#DiIndonesiaAja-Inilah 6 Aset Wisata yang Wajib Kamu Datangi saat Berkunjung di Pulau Kalimantan Barat

Aset wisata

Pulau Kalimantan atau sering juga disebut Borneo adalah pulau yang kaya akan kebudayaannya dan kaya akan keindahan alamnya. Pulau Kalimantan juga terkenal dengan hutan tropis dan menjadi salah satu pulau yang kaya akan aset-aset wisatanya. Pulau Kalimantan juga terkenal akan banyaknya perbedaan suku, agama, etnis, dan budayanya.

Advertisement

1. Riam Bedawan

Photo by on twitter_riam bedawan

Photo by on twitter_riam bedawan via https://twitter.com

Riam Bedawan atau bisa dibilang Air Terjun Bedawan, wisata ini berlokasikan di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Riam Bedawan memiliki 7 tingkat air terjun yang mengalir tanpa henti.

Riam Bedawan juga termasuk wisata yang masih asri dan termasuk jarang ditempuh wisatawan. Mengingat lokasi wisata ini di pedalaman hutan dan akses jalan untuk menuju Riam Bedawan ini termasuk sulit. Tetapi hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Advertisement

2. Bukit Padakng

Photo by on twitter_bukit padakng

Photo by on twitter_bukit padakng via https://twitter.com

Aset wisata yang satu ini berlokasikan di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Wisata yang satu ini wajib kalian kunjungi bagi kamu yang punya hobi mendaki. Jalan akses untuk menuju aset wisata ini termasuk mudah dan ketika kalian sampai di puncak Bukit Padakng maka akan langsung disambut dengan luaskan permandangan yang indah.

3. Gunung Bawang

Photo by on twitter_gunung bawang

Photo by on twitter_gunung bawang via https://twitter.com

Gunung Bawang merupakan sebuah gunung yang berlokasikan di 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Lembah Bawang, Kecamatan Lumar, Kecamatan Sungai Betung, dan Kecamatan Bengkayang, dan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dalam pendakian menuju puncak Gunung Bawang banyak perjuangan drama-drama alam, dan tantangan yang akan kalian lalui.

4. Bukit Samabue

Photo by on twitter_bukit samabue

Photo by on twitter_bukit samabue via https://twitter.com

Di Desa Sepahat, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, terdapat aset yang sangat berharga bagi masyarakat di Kecamatan Menjalin. Hutan adat Bukit Samabue bukan hanya terkenal karena hal mistis yang hidup di dalamnya melainkan juga karena aset-aset wisata yang ada di dalam hutan adat Bukit Samabue. Dan bagi para pendaki dari dalam Kalimantan maupun dari luar Kalimantan wajib disarankan untuk berkunjung di hutan adat Bukit Samabue.

Advertisement

5. Riam Dait

Photo by on twitter_riam dait

Photo by on twitter_riam dait via https://twitter.com

Tidak jauh dari pelosok Kota Landak, terdapat aset wisata yang hampir semua orang mengenalnya. Wisata ini bertempat di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Aset wisata ini di sebut Riam Dait ataupun Rombo Dait yang dibalik namanya tersembunyi 7 tingkat air terjun. 

Jadi apakah kalian tidak penasaran dengan keindahan air terjun 7 tingkat dan beralaskan pasir putih? Jika penasaran ayo buruan sekarang jangan mengulur waktu, dan jangan sampai ketinggalan keindahannya.

6. Rumah Radakng

Photo by on twitter_rumah radakng pontianak

Photo by on twitter_rumah radakng pontianak via https://twitter.com

Rumah Radakng merupakan rumah panjang yang menjadi rumah adat bagi suku dayak yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Ini merupakan rumah adat terbesar yang ada di Indonesia dan menjadi aset wisata bagi Kota Pontianak. Rumah Radakng ini terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Rumah adat raksasa ini mempunyai daya tarik tersendiri, karena mempunyai corak yang masih sangat mencerminkan kehidupan suku dayak zaman dulunya. Jadi saya saranin buat kalian yang pengen tau seputar adat-istiadat suku Dayak wajib mengunjungi aset yang satu ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE