#DiIndonesiaAja–Apa Balikpapan itu Kota yang Letaknya di Balik Papan Tulis? Atau di Balik Lemari? Yuk Kenali Destinasi Wisata di Kota Balikpapan

destinasi wisata di balikpapan

Kota Balikpapan dengan slogan Kota Beriman (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman) memiliki julukan kota minyak atau Banua Patra. Balikpapan menjadi salah satu jalur menuju Kalimantan dengan adanya Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang. Suku asli Balikpapan yaitu Suku Balik, Banjar, Kutai, Dayak, Paser, dan Tidung (Bakudapati). Lalu semakin banyak pendatang dari Jawa, Sulawesi, serta wilayah Indonesia lainnya. Kota berpenduduk kurang lebih 700 ribu jiwa ini memiliki luas wilayah 503,3 km persegi. Kota ini adalah kota kedua terbesar di Kalimantan Timur setelah Samarinda.

Tetapi, bukan hal itu saja yang menjadikan kota Balikpapan banyak diketahui orang. Balikpapan memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk ditelusuri. Berikut destinasi wisata di Balikpapan.

Advertisement

1. Pantai Lamaru

Photo by AZWISATA.COM

Photo by AZWISATA.COM via https://bit.ly

Salah satu pantai yang menarik di Balikpapan adalah Pantai Lamaru. Pemandangan yang tidak biasa, pantai berpasir putih yang indah.  Di sini Anda akan menikmati ketenangan, kenyamanan, dan kesejukan karena pantai Lamaru dikelilingi oleh pepohonan cemara yang rimbun. Air di sekitar pantai sangat jernih, sehingga Anda dapat menikmati keindahan dibawah laut.

]Ombaknya juga tidak begitu besar dan juga merasakan angin sepoi-sepoi disini. Pantai Lamaru berada di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Lamaru. Jarak dari pusat kota Balikpapan sekitar 24 km.

Advertisement

2. Pantai Manggar Segara Sari

Photo by AZWISATA.COM

Photo by AZWISATA.COM via https://bit.ly

Pantai Manggar Segara Sari atau Pantai Manggar adalah salah satu wisata favorit di Balikpapan. Pantai dengan luas 13.000m2 memiliki air laut yang jernih, gelombang yang kecil, serta pasir yang putih, menjadikannya tempat yang nyaman bagi mereka yang ingin bermain, berlayar maupun voli pantai.

Di sekitar pantai juga banyak dijumpai tempat penyewaan pelampung. Pohon-pohon di sekitar pantai memberikan kesan teduh dan sejuk. Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, sekitar 9,5 Km dari Bandara Internasional Sepinggan atau sekitar 20 km dari pusat kota.

3. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Advertisement
Photo by Edratna on Borneos

Photo by Edratna on Borneos via https://bit.ly

KWPLH Balikpapan sebelumnya adalah kawasan agrowisata, namun sekarang fungsinya telah berganti. Daya tariknya sekarang adalah tujuh ekor beruang madu yang menjadi lambang Kota Balikpapan. Ketujuh beruang ini ditempatkan di dalam hutan buatan seluas 1,3 hektar yang dikelilingi pagar.

Sebuah jalan papan (boardwalk) ditempatkan di atas tanah mengelilingi zona tersebut. Wisatawan dapat mengelilingi habitat beruang, yang dibuka pada pukul 09:00 hingga 17:00 (tutup selama satu jam dari pukul 14:00 untuk pemberian makan). KWPLH Balikpapan terletak di Jalan Soekarno Hatta Km. 23 No 185 RT. 42 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.

4. Lapangan Merdeka

Photo by Chaz Tumbelaka on Pinterest

Photo by Chaz Tumbelaka on Pinterest via https://bit.ly

Lapangan Merdeka setiap hari Minggu digunakan sebagai area bebas kendaraan (car free day). Pada hari itu semua kendaraan dilarang melintas mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WITA. Setiap Minggu pagi dilakukan senam sehat oleh instruktur senam sukarelawan.

Di Lapangan Merdeka juga banyak kuliner yang dapat mengisi perut Anda ketika kelaparan setelah berolahraga. Yang paling banyak adalah salome, jika Anda ingin makan berat Anda dapat membeli nasi padang ataupun makanan lainnya di rumah makan di sekitar Lapangan Merdeka. Jika Anda masih ingin berwisata, di seberang Lapangan Merdeka terdapat lokasi pantai yang memberikan kesegaran di pagi hari.

5. Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan

Photo by Madinatuliman.com

Photo by Madinatuliman.com via https://bit.ly

Gaya model bangunan Balikpapan Islamic Centre berkiblat pada Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, mulai dari kubah masjid ataupun payung-payung teduh yang terletak di bagian depan masjid. Desain yang serupa dengan Masjid Nabawi juga bisa dilihat dari mihrab Masjid dan mimbar.

Keberadaan kubah dan payung teduh sebagai simbol syiar Islam di Balikpapan yang membawa pesan Islam sebagai pelindung umat manusia. Jumlah payung teduhnya ada enam buah sebagai simbol rukun iman. Terdapat sebuah menara besar dengan tinggi 68.2 meter. Fungsi menara ini tak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik masjid. Akan tetapi juga berfungsi sebagai eksibisi dan pusat informasi yang dilengkapi dengan antena komunikasi setinggi 16.2 meter. Menara ini juga berfungsi untuk pengamatan astronomi dan hilal yang biasa digunakan untuk menentukan mulainya Ramadhan dan Syawal.

Masjid Madinatul Iman adalah masjid utama yang terletak di kawasan Islamic Centre Balikpapan (BIC) di Jalan Belibis Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Itu dia beberapa destinasi wisata yang gak membuat Anda menyesal saat berlibur ke kota Balikpapan. Jangan lupa juga untuk ikutan Kompetisi Menulis #DiIndonesiaAja, ya. Karena #WonderfulIndonesia, sayang ‘kan kalau keindahan daerahmu nggak diketahui oleh banyak orang? Selamat menulis!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE