#DiIndonesiaAja-Mengenal Indahnya Wisata Lumajang, Dijamin Liburan Makin Seru dan Berkesan Ketika Menjelajah Kota yang Satu Ini.

Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Sebelum mengenal lebih dekat dengan kabupaten satu ini, kalian pasti telah mengenal istilah wilayah tapal kuda di Jawa Timur, yaitu sebutan untuk kawasan yang terdiri dari sebagian Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Mungkin dari nama-nama kota tersebut yang jarang terdengar dalam benak kalian salah satunya ialah Kabupaten Lumajang. Kota yang terkenal dengan Pisang Agungnya ini, selain tempat bertenggernya Gunung tertinggi di Pulau Jawa, di sekitar kaki Gunung Semeru ternyata menyimpan banyak keindahan yang wajib kita tahu.

Advertisement

1. Dari Ujung Utara Ada Wisata B29

Pemandangan dari Puncak B29

Pemandangan dari Puncak B29 via https://www.eastjava.com

Terletak berbatasan langsung dengan kota Probolinggo di paling utara Lumajang dan juga masih merupakan gugusan Pegunungan Tengger Semeru, bukit B29 ini menjadi wilayah andalan untuk menyaksikan keindahan lautan awan dan sunrise di pagi hari dengan pesona alam yang memukau.

Dari Puncak bukit, jika kita menghadap ke sisi timur dan selatan maka kita akan menyaksikan hamparan jurang dan perbukitan yang menakjubkan. Sedangkan jika kita menghadap sisi utara, maka kita akan menyaksikan langsung hamparan padang pasir pegunungan Bromo. Buat kalian yang ingin mendaki tapi tak punya banyak waktu dan tenaga, spot ini bisa jadi pilihannya, dijamin pemandangan yang kita dapat tak kalah dengan gunung-gunung tinggi lainnya.

Advertisement

2. Biar Kekinian Yuk Mampir Ngopi di Kawasan Hutan Siti Sundari

Cafe Wisata Hutan Siti Sundari

Cafe Wisata Hutan Siti Sundari via https://www.visitlumajang.com

Turun sedikit dari kawasan B29, kalian akan melewati kawasan hutan Siti Sundari yang sedang ngehits akhir-akhir ini. Selain tempatnya yang rimbun dengan pohon-pohon sejuk, kawasan ini pun sangat ciamik untuk melakukan foto-foto bahkan kegiatan perkemahan, apalagi setelah dibukanya beberapa cafe kopi kekinian semakin membuat kawasan wisata ini diburu pengunjung untuk sejenak bersantai sambil merasakan sejuknya desa Burno. Wisata ini pun menyediakan penyewaan kuda yang bisa ditunggangi bahkan untuk anak kecil. Akhir pekan bersama keluarga di tempat ini pasti dijamin seru.

3. Agak Ke Timur Kita Bisa Menikmati Hamparan Perkebunan Teh Kertowono

Pemandangan Kebun Teh Kertowono

Pemandangan Kebun Teh Kertowono via https://jejakpiknik.com

Masih dalam gugusan pegunungan yang sama, kali ini ada spot lain yang bisa kita nikmati yaitu perkebunan teh Kertowono. Perkebunan Teh ini dikelola oleh PTPN XII, selain menjadi ladang utama penghasil teh terbaik kota Lumajang, rupanya kawasan ini pun dijadikan tempat wisata yang bisa kita nikmati keindahannya.

Selain berselfie ria, kesempatan camping dan outbond juga bisa kita rasakan, dan yang paling berbeda ialah jika kita datang berkelompok minimal 10 orang, kita pun berkesempatan berjalan-jalan memasuki area pabrik teh dan belajar segala hal tentang pembuatan teh disana, bagaimana seru bukan?

Advertisement

4. Di Ujung Barat Ada Wisata Hutan Bambu yang Menggoda

Kawasan Wisata Hutan Bambu Lumajang

Kawasan Wisata Hutan Bambu Lumajang via https://travelspromo.com

Tepat berada di kaki Gunung Semeru bagian Timur, terdapat sumber mata air ditengah Hutan Bambu yang kini ramai dikunjungi wisatawan. Setiap tanggal satu suro diadakan acara adat sekitar yang melakukan penguburan kepala sapi atau kerbau yang diikuti acara tari-tarian serta iring-iringan tumpeng, atau biasa dikenal acara grebeg suro.

Kawasan Hutan Ini pun selain menyajikan keindahan alam bambu juga pancaran mata air asli kaki gunung Semeru, tak terkadang monyet abu-abu berekor panjang juga sering menampakkan diri ke pengunjung yang datang. Spot-spot foto dan jembatan bambu pun sangat instagramable untuk para pecinta selfie.

5. Berburu Sunrise di Spot Renang Hutan Bambu

Spot Berenang Hutan Bambu Lumajang

Spot Berenang Hutan Bambu Lumajang via http://instagram.com

Di Pintu Masuk Hutan Bambu juga disediakan kolam renang untuk dewasa maupun anak-anak yang menghadap langsung ke persawahan. Jika kita datang di waktu subuh, maka pemandangan ciamik seperti ini yang akan kita dapatkan. Harga masuknya cukup murah yakni 5000 rupiah saja untuk setiap pengunjung yang datang.

Untuk menikmati kolam renang ini saya sarankan menunggu matahari agak tinggi saja, sebab air yang langsung dari mata air ini selain sangat jernih juga sangat dingin dan segar. Dijamin liburan disini bikin badanmu segar dan bugar. 

6. Jangan Lupa Mampir ke Taman Bunga Ala Jepang

Taman Bunga You & I Garden

Taman Bunga You & I Garden via https://travelingyuk.com

Berjarak hanya sekitar 500 meter dari Hutan Bambu, sedikit ke Barat kita bisa mampir ke taman bunga ala Jepang. Di Cafe dan Taman Bunga You & I garden ini, kamu bisa berfoto ria dengan bunga-bunga cantik khas Jepang. Selain bunga dan taman yang bertema Jepang, ternyata Kebun dan Cafe ini pun dimiliki oleh orang Jepang asli.

Pantas saja suasananya benar-benar terasa Jepangnya. Selain tersedia cafe, bunga-bunga di tempat ini pun bisa kamu bawa pulang ke rumah, tapi jangan lupa bayar dulu yaa.

7. Kawasan Wisata Tirtosari

Tirtosari View Underwater

Tirtosari View Underwater via http://instagram.com

Tak Jauh dari Hutan Bambu, Lumajang pun punya kawasan mata air lainnya yang sangat cocok untuk wisata berenang keluarga, salah satunya Tirtosari. Disini pengunjung bisa berfoto langsung sambil berselfie dengan ikan-ikan penghuni sumber mata air Tirtosari. Spot berenang untuk anak-anak pun banyak disediakan, sehingga pasti betah berlama-lama berenang disini, apalagi jika ditemani secangkir kopi dan weci, mantaap!

8. Tak Jarang Yang Berkemah di Tirtosari

Kemah di Pinggir Kolam

Kemah di Pinggir Kolam via http://instagram.com

Pemandangan sunrise pun bisa kamu dapatkan saat berkemah di pemandian umum Tirtosari ini. Kamu pun bisa sangat menyatu dengan alam.

9. Di Sisi Selatan Ada Banyak Pantai Pasir Hitam, Salah Satunya Pantai Dampar

Danau Sekitar Pantai Selatan

Danau Sekitar Pantai Selatan via http://facebook.com

Di sepanjang Selatan Kabupaten Lumajang, dikelilingi oleh pantai yang terhubung langsung dengan Samudra Pasifik, maka wajar jika ombak di pantai ini amat tinggi dan berbahaya. Karena sebagian besar wilayah Lumajang dialiri sungai dari kaki gunung Semeru dan membawa material pasir besi yang terkenal mahal, maka wajar pula jika hampir seluruh pantai di Lumajang berpasir hitam, meski di kota tetangga Malang dan Jember pantainya berpasir putih. Namun meski demikian pantai disini tak kalah menarik, salah satunya pantai Dampar ini yang terdapat danau payau yang asri sekali untuk diabadikan.

10. Berbatasan Langsung dengan Kota Malang, Air Terjun Tumpak Sewu yang Jadi Primadona

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu via https://www.tripadvisor.co.id

Air Terjun ini sempat jadi perdebatan mengenai daerah asalnya. Tak ada yang salah karena memang air terjun ini terletak di perbatasan Kota Malang dan Lumajang. Jika kalian datang dari arah Malang maka kalian bisa menyaksikan pemandangan ar terjun ini hanya dari atas saja, sedangkan jika kalian datang dari arah Lumajang kalian bisa menyusuri air terjun ini dari arah bawah sehingga air terjun ini terlihat diatas pengunjung.

Baik dari sisi manapun pemandangan air terjun ini memang tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Dari arah bawah kita pun bisa menyusuri goa yang mengalir sungai diatasnya sehingga disebut Goa Tetes. Bagaimana lengkap kan wisata kota Lumajang, mulai dari gunung hingga pantai semua ada, jadi jangan lupa mampir yaa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE