#DiIndonesiaAja-Menikmati Indahnya 5 Surga Wisata di Kaki Gunung Lawu

Wisata di kaki gunung

Haloo, kawan Hipwee. Kira-kira apa nih yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar Gunung Lawu? Gunung yang kerap menjadi jujukan para pendaki? Jalur pendakiannya yang beragam? Atau mungkin hawa sejuknya yang seringkali dirindukan?

Ya, Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang berada di bagian barat Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Magetan. Tak hanya Gunung Lawu, Kabupaten Magetan memiliki banyak wisata alam seperti air terjun, telaga, taman, dll, dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata tentunya. Namun, masih banyak juga yang belum diketahui khalayak ramai 

Untuk kalian yang ingin melepas penat dari aktivitas keseharian, tak perlu jauh-jauh #DiIndonesiaAja, di kaki Gunung Lawu yang menyimpan spot wisata yang beragam, kalian bisa sejenak melepat penat. Penasaran wisata apa saja yang ada? Yuk langsung saja, cekidoot!

Advertisement

1. Telaga Sarangan

photo by nusantaranews.co

photo by nusantaranews.co via https://www.17sekians.com

Telaga yang berada di Desa Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman mencapai 28 meter. Telaga Sarangan memiliki pesona yang tidak membosankan walaupun seringkali dikunjungi. Untuk mengitari telaga terdapat 2 opsi yaitu dengan menggunakan speed boat  atau dengan menunggangi kuda. 

Jika telah lelah berkeliling telaga, kalian bisa memanjakan lidah dengan makanan khas Sarangan yaitu sate kelinci yang ada hampir di setiap sudut telaga. 

Advertisement

Selain itu, jika ingin menghabiskan malam di sini, kalian tidak perlu khawatir karena, banyak tersedia vila maupun hotel di sekitar telaga.

2. Telaga Wahyu

photo by anggara wikan prasetya

photo by anggara wikan prasetya via https://travel.kompas.com

Untuk kalian yang pernah ke Telaga Sarangan, tentu tidak asing lagi dengan Telaga Wahyu. Telaga yang berada dalam Kecamatan yang sama dengan Telaga Sarangan ini tidak seluas Telaga Sarangan. Namun, tak kalah menarik untuk dikunjungi. 

Advertisement

Sangat cocok untuk kalian yang lebih menyukai ketenangan karena,  tak seramai Telaga Sarangan. Selain itu, sangat cocok untuk kalian yang suka memancing karena, banyak ikan yang berkembang biak disini. Memancing dengan suasana yang sejuk dan tenang tentu menyenangkan bukan?

Harga tiketnya pun murah, hanya Rp 5000 saja, sudah termasuk biaya parkir. 

3. Air Terjun Tirtosari

photo by fenti sukmah

photo by fenti sukmah via https://www.nativeindonesia.com

Spot yang ketiga yaitu Air Terjun Tirtosari, berada di Desa Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan. Air Terjun ini memiliki ciri khas air terjun berundak. Untuk ke sini, kalian harus sedikit mengeluarkan tenaga karena, harus berjalan kaki, menaiki tanjakan demi tanjakan untuk sampai di air terjun

Namun, jangan khawatir tenaga yang dikeluarkan untuk menuju air terjun akan terbayar tuntas begitu melihat air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini. 

Untuk menikmati indahnya air terjun ini, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya dengan Rp 5000 sudah bisa menikmati sejuknya alam. 

4. Mojosemi Forest Park

photo by @herlanggasurendramurti

photo by @herlanggasurendramurti via https://shop.tripjalanjalan.com

Sesuai dengan namanya forest, awalnya kawasan ini merupakan hutan yang kini disulap menjadi taman bermain yang bersifat outdoor. Lokasinya tak jauh dari Telaga Sarangan hanya berjarak sekitar 19 km.

Mojosemi Forest Park memiliki banyak wahana yang memacu adrenalin seperti skywalk, di mana pengunjung berjalan di semacam jaring yang dikaitkan dengan pohon dengan ketinggian tertentu. Selain itu ada juga air softgun, tembak-tembakan berlarian di semak-semak layaknya Kapten Ri dalam drama Korea Crash Landing on You, bedanya ini versi Mojosemi. Ada juga Dinosaurus Park, dll.

Jika ingin mengelilingi taman ini juga terdapat ATV dan mobil Jeep. Tak ketinggalan, Mojosemi juga mempunyai spot foto yang tentunya instagramable. Untuk kalian yang ingin menginap di dalam taman ini juga terdapat penginapan yang unik yang dibangun dengan mengusung tema kontainer. 

Biaya masuknya sektar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada akhir pekan. 

5. Genilangit

photo by @tamanwisatagenilangit

photo by @tamanwisatagenilangit via http://www.instagram.com

Dinamakan demikian karena, berada di Desa Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan. Masih berada di kawasan kaki Gunung Lawu sehingga memiliki suasana yang sejuk dan segar.

Wahananya pun tak kalah menarik dengan Mojosemi Park. Genilangit dilengkapi dengan gazebo, taman bunga, taman bermain anak-anak, dll.

Jika berburu spot foto yang instagramable, Genilangit cukup memanjakan dengan berbagai spot yang ada seperti spot bunga sakura, sepeda gantung, dsb. Tak jarang juga digunakan sebagai tempat pre-wedding.

Untuk memasuki wisata Genilangit, pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp 5000 sedangkan parkir untuk motor Rp 5000 dan mobil Rp 10.000.

Sangat menarik bukan wisata yang ada di Magetan? Semoga beberapa ulasan destinasi wisata di atas dapat kalian jadikan referensi saat kalian berkunjung di Magetan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE