunjung. Lagi-lagi terdapat wahana jembatan goyang tanpa pegangan untuk menyeberangi sebuah kolam. Main di Desa Kelor pasti kamu bakal basah kuyup, deh.

2. Desa Wisata Jelok, Gunung Kidul

Flying fox di Desa Wisata Jelok

Flying fox di Desa Wisata Jelok via http://desawisatajelok.com

Desa Wisata Jelok berlokasi di Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Dibutuhkan waktu berkendara sekitar 45 menit dari Kota Jogja untuk sampai di desa ini.

Banyak kegiatan edukasi yang bisa kamu lakukan seperti bercocok tanam, membatik, memasak, hingga nge-camp di desa yang masih alami ini. Ada juga kegiatan outbound seperti salah satunya yaitu flying fox yang dapat memacu adrenalinmu.

Advertisement

3. Desa Wisata Grogol, Sleman

Outbound Desa Wisata Grogol

Outbound Desa Wisata Grogol via https://visitingjogja.com

Di Sleman juga masih ada desa wisata lainnya yang tak kalah menarik yaitu Desa Wisata Grogol. Lokasinya ada di Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman dengan jarak sekitar 13 km dari pusat Kota Jogja.

Pastinya desa ini masih diselimuti warna hijau pepohonan yang tampak menyegarkan mata. Rasakan sensasi getaran dari jembatan goyang di atas sebuah kolam dengan air yang dingin. Tak hanya bermain, kamu juga bisa belajar kebudayaan Jogjakarta seperti berbagai upacara adat yang rutin diadakan hingga berbagai macam kuliner khas daerah Jawa.

4. Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo

Area camp Desa Wisata Tinalah

Area camp Desa Wisata Tinalah via https://www.dewitinalah.com

Dari barat Yogyakarta juga terdapat Desa Wisata Tinalah, tepatnya di Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Desa ini sering disebut sebagai Dewi Tinalah yang mengartikan seorang sahabat yang siap mengayomi dan memberikan ketenangan. Berada di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh menjadikan lokasi ini memiliki udara yang sehat.

Kamu bisa sepuasnya bermain outbound dengan membayar seharga Rp 95 ribu/orang. Tak hanya outbound, desa ini juga memiliki wisata Puncak Kleco yang menyajikan pemandangan foto yang instagramable.

5. Desa Wisata Ledok Sambi, Sleman

Desa wisata Ledok Sambi

Desa wisata Ledok Sambi via https://eksotisjogja.com

Kembali dari Sleman, ada Desa Wisata Ledok Sambi yang terletak di daerah Kaliurang. Desa ini menyajikan bermacam wisata edukasi seperti karawitan Jawa hingga belajar bercocok tanam dan berternak. 

Jika sudah lelah belajar, maka kamu bisa merilekskan diri dengan bermain outbound. Permainan yang disediakan seperti flying fox, meniti tali, dan lain-lain. Kamu bisa menikmati view Merapi dari desa ini karena jarak keduanya yang sangat dekat.

Ternyata desa yang tadinya biasa saja bisa disulap menjadi sarana rekreasi yang menakjubkan. Tak perlu jauh-jauh mencari tempat liburan, cukup di Indonesia kamu bisa mengeksplor dan memuaskan dahaga petualang wisatamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE