#DiIndonesiaAja-6 Pesona Keindahan di Pulau Borneo yang jarang Diketahui, Yuk Masukan Dalam List Liburanmu

Pesona keindahan alam dari sudut pulau Borneo

Indonesia merupakan Negara kepulauan, tak heran banyak menyimpan sejuta keindahan alam dan tempat wisata di dalamnya. Budaya nya yang unik, mampu menciptakan perpaduan yang unik dan exotic di setiap wilayah nya. Pulau Borneo atau yang biasa disebut dengan Kalimantan adalah salah satu dari pulau yang mendiami Indonesia, yang memiliki daya tarik pesona alamnya sehingga membuat takjub setiap mata memandangnya.

Advertisement

1. Labuan Cermin, wisata air dan pesona alam yang tersembunyi di pedalaman Kalimantan

Danau Labuan Cermin photo by @aldiriandana on Instagram

Danau Labuan Cermin photo by @aldiriandana on Instagram via https://www.instagram.com

Labuan cermin adalah danau yang memiliki segala keindahan alam dan pesona alam yang tersimpan di pulau Kalimantan. Terletak di kecamatan Biduk-biduk kabupaten Berau, Kalimantan timur ini, memiliki hal uang unik. Disebut dengan Labuan Cermin karena air nya yang jernih dan bening seperti cermin.

Batang pohon dan daun-daun di tanah terlihat transparan. Danau ini bisa jadi spot foto kece mu , dengan adanya cahaya matahari yang menyinari danau ini menambah kesan panorama yang alami nan eksotis. Kece abis!

Advertisement

2. Keindahan Laut Biru dan Pantai pasir putih Pulau Maratua

Teluk Harapan, Pulau Maratua photo by @palupitiara on Instagram

Teluk Harapan, Pulau Maratua photo by @palupitiara on Instagram via https://www.instagram.com

Masih dalam kabupaten Berau, tak disangka bagian terluar Kalimantan ini memiliki keindahan pulau yang menakjubkan. Pulau maratua berada di selatan Tarakan yang masih dalam kawasan Pulau Derawan, yang terkenal akan keindahan pantai dan spot terbaik untuk diving atau snorkeling.

Tak kalah indah dengan Kepulauan Derawan, Pulau Maratua juga memiliki keindahan dan keunikan biota bawah laut yang masih terjaga. Terdapat tempat yang bernama Teluk harapan, yang memiliki pantai tenang dan tempat nyaman untuk berenang dengan keindahan pesonanya akan membuat betah kamu deh, saat mengunjungi Pulau ini ūüôā

3. Jelajah Tanjung Isuy, yang memiliki keunikan Danau dan kearifan lokal

Advertisement
Danau Jempang, Tanjung Isuy photo by @aldiriandana on Instagram

Danau Jempang, Tanjung Isuy photo by @aldiriandana on Instagram via https://www.instagram.com

Tanjung Isuy adalah nama dari sebuah perkampungan yang berada di kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Di tempati oleh suku Dayak Benuaq yang masih menjaga dan melestarikan kebudayaan lokalnya yakni kain tenun Doyo, menjadi ciri khas dari Dayak benuaq di Tanjung Isuy. Tanjung Isuy mengadakan festival, sebagai ajang pengenalan budaya khas daerah.

Selain memiliki kearifan lokal, terdapat objek wisata Danau Jempang yang merupakan salah satu danau terbesar di Kalimantan Timur memiliki panorama khas sungai Mahakam. Danau Jempang digunakan sebagai jalur transportasi menuju perkampungan. Kamu dapat menggunakan perahu ketinting untuk menyusuri danau yang asri ini. Sungguh, akan jadi pengalaman yang tak terlupakan!

4. Keunikan Pasar Terapung, Lok Baintan Banjarmasin

Pasar terapung Banjarmasin photo by @gustiana.x on Instagram

Pasar terapung Banjarmasin photo by @gustiana.x on Instagram via https://www.instagram.com

Mendengar kata pasar, dalam benakmu pasti meimikirkan yang ada di bangunan atau pinggiran jalan. Nah, di Lok Baintan Banjarmasin, Kalimantan Selatan terdapat pasar terapung yang sampai saat ini masih ada. Pasar ini berada di sungai Martapura Banjarmasin. Pasar terapung ini, digunakan sebagai komoditas ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Para pedagang dan pembeli melakukan transaksi niaga menggunakan perahu tradisional ketinting. Pedagang pasar terapung ini, umumnya menjual sayuran, buah-buahan, aneka makanan tradisional dan sebagainya.

5. Wisata alam dan kesegaran suasana di Jantur Inar

Jantur Inar photo by @umiqrivai

Jantur Inar photo by @umiqrivai via https://www.instagram.com

Pulau Kalimantan kerap dijuluki dengan ‚ÄúPulau Seribu Sungai‚ÄĚ karena terdiri dari banyak sungai besar dan kecil yang mengaliri pada setiap Provinsi. Di Kalimantan Timur, selain yang terkenal akan pesona Derawan dan alam yang asri dan terjaga, juga memiliki banyak air terjun yang eksotis.

Di Kampung Temula Kecamatan Nyuata, Kabupaten Kutai Barat memiliki wisata alam air terjun bernama  jantur inar yang memiliki panorama pohon-pohon asri dan suasana sejuk. Suara gemercik air yang turun, menambah kesan alam yang segar.

6. Menengok wisata baru nan unik di Gerbang Jodoh

Pohon gerbang jodoh photo by @zooekma4575 on Instagram

Pohon gerbang jodoh photo by @zooekma4575 on Instagram via https://www.instagram.com

Satu lagi nih, objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Kutai Barat. Terletak di Kampung Melapeh Kecamatan Linggang Bigung. Gerbang Jodoh berada di kawasan wisata alam, yang juga terdapat jantur (air terjun) Tabalas, Jantur Ataai, dan Danau Aco.

Pohon Beringin besar ini, memiliki nama yang unik yaitu Gerbang Jodoh. Pohon Beringin ini berbentuk bahu manusia, karena itu diberi nama  Pohon Gerbang Jodoh. Untuk kamu, para traveler dan punya hobi berpetualang, boleh jadi rekomendasi destinasi yang unik dan berbeda dari tempat  yang lainnya saat berkunjung ke Kutai Barat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE