Dijamin Nagih! Ini Dia 5 Jajanan Pasar Khas Tegal yang Wajib Kamu Cobain

Kira-kira apa saja ya?

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Tegal? Kota yang terkenal dengan sebutan “Kota Bahari” ini memiliki berbagai macam makanan khasnya lho! Mulai dari jajanan pasar hingga jajanan yang biasa dijadikan oleh-oleh para traveller untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabat tersayang. Berikut beberapa jajanan pasar unik dan khas dari Kota Tegal yang bisa kamu jadikan referensi ketika kamu sedang travelling ke Kota Bahari ini. Yuk simak dan catat baik-baik. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya.

Advertisement

1. Rujak Teplak

Photo by @kulinertegal on Instagram

Photo by @kulinertegal on Instagram via https://www.instagram.com

Kita mulai dari jajanan pasar yang sangat populer dikalangan pecinta sayur nih, yaitu rujak teplak. Rujak teplak biasa disajikan dengan sambal khasnya yaitu sambal yang terbuat dari singkong yang telah direbus dan dihaluskan atau ditumbuk. Untuk para vegetarian jajanan pasar yang satu ini sangat cocok untuk dicicipi ketika travelling ke Tegal. Rujak teplak ini biasa dijual dengan kisaran harga dua ribu hingga tiga ribu rupiah.

2. Jintul

Photo by @septikumalasari on Instagram

Photo by @septikumalasari on Instagram via https://www.instagram.com

Makanan yang kedua yaitu Jintul. Jintul adalah jajanan yang terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Makanan ini merupakan makanan yang paling disukai oleh warga pedesaan di daerah Tegal. Selain cara membuatnya yang mudah jintul terbuat dari singkong yang mengandung sumber karbohidrat dan cukup mengenyangkan.

Advertisement

Jintul banyak disukai warga desa untuk dijadikan sarapan di pagi hari sebagai pengganti nasi. Ada banyak cara untuk menikmati jintul, Ada yang dimakan dengan sambal, ikan asin, mirong (udang goreng tepung), tahu atau kerupuk. Jintul bisa dibeli di pasar tradisional dengan kisaran harga tiga ribu hingga lima ribu rupiah perporsi.

3. Gemblong Kocar Kacir

Photo by Pantura Post

Photo by Pantura Post via https://www.google.com

Jajanan yang ketiga adalah Gemblong kocar kacir. Makanan ini disebut dengan gemblong kocar kacir karena kata kocar kacir dimaknai dengan kucuran dari gula merah diatas gemblong. Jajanan ini merupakan jajanan yang sudah cukup langka karena proses pembuatannya yang cukup sulit dan lama. Namun jajanan ini juga termasuk jajanan yang favorit loh. Karena rasanya yang manis dan gurih cukup membuat pecinta kuliner menjadikannya jajan yang sangat disukai.

Gemblong ini juga terbuat dari singkong yang cukup megenyangkan dengan gula merah cair yang kental dan taburan kelapa diatasnya menjadikan gemblong kocar kacir memiliki rasa yang cukup unik. Gemblong kocar kacir bisa kalian temukan di pasar tradisional dengan harga sekitar Rp 2500 per porsi.

Advertisement

4. Gemblong Tekek

Photo by Wikipedia

Photo by Wikipedia via https://jv.wikipedia.org

Jajanan yang keempat adalah Gemblong tekek. Tekek sendiri dapat dimaknai dengan dicekik. Makanan ini disebut dengan gemblong tekek karena memiliki tekstur yang dapat sehingga akan terasa serat saat memakannya. Jajanan yang satu ini juga tidak begitu berbeda dari jajanan sebelumnya yaitu terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya.

Gemblong tekek biasa disajikan dengan taburan kelapa diatasnya sehinga memiliki rasa manis dan gurih yang unik. Gemblong tekek bisa ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp 3000 rupiah perporsi dengan dua potong gemblong dan taburan kelapanya.

5. Glotak

Photo by @tegal.fnb on Instagram

Photo by @tegal.fnb on Instagram via https://www.instagram.com

Jajanan yang terakhir adalah Glotak. Glotak merupakan makanan yang cukup unik dan eksotis dari Tegal. Glotak terbuat dari tempe gembus yang dimasak pedas dengan balungan sapi atau ayam. Jajanan ini cukup cocok bagi traveller pecinta pedas. Glotak biasa dimakan dengan krupuk antor. Krupuk antor yaitu Krupuk khas Tegal yang dipenuhi dengan bumbu bawang yang sedap dan gurih. Glotak bisa ditemukan di pasar tradisional dengan kisaran harga dua ribu hingga empat ribu rupiah, tergantung balungan yang digunakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Alhamdulillah ....

CLOSE