#DiIndonesiaAja-Malang Si Raja Kampung Tematik, Sempatkan Mengunjunginya dan Nikmati Keindahannya.

Kampung Tematik Malang

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Malang memiliki ruang lingkup tempat wisata yang luas seperti Jogjakarta dan Bali. Jika sobat sedang berada di Malang cobalah berkunjung di berbagai tempat wisata. Sobat bisa mencoba mulai dari wisata alam, kesenian, olahraga, edukasi sampai kuliner. Yang pasti sobat tidak akan pernah bosan ketika berjalan-jalan di Malang. Saya sendiri menghitung ada sekitar 100 tempat wisata yang bisa sobat kunjungi itu yang terhitung ya, belum yang tidak sempat terhitung.

Tapi teristimewa kali ini sobat Hipwee, saya ingin membahas lebih mengenai kampung tematik. Nah, kampung tematik ini adalah hitsnya wisata di Malang. Jadi, kalau sobat jalan-jalan ke Malang tapi tidak ke kampung tematik pasti rasanya ada yang kurang afdol. Tapi, kampung tematik itu apa ya? Sederhananya kampung tematik seperti namanya adalah suatu kampung yang mengusung suatu tema tertentu sebagai ciri khasnya dan mempergunakannya untuk kebaikan sosial dan ekonomi masyarakat di lingkungan tersebut.

Apa sobat tahu kampung Warna Warni Jodipan? Ya, kampung Warna Warni Jodipan termasuk salah satu dari sekian banyak kampung tematik yang berada di Malang. Kira-kira selain kampung Warna Warni Jodipan, kampung tematik apa lagi ya yang menarik dikunjungi di Malang?

Tenang, spesial untuk kali saya akan membahas lima kampung tematik hits untuk menghabiskan waktu di Malang raya. Jadi terus dengerkan cerita saya ya.

Advertisement

1. Kampung Gerabah Penanggungan

credit by: kerajinanindonesia.id on web

credit by: kerajinanindonesia.id on web via https://kerajinanindonesia.id

Jika sobat bosan dengan akhir minggu yang biasa saja. Mungkin sobat wajib mengujungi Kampung Gerabah Penanggungan, di Kecamatan Klojen ini. Dijamin sobat tidak akan bosan menghabiskan waktu karena disini sobat bisa belajar membuat kerajinan gerabah dan menikmati hiasan mural yang bercerita tentang sejarah.

Kalau saya suka sekali dengan kegiatan membuat gerabah disini. Saya jadi bisa membanggakan diri berhasil membuat gerabah yang katanya sulit itu loh dan yang lebih penting mengisi isi feed instagram saya. Hihihi

Advertisement

2. Kampung Warna Warni Jodipan

photo by @yoanmshn_ on instagram

photo by @yoanmshn_ on instagram via http://instagram.com

Hayo, ngaku siapa yang suka selfie disini? Hahaha, saya juga suka nih. Sama dong, gimana kalau sobat berkunjung ke Kampung Warna Warni di Kecamatan Jodipan, Malang. Di sini sobat bisa sepuasnya berswafoto keren seperti di Rio de Janeiro, Brazil.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk menikmati wisata Kampung Warna Warni sobat akan dikenakan biaya 3000 (tahun 2018) untuk retribusi dan itupun sobat akan diberikan stiker sebagai kenang-kenangan. Mau ikut foto juga? Ayo rencanakan perjalanan selajutnya ke Kampung Warna Warni.

3. Kampung Heritage Kayutangan

Advertisement
credit by: dakatour.com on web

credit by: dakatour.com on web via https://www.dakatour.com

Sesuai namanya Kampung Heritage ini memang tempatnya di daerah Kayutangan, Klojen sobat. Dibandingkan kampung tematik sebelumnya Kampung Heritage ini lebih menekankan pada aspek sejarah. Sejarah ya, apa jadinya tidak membosankan kalau berkunjung ke sini?

Tidak sama sekali, di sini sobat akan menikmati suasana vintage khas era kolonial yang cocok untuk berswafoto. Yang pastinya kesannya seperti berjalan-jalan di Eropa. Selain itu sobat bisa mencoba keseruan menjajal berbagai permainan lawas yang masih terjaga di tempat ini.

4. Kampung Lampion Wangi

Photo by: tirtajayatavel.com on web

Photo by: tirtajayatavel.com on web via https://188183-854386-raikfcquaxqncofqfm.stackpathdns.com

Jalan-jalan memang paling enak kalau bawa pasangan atau keluarga ya. Nah, kalau sobat Hipwee sedang jalan-jalan ke Malang. Tidak salah kalau sobat coba mengunjungi kampung tematik yang satu ini dengan pasangan.

Kenapa? Suasana di tempat ini sangat romantis ketika malam hari apalagi kalau bawa gandengan. Uwu. Kalau sobat tertarik berkunjung ke kampung ini lokasinya di Jalan H. Juanda Gang IX A, Kelurahan Jodipan, Kabupaten Blimbing, Malang ya.

5. Kampung Topeng Desaku Menanti Polowijen

Photo by:  reservasi.com on web

Photo by: reservasi.com on web via https://blog.reservasi.com

Jangan kaget ya sobat hipwee kalau pertama kali datang kesini akan disambut dengan dua topeng raksasa. Hihihi. Kedua topeng raksasa tersebut merupakan penggambaran Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji, karakter dalam wayang topeng cerita Panji khas Malang. Sobat juga bisa mencoba berfoto dengan berbagai macam topeng Malangan dengan warna dan model yang berbeda satu sama lain.

Oh, iya kalau sudah kesini. Jangan lupa mencoba untuk membuat dan mewarnai topeng buatan sobat sendiri. Kan keren kalau bisa bawa oleh-oleh ke rumah sambil pamer ke keluarga, “Ma Pa ini topeng buatanku sendiri, keren kan?” Kalau sobat masih merasa kurang, sobat juga bisa membeli keripik dan kerajinan topeng di stand yang tersedia. Jadi, pengen punya koleksi topeng Malangan juga? Segera datangi Kampung Topeng Desaku Menanti di Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Malang sekarang juga.

6. Di Balik Indahnya Kampung Tematik

credit by: kanalwisata.com on web

credit by: kanalwisata.com on web via https://kanalwisata.com

Oh, ya. Perlu juga sobat Hipwee ketahui pada awalnya beberapa kampung tematik ini memiliki kisahnya yang tak terduga. Pada awalnya ada yang bekas kampung rehabilitasi sosial, ada mulanya pemukiman kumuh, dan ada juga yang dibentuk karena keprihatinan terhadap eksistensi budaya di masyarakat.

Tapi ada satu hal yang sangat saya apreasiasi dari kisah kampung tematik di Malang. Sinergi masyarakat dan Pemda setempat berhasil menghasilkan tempat wisata yang kita kenal saat ini. Saya harap kedepannnya lebih banyak lagi tempat wisata di Indonesia yang mengangkat nilai sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup lebih baik lagi.

7. Penutup dari saya

credit by: gunungapipurba.com on web

credit by: gunungapipurba.com on web via http://gunungapipurba.com

Demikian kisah saya mengenai lima kampung tematik di Malang. Selain kelima kampung tematik diatas, Malang masih memiliki banyak kampung tematik lainnya yang bisa sobat kunjungi. Nah, kelima kampung tematik tadi adalah daftar teratas untuk sobat Hipwee kunjungi menurut rekomendasi saya.  Memang ya di Malang maupun Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat wisata yang bisa sobat kunjungi dan dijamin tidak bakal habis bertahun-tahun. Jadi, setelah pandemi berakhir. Bagaimana kalau sobat merencanakan berpergian di wilayah Indonesia seperti saya?

Selama pandemi ini pasti kita merasa bosan dengan kegiatan di rumah dan ingin sekali-kali rasanya jalan-jalan ke luar rumah. Sayangnya pandemi covid 19 belum selesai dan memaksa kita tetap di rumah. Nah, sobat bisa mencoba mengobati kerinduan dengan travelling dari rumah menggunakan virtual tour ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini juga akan sangat membantu sobat dalam perencanaan perjalanan ketika pandemi berakhir. Sobat juga bisa memesan oleh-oleh khas dari sana loh.. Jadi, walupun jalan-jalannya virtual  oleh-olehnya tetap faktual. Wah, jadi berasa liburan beneran dari rumah ya.

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang juga sobat bisa menikmati destinasi impian di Indonesia bersama orang tersayang. Jangan lupa berbagi cerita sobat di kolom komentar ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE