#DiIndonesiaAja-5 Rekomendasi Tempat Wisata Rp 0,- di Jakarta. Beberapa Tempat Mirip Seperti di Luar Negeri. Percaya?

Tempat di Jakarta

Jika seandainya kita disuruh menyebutkan satu nama kota di Indonesia, yang terkenal sibuk, macet, biaya hidup mahal dsb. Kemungkin besar, dengan lantangnya kita akan menyebut Jakarta, setuju?     

Sebagai salah satu kota tersibuk di dunia. Jakarta sering disebut sebagai “Big Durian” oleh masyarakat luar, persis seperti New York di Amerika Serikat yang dijuluki “Big Apple”. Akan tetapi, selain kesibukannya dalam kegiatan ekonomi. Kota besar seperti Jakarta, juga memiliki ruang rekreasi, ekspresi dan edukasi untuk publik nan indah dan gratis, lho! Jadi gak perlu deh, kita jauh-jauh terbang ke New York dengan budget mahal, cukup #DiIndonesiaAja.

Penasaran? “Sama, saya juga!”

Berikut daftar tempat-tempat gokil di Jakarta yang telah dirangkum dan wajib dikunjungi. Cekidot!

Advertisement

1. Ria Rio yang Dulu, Bukan lah yang Sekarang

Photo by @widodo.endang_thechoco

Photo by @widodo.endang_thechoco via https://www.instagram.com

Berbeda dengan taman lainnya yang masyhur di Jakarta, seperti; Taman Menteng, Taman Suropati, Taman Langsat, dll. Taman Ria Rio yang diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada tahun 2013. Dahulu hanyalah sebuah waduk yang dipenuhi eceng gondok, sampah dan tidak ada pepohonan Aka kumuh. Namun, semua itu berubah. Waduk Ria Rio yang berlokasi di Kayu Putih, Jakarta Timur, dahulu difungsikan sebagai penampung air, tok! Kini, sudah termasuk taman dengan daya tarik, yakni terdapat beberapa pohon baobab yang hanya dapat tumbuh di dataran rendah Afrika dan Australia.

Wajib sowan kemari nih, guys! Apalagi buat kita para warga Jakarta, yang sering dibuat penat oleh kesibukan pekerjaan, tugas kuliah, PR, ngambeknya si dia, dan hiruk pikuk lainya di kota. Dijamin gak kalah deh, kayak taman-taman kota di Eropa. Worth it, lah! Eits, tapi jangan lupa ajak juga si dia, ya. Ngajak liburan orang lain, terus orangnya seneng, juga termasuk ibadah, lho!

Advertisement

2. Kabar gembira, untuk kita semua. Hutan Kota Central Park, USA, kini ada di GBK

Photo by @dediinasution

Photo by @dediinasution via https://www.instagram.com

Bagi kalian yang sering datang untuk menonton pertandingan sepakbola secara langsung. Atau, hanya sekedar berolahraga, rekreasi dan mendatangi event-event yang sering diselenggarakan di area Komplek Stadion Gelora Bung Karno. Besok-besok, jangan terburu-buru pulang dulu, ya! Pasalnya, terdapat ruang terbuka hijau yang disebut-sebut mirip dengan Central Park di U.S.A.

Dilansir dari jakartatourism.go.id, sebelumnya Hutan Kota GBK merupakan lahan lapangan golf driving range di Kompleks GBK, yang memiliki seluas sekitar 4 herktar lebih.

Advertisement

Teruntuk kalian yang belum pernah datang, dan berniat datang ke GBK. Jangan lupa mengabadikan momen perdana tersebut dengan berfoto ria di ruang hijau, yang dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit. Bukan hanya pemandangan gedung saja, kok, tetapi juga terdapat  banyak spot foto yang Instagramable yakni, kolam, jembatan kayu, dan taman bunga.

Oh iya, selain itu Hutan Kota GBK juga memiliki fasilitas yang dapat kita lihat di papan petunjuk wilayah, seperti; kios dagang, pos keamanan, taman amphiteater, kolam trembesi, ruang ganti, toilet publik, plaza utama, amphiteater utama, dan cofftea house. Jadi, sensasi Central Park, ada disini #DiIndonesiaAja.”

3. Tempat bermain ramah anak, include dengan skate park? Kalijodo tempatnya!

Photo by @anggapratzzz

Photo by @anggapratzzz via https://www.instagram.com

Kalian anak muda yang menyukai olahraga Skateboard? Atau, kalian memiliki anak yang hobi olahraga tersebut? Tenang, RPTRA Kalijodo tempatnya! 

“Kok bisa?”

Apa sih yang gak bisa, buat kalian yang udah taat bayar pajak.

Meskipun Kalijodo menyimpan masa lalu yang kelam, sehingga berbekas didalam benak sebagian orang. Akan tetapi, tempat tersebut saat ini sudah di sulap menjadi ruang rekreasi, sekaligus ruang ekspresi untuk publik.

Konsep unik yang dibuat oleh pemerintah, dengan menyediakan tempat bermain anak, include dengan tempat olahraga Skateboard. Secara tidak langsung, dapat memancing anak-anak usia dini yang melihat kegiatan olahraga ekstrim tersebut untuk mempelajarinya.

Mumpung masih seumur jagung, ya, pak/bu. Sering-sering ajak ke RPTRA Kalijodo, yang berlokasi di Angke, Jakarta Barat. Siapa tau, nanti kalau sudah besar bisa menjadi atlet profesional seperti abang-abangnya (Pevi Permana, Sanggoe Dharma Tanjung, Gregorius Aldwin Angka Widjaja dan Tony Hawk).

Nah, bagi kalian yang doyan memotret. RPTRA Kalijodo memiliki spot foto bernuansa Street Art. Ditambah, kalian juga dapat mengambil foto para skatebording yang tengah berlaga. Sekiranya sudah lelah dan rasa lapar/haus menyerang, jangan khawatir. Sebab, banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar area RPTRA.

“Jangan lupa bawa uang tunai, ya”

4. Perpustakaan Nasional, nuansa baru menikmati akhir pekan

Photo by @dediinasution

Photo by @dediinasution via https://www.instagram.com

“Terpikir olehku, bila Sang Penyelamat dari Indonesia berniat membebaskan rakyatnya, haruslah ia dapat menyelamatkan dirinya sendiri lebih dulu.”

Salah satu petuah dari Ir. Soekarno yang ditulis oleh Cindy Adam dalam bukunya berjudul “Penyambung Lidah Rakyat”. Harapan besar Sang Proklamator kepada generasi penerus bangsa, terdengar, tertulis dan terpatri didalam hati dan pikiran sehingga abadi sampai saat ini. 

Perpustakaan Nasional merupakan wujud kepedulian dan cinta kasih pemerintah kepada setiap generasi, agar dapat membawa Indonesia kearah kemajuan, kesejahteraan dan keadilan. Gedung yang memiliki 24 lantai tersebut, menyimpan banyak koleksi seperti; buku, majalah, jurnal ilmiah, foto, peta, lukisan, dll.

Kita dapat menikmati nuansa perpustakaan yang tenang, sekaligus dimanjakan oleh mewahnya arsitektur gedung. Perpustakaan Nasional juga ramah terhadap penyandang disabilitas, dan bagi semua kalangan maupun usia. Untuk itu, sekiranya Perpustakaan Nasional mendapat tempat didalam rencana liburan kita. “Upgrade pengetahuan kuy!” 

5. Keindahan terpendam si Kali Besar

Photo by @abid.aramadhan

Photo by @abid.aramadhan via https://www.instagram.com

Jika berkunjung ke Jakarta, tidak lengkap rasanya kalau belum mendatangi kawasan wisata sejarah, Kota Tua. Di sana terkenal dengan hamparan gedung-gedung tua peninggalan Belanda, yang masih kokoh sampai sekarang.

Namun, terdapat juga bangunan lain yang tidak kalah indah dan klasik. Sebut saja Kali Besar. Bangunan sungai tua yang telah di revitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta, sekilas mirip dengan sungai Cheonggyecheon yang ada di Seoul, Korea Selatan. Semoga saja nanti bakal ada lagi sungai di Jakarta yang mirip seperti di Venesia (Italia), Spree (Jerman), dsb.

Bukan hanya mirip dengan sungai Cheonggyecheon aja, lho. Saat kita berada di pinggiran jalan sekitar Kali Besar yang luas, ditambah fasilitas bangku klasik dan patung-patung kecil. Kita akan dibuat merasa seperti di Eropa, guys!. Cocok banget deh, buat kita-kita yang doyan foto-foto. Apalagi di saat malam hari. “Beuh!”

Satu lagi nih, hal penting yang wajib diketahui. Karena Eropa dan negara-negara yang indah di benua manapun, melarang keras warga dan membuang sampah sembarangan . Untuk itu, kita juga harus mencontoh disiplin mereka demi kenyamanan dan keindahan. “Bagus atau tidaknya suatu tempat, tergantung dari kita, ya kan?”

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE