#DiIndonesiaAja-Menengok Lebih Dalam Surga Tersembunyi di Sumatera Utara yang Menakjubkan

Salah satu wisata menakjubkan di Indonesia

Liburan adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Liburan dapat membuat kamu melupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Sebelum berlibur tentunya kamu harus menyiapkan daftar destinasi menarik yang harus dikunjungi. Tapi tenang saja karena dengan #DiIndonesiaAja kamu ngga bakalan kehabisan destinasi untuk menikmati liburanmu. 

Indonesia memiliki banyak pilihan provinsi yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara wajib masuk ke dalam list liburan kamu karena banyak sekali wisata alam yang menakjubkan dan menyegarkan mata. Disini Hipwee punya beberapa rekomendasi tempat wisata buat kamu penyuka adventure dan pencinta alam. Yuk, simak jangan sampai ada yang terlewat.

Advertisement

1. Bukit holbung

Bukit Holbung

Bukit Holbung via https://commons.wikimedia.org

Berlokasi di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Bukit Holbung menawarkan pesona padang sabana yang begitu luas disertai dengan panorama alam yang menakjubkan.

Bukit Holbung tidak hanya menawarkan pemandangan perbukitan hijau saja tapi kamu juga bisa sekaligus menikmati keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Penduduk sekitar juga menyebut bukit ini sebagai “Bukit Teletubbies” karena bukit yang tampak mulus dan dipenuhi dengan indahnya rerumputan hijau.

Advertisement

Selain berkunjung dan hunting foto, kamu juga bisa lho untuk berkemah atau nge-camp disini mengingat view sunset di Bukit Holbung sangat indah dan sulit untuk dilupakan. Maka tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Bukit Beta

Bukit Beta, Tuk Tuk

Bukit Beta, Tuk Tuk via https://www.deviantart.com

Selain Bukit Holbung, tempat selanjutnya yang tidak kalah indah untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian adalah Bukit Beta. Belokasi di Desa Tuk-tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Bukit Beta memiliki suasana pedesaan mirip seperti di Switzerland.

Advertisement

Seperti halnya di Bukit Holbung, di Bukit Beta kamu juga akan disuguhi hamparan padang rumput yang luas, hijaunya perbukitan, serta panorama Air Terjun Cinta saat cuaca cerah. Terlebih dengan lokasi bukit yang menghadap ke sisi timur menjadi spot sunrise favorite bagi para pengunjung.

Bahkan, banyak juga pengunjung yang memasang tenda dibagian puncak berhubung angin yang tidak begitu kencang dan hamparan padang rumput yang indah menjadi alasan utama. Dijamin ngga nyesel deh kalau kamu datang ke tempat ini. Cocok buat kamu yang suka foto-foto sambil menikmati indahnya alam.

3. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara via https://id.m.wikipedia.org

Apakah kamu berpikir ini adalah Lembah Stryn di Norwegia? Bukan, ini adalah Lembah Bakkara yang terletak di wilayah pinggiran barat daya Danau Toba. Tempat ini dibelah oleh dua aliran sungai deras yaitu Aek Silang dan Aek Simangira.

Bakkara terkenal dengan Aek Sipangolu atau jika diartikan adalah air kehidupan. Konon katanya, orang yang berendam atau meminum air Aek Sipangolu akan sembuh dari segala jenis penyakit. Selain itu, lembah ini juga terkenal dengan sejarahnya karena merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII.

4. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Air Panas Dolok Tinggi Raja

Air Panas Dolok Tinggi Raja via https://commons.wikimedia.org

Pasti kamu kebingungan bagaimana bisa salju tapi panas? Salju disini bukan seperti salju-salju di luar negeri yang dingin tapi sebuah kawah yang didominasi dengan warna putih mirip dengan salju. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja ini memiliki ciri khas dengan bukit berwarna putih yang berasal dari bebatuan kapur.

Tempat ini mirip seperti danau dan ditengahnya terdapat danau air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap. Namun, untuk mengunjungi tempat ini kamu harus bersiap-siap melewati perjalanan yang cukup menantang.

Perjalanan darat dari kota Medan ke Kawasan ini menempuh waktu 3 jam dengan kondisi jalanan yang tidak beraspal dan penuh bebatuan di sepanjang 10 km mendekati Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Meski begitu, perasaan lelah kamu pasti akan terbayarkan setelah berendam di air panas dan menikmati pemandangan alam sekitar.

5. Air Panas Sipoholon

Air Panas Sipoholon

Air Panas Sipoholon via https://www.pengawal.id

Tidak perlu jauh-jauh ke Turki buat nikmatin Air Panas Pamukkale ternyata Indonesia juga punya lho tempat seperti ini.

Berlokasi di di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara kamu bisa menikmati sensasi pemandian air panas dengan pemandangan yang menakjubkan. Di sini airnya mengandung belerang yang cukup tinggi. Belerang dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan mengobati berbagai macam penyakit.

Selain itu, buat kamu yang suka trekking kamu wajib ke puncak bukit kapur dengan jarak sekitar 30 sampai 50 meter. Di puncak bukit kamu akan disuguhi pemandangan indah berupa endapan kapur berwarna putih bersih seperti salju.

6. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun via https://www.pariwisatasumut.net

Air terjun ini adalah yang paling ikonik di Sumatera Utara mengingat letaknya yang dekat dengan Danau Toba. Akses menuju tempat ini hanya menggunakan transportasi air dengan menyewa kapal dari harga Rp. 1.000.000 sampai Rp. 2.500.000.

Walaupun harganya terbilang cukup mahal tapi kapal ini bisa mengangkut penumpang hingga 50 sampai 100 orang. Jadi bagi kamu yang berencana berkunjung kesini disarankan untuk bersama rombongan agar biaya terasa lebih ringan.

Selain itu buat kamu yang memiliki kemampuan berenang profesional kamu juga bisa berenang disini. Tapi perlu diingat untuk tetap hati-hati bagi pemula dan anak-anak karena arus air yang cukup deras dan kuat.

Konon katanya, jika seseorang mandi dibawah air terjun akan segera bertemu dengan jodohnya. Jomblo pasti udah ngga sabar nih buat nyobain mandi disini!

7. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso via https://jejakpiknik.com

Air terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, atau di bagian utara tepi Danau Toba dengan ketinggian kurang lebih 800mdpl. Air terjun ini termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia. Kata piso dalam nama air terjun ini diambil dari kata pisau karena derasnya air yang berjatuhan dari bukit begitu curam dan tajam seperti sebuah pisau.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati air terjun dari dekat membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan menuruni kurang lebih 500 anak tangga. Walaupun terasa melelahkan tapi dijamin akan langsung terbayarkan dengan pesona air terjun yang indah serta pemandangan bukit-bukit tinggi yang diselimuti pepohonan yang rindang.

8. Bukit Paropo Silalahi

Bukit Paropo Silalahi

Bukit Paropo Silalahi via https://www.tripadvisor.co.id

Bukit Paropo yang berlokasi di Desa Paropo, Kecamatan Silalahi ini menyajikan perbukitan hijau yang luas disertai dengan kilauan warna biru dibawahnya. Bahkan saking hijau dan mulusnya pengunjung menamakan bukit ini sebagai Bukit Teletubbies.

Selain tempat yang instagramable banget buat kamu yang suka foto-foto disini kamu juga bisa camping lho. Di malam hari, kamu akan disuguhi indahnya langit yang disertai bintang-bintang terang untuk menemani tidurmu.

Tidak hanya itu, disini kamu juga bisa memancing di pinggir danau sambil menikmati pemandangan bukit-bukit disekitarnya.

9. Aek Rangat Panguruan

Aek Rangat Panguruan

Aek Rangat Panguruan via https://twitter.com

Aek rangat atau yang diartikan dengan air panas karena berlokasi persis dibawah kaki Gunung Pusuk Buhit, titik tertinggi danau toba. Air panas ini berasal dari sumber mata air yang keluar dari batuan berwarna putih atau batu kapur.

Tapi di sini kamu jangan mencoba-coba untuk menggunakan air panas tersebut untuk mandi karena suhunya yang cukup tinggi. Bagi kamu yang mau merasakan sensasi air di sini cukup dengan mengambilnya dari celah-celah batu karena air masih tergolong hangat.

Jika kurang puas bermain air di sini, dikawasan kaki gunung banyak penduduk yang membuka kolam-kolam pemandian yang telah diatur tingkat panasnya. Harga untuk menyewa kolam pemandianpun beragam mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 kamu sudah bisa menikmati segarnya air panas  dengan pemandangan begitu indah.

10. Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala via https://www.jendelasastra.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan air terjun ini. Iya, ini adalah air terjun yang dijadikan lokasi syuting film King Kong di tahun 2005. Air terjun ini berada di Pulau Mursala, sebuah pulau di antara Sumatra dan Pulau Nias, di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 m dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, membuat aliran air langsung jatuh ke laut.

Biasanya air terjun memiliki sungai, tapi disini kamu tidak akan menemukannya. Air terjun Mursala berasal dari luberan danau kecil yang terbentuk dari cekungan batuan yang menampung air hujan dan air tanah dari hutan di sekitar Pulau Mursala. Ketika air dalam cekungan itu penuh, air akan meluber ke tempat yang lebih rendah dan langsung jatuh ke laut menjadi air terjun.

Untuk menikmati air terjun unik ini, kamu perlu menyewa sebuah kampal stempel di Pulau Pandan. Kapal menawarkan paket seharga Rp. 1.800.000 dengan kapasitas maksimal 15 orang. Jangan lupa bawa alat snorkeling ya jika berkunjung kesini karena arus air yang cukup kencang dan agak melelahkan tanpa bantuan kaki katak!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE