#DiIndonesiaAja-Dari Presiden Indonesia ke-6, Para Menteri, sampai Artis-artis Pernah ke Pulau Bintan. Memangnya, Ada Apa Sih di Sana?

Yuk, kenalan (lagi) sama Pulau Bintan.

Dari sekitar 16.000 pulau di Indonesia, Bintan pernah jadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh bapak presiden kita lho, tepatnya di tahun 2011. Bersama jajaran menteri dan didampingi oleh (Alm) Ibu Ani Yudhoyono, bapak SBY telah meresmikan Bintan sebagai kawasan wisata terpadu yang disebut dengan “Pesona Lagoi Bintan.” 

Nah, nggak cuman itu, artis-artis juga udah banyak banget lho yang datang ke sini. Siapa aja ya? Tunggu tulisanku berikutnya yah. Lalu, memangnya ada apa di Bintan? Tenang, aku yakin siapapun yang membaca artikel kali ini, akan semakin percaya bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dan sangat indah. Yuk, kenalan (lagi) sama Pulau Bintan.

Advertisement

1. Banyak Hotel Berbintang 5 Berkelas Dunia dengan Keunikan dan Keindahan Alam yang Natural

Angsana Bintan

Angsana Bintan via https://www.angsana.com

Seperti yang sudah ku beritahu di atas, Pulau Bintan sangat terkenal dengan daerah Lagoi, sebuah kawasan wisata terpadu yang keren banget. Kamu bisa langsung lihat foto hotel-hotel di website-nya yang harganya sesuai dengan fasilitas, keindahan alam, dan pelayanannya yang terbaik.

Kamu pasti mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan disini. Diantaranya ada hotel Banyan Tree, Cassia, Angsana, Nirwana Gardens, Club Med, Natra Bintan, The Anmon, Grand Lagoi, dan masih banyak lagi. 

Advertisement

2. Bintan Sering Dijadikan Tempat Perlombaan Ragam Olahraga Internasional

Tour de Bintan

Tour de Bintan via https://www.tourdebintan.com

Lokasinya yang cukup privat dan strategis (berseberangan dengan Singapura) membuat Bintan menjadi lokasi yang pas untuk perlombaan ragam olahraga tingkat internasional, seperti Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Ironman Bintan, Spartan Race, Mandiri Bintan Marathon dan KasmaRUN Bintan. Oleh sebab itu, peserta lomba tidak hanya masyarakat Indonesia, namun peserta mancanegara juga banyak banget.

Sudah kebayang belum nih, betapa semaraknya Bintan kalau sudah ada kegiatan-kegiatan ini? Ngeliatin bule balapan sepeda terus lewatin rumah itu sesuatu lho hahaha. Tapi tenang, acara-acara tersebut sangat teratur karena melibatkan banyak pihak, seperti pemerintah setempatm kepolisian, tim medis, dan lain-lain. Pokoknya, Bintan pasti cocok banget buat kalian yang suka liburan sambil olahraga. Buruan cek jadwal kegiatannya.

3. Pantai di Bintan Banyak Banget dan Indah-Indah

Advertisement
Pantai Lagoi

Pantai Lagoi via https://www.pergidulu.com

Dilihat dari fotonya, sudah seperti Bali, belum? Pantai-pantai di Bintan itu memang indah-indah banget. Kalian tidak akan kehabisan ide mau ke pantai mana saja kalau sedang di Bintan. Karena pulaunya yang cukup kecil, menurutku dalam waktu 3 jam, kita sudah dapat menempuh pantai yang terletak paling ujung ke ujung (bisa dikira-kira Tanjung Uban Tanjung Pinang).

Hints-nya adalah: Kalau kamu ke Bintan transit Batam dulu, maka kamu perlu menyeberang dengan speedboat selama 15 menit dan sampai di Tanjung Uban. Kalau kamu direct flight dari luar kota ke Bintan, kamu akan tiba di Bandara Fisabilillah, Tanjung Pinang. Jadi, kalau kamu suka pantai, bisa langsung jadikan Bintan salah satu referensi buat jalan-jalanmu berikutnya. 

Ini aku kasih tahu beberapa yah: ada Pantai Trikora yang panjang dan beragam titik lokasinya, Pantai Sakera, Pantai Lagoi, Pantai Hamid, Pantai Senggiling, dan tentunya pantai-pantai yang ada di lokasi hotel-hotel di Bintan.

4. Kolam Renang Terpanjang Se-Asia Tenggara Ada Di sini

Treasure Bay Bintan

Treasure Bay Bintan via https://bintantravel.net

Nah, berikutnya adalah Treasure Bay, kolam renang terpanjang se-Asia Tenggara yang cuman ada di Bintan, Indonesia! Panjang kolam mencapai 800 meter dan kedalamanannya bervariasi hingga mencapai 2,5 meter. Sudah kebayang belum menghadap kolam renang sepanjang 800 meter dan kira-kira, sanggup nggak ya berenang dari ujung ke ujung? 

Tenang, nanti bakalan aku tulisin artikel lain yang membahas Treasure Bay, Kolam Renang Terpanjang Se-Asia Tenggara. Akan aku tulis lebih detail, jadi kalian punya gambaran kalau mau masuk ke sini. Ditunggu yah hehe.

5. Sebelahan dengan Singapura, di Bintan Ada Pelabuhan Internasional

Pelabuhan Ferry Bandar Bentan Telani

Pelabuhan Ferry Bandar Bentan Telani via https://www.bintan-resorts.com

Hanya dengan menempuh waktu 1 jam menggunakan kapal ferry melalui Bandar Bentan Telani Ferry Terminal, dari Bintan kita bisa langsung menyeberang ke Singapura. Tentunya kelengkapan dokumen juga diperlukan, kita perlu bawa passport dan harga tiketnya mulai dari SGD $45 atau setara Rp.473.000 saja.

Kalian bisa beli tiketnya melalui websitenya atau bisa langsung beli tiketnya ditempat lho. Bakalan nyaman banget kalau kalian mau lanjutin perjalanan ke Singapura. Nantinya kalian bakalan tiba di Tanah Merah Ferry Terminal, Singapura. Pokoknya, liburan ga pake nanggung deh. Jadi, sudah ada gambaran belum untuk trip-plan-mu ke Bintan? Hehe.

Sekian dulu perkenalan atau funfact tentang pulau Bintan kali ini. Semoga referensi liburan kalian bertambah ya, makin mengenal Indonesia, dan nantinya bisa menikmati keindahan Bintan yang tak terbatas. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE