#DiIndonesiaAja-Hangout ke Bumi Sukowati? Yuk Intip 7 Tempat Wisata Ini, Sederhana Tapi Mempesona Lho.

Ancient of Java Punya Cerita

Hai sobat travelers, pasti sudah kangen liburan kan? Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa liburan lagi. Disini, ada 7 tempat wisata yang recommend buat destinasi liburan kamu lho. Yukk langsung meluncur ke Bumi Sukowati. Bumi sukowati, begitulah masyarakat menyebut nama lain salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah yaitu Sragen.

Sragen yang dikenal dengan mottonya ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah) dikenal memiliki banyak tempat wisata yang siap memanjakan diri kamu selama liburan. Bahkan, Sragen memiliki tempat wisata yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO lho. Penasaran? Yuk intip tempat wisatanya berikut ini:

Advertisement

1. Ndayu Park – Taman rekreasi 3 in 1

Photo by Sugiono on perpus.jatengprov.go.id

Photo by Sugiono on perpus.jatengprov.go.id via https://perpus.jatengprov.go.id

Ndayu park menjadi salah satu taman rekreasi yang paling banyak dikunjungi selama musim liburan bersama keluarga, teman, sahabat maupun kerabat. Ndayu park yang berlokasi di Saradan, Karangmalang menawarkan wahana-wahana air hingga wahana pemacu adrenalin seperti kolam renang, sepeda air bebek, perahu, flying fox dan  masih banyak lagi. Ndayu park juga memiliki mini zoo sehingga pengunjung diharapkan dapat melihat satwa-satwa langka yang dilindungi sambil bermain.

Selain itu, Ndayu park juga menyuguhkan agro wisata untuk para pengunjung salah satunya kebun buah naga. Bahkan, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Sragen misalnya bothok mercon.

Advertisement

2. Museum Sangiran – Museum purbakala yang mendunia

Photo by Aninditya Ardhana Riswari on goodnewsfromindonesia.id

Photo by Aninditya Ardhana Riswari on goodnewsfromindonesia.id via https://www.google.com

Museum Purbakala Sangiran berlokasi di Kalijambe, Sangiran menyuguhkan puluhan ribu fosil-fosil langka kehidupan pra sejarah berjuta-juta tahun yang lalu. Karena banyaknya penemuan fosil-fosil tersebut, Sragen mendapat julukan sebagai kota fosil atau Ancient of Java. Museum Sangiran menjadi museum purbakala terlengkap di Asia yang telah diakui dunia dan sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO tahun 1977.

Selain pameran fosil-fosil, pengunjung juga dapat menyaksikan film-film dokumenter pra sejarah manusia lho. Oleh karena itu, museum sangiran selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Yukk berwisata sambil belajar di Museum Sangiran.

3. Menara Pandang Museum Sangiran – Jangan skip! Yuk abadikan momenmu disini

Photo by Mapio.net

Photo by Mapio.net via https://mapio.net

Saat kamu berkunjung ke Museum Sangiran, jangan lewatkan tempat yang ngga kalah kece satu ini yaitu menara pandang. Kamu dapat menikmati pesona keindahan Museum Sangiran dan alam pedesaan disekitarnya dari bagian atas Menara Pandang lhoo. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati waktu santai dengan membaca berbagai buku yang ada di perpustakaan Menara Pandang bagian bawah. Menara Pandang ini sangat cocok buat kamu yang suka foto-foto selfie dengan spotnya yang instagramable.

Advertisement

4. Waduk Kedungombo-Waduk perbatasan yang mengesankan

Waduk Kedungombo termasuk salah satu waduk besar di Indonesia yang letaknya di perbatasan 3 kabupaten sekaligus yaitu Sragen, Grobogan, dan Boyolali. Pengunjung dapat menikmati dan menjelajahi waduk dengan perahu, memancing ikan, wisata kuliner di rumah terapung, dan outbond.

Kamu juga disuguhkan kuliner yang berbahan utama ikan segar hasil tangkapan langsung. Meskipun jalan menuju waduk sedikit menantang, tetapi kamu akan terpesona dengan keindahan alam pedesaan yang sejuk, rimbun dan asri. Selain sebagai objek wisata, Waduk Kedungombo juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

5. Waduk Ketro – Sunrise dan sunset di tanah ASRI

Photo by @khoirunnisa_pipit on instagram

Photo by @khoirunnisa_pipit on instagram via https://www.instagram.com

Hampir setiap orang menyukai sunrise dan sunset, bukan? Umumnya orang-orang menyaksikan fenomena alam tersebut di pantai/puncak gunung. Kini kamu tidak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk menikmatinya. Kamu dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset di waduk ketro yang berada di Tanon, Sragen.

Meskipun tidak sebesar dan sepopuler waduk yang lain, Waduk Ketro menyuguhkan pemandangan yang menawan saat sunrise dan sunset, alam pedesaan yang masih asri dan tiupan angin sepoi-sepoi siap memanjakan dirimu. Waduk ketro sangat cocok untuk kamu yang ingin me-refresh diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, kamu juga tidak perlu membayar saat berkunjung ke waduk ketro alias gratis.

6. Kedung Grujug–Pesona tersembunyi mini air terjun Sragen

Photo by Utami Evi Riyani on Okezone.com

Photo by Utami Evi Riyani on Okezone.com via https://travel.okezone.com

Kedung Grujug, salah satu wisata baru dan tersembunyi yang berlokasi di Miri, Sragen. Orang-orang bilang keindahan dan ke-eksotisan Kedung Grujug mirip dengan air terjun Niagara tetapi versi mini. Airnya yang dingin dan menyegarkan ditambah angin yang bertiup sepoi-sepoi dan keasrian alam pedesaan sekitar memikat siapapun untuk datang.

Akses jalan menuju kedung grujug sedikit menantang dan terpelosok ke dalam pedesaan, tetapi lelahmu akan terbayarkan semua saat melihat pesona kedung grujug. Kedung Grujug ini sangat cocok dan direkomendasikan sebagai tempat untuk menyegarkan hati dan pikiran. Yukk nikmati dan rasakan ke-eksotisan air terjun mini ini, jangan sampai terlewatkan yaa.

7. Pemandian Air Panas Bayanan-Rasakan sensasi mandi air panas sekaligus terapi di sini

Photo by Official Kabupaten Sragen on sragenkab.go.id

Photo by Official Kabupaten Sragen on sragenkab.go.id via http://www.sragenkab.go.id

Jika umumnya kolam renang ataupun wahana air lainnya menggunakan air yang dingin dan menyejukkan, berbeda halnya dengan objek wisata bayanan ini. Wisata air panas Bayanan ini menyajikan sensasi mandi dengan menggunakan air panas. Air panas Bayanan ini mengandung belerang yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal, menghilangkan jerawat dan pegal-pegal, menyegarkan tubuh bahkan membuat awet muda lhoo.

Objek wisata yang berlokasi di sebelah tenggara Kabupaten Sragen tepatnya Desa Jambeyan, Sambirejo tidak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya pemandian air panas saja, objek wisata Bayanan ini juga menyuguhkan kolam renang, taman bermain anak, jalan setapak, hutan wisata dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas lainnya. Penasaran? Yukk segarkan dirimu dan rasakan sensasi mandi air panas Bayanan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Carnation, Blue, and Sky

CLOSE