6 Drama Korea yang Berikan Pelajaran Tentang Standar Kecantikan. Inspiratif Semua!

drakor standar kecantikan

Akhir-akhir ini drama True Beauty yang menyinggung topik kecantikan fisik berhasil menarik banyak peminat drama Korea. Namun, sebenarnya topik tersebut bukanlah hal baru dalam drama Korea. Beberapa drama sebelumnya juga mengisahkan tentang standar kecantikan di Korea yang begitu tinggi.

Karakter utama yang memiliki penampilan kurang menarik sering kali mengalami kesulitan dalam menjalin pertemanan, kesulitan dalam berkarier, atau menemukan hubungan yang dapat mereka percaya. Karena pengalaman sulit itu, karakter utama melakukan banyak hal untuk meningkatkan kepercayan diri dan memenuhi standar kecantikan pada umumya, mulai dari melakukan operasi plastik, diet super ketat, hingga menggunakan riasan wajah.

Yuk, langsung aja simak drama-drama Korea yang bertema kecantikan fisik berikut ini!

Advertisement

1. True Beauty (2020)

True Beauty

True Beauty via http://www.kpopmap.com

Drama yang diadaptasi dari webtoon populer ini memiliki banyak peminat karena ketampanan main lead dan second lead-nya. Mengisahkan karakter Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) seorang siswa SMA yang memiliki keahlian merias wajah setelah mempelajarinya dari Youtube. Sebelumnya Ju Kyung selalu kesulitan menyesuaikan diri dengan penampilannya. Ia kerap mendapat gertakan dari teman-temannya. Situasi berbeda terjadi ketika ia memutuskan pindah sekolah dan menutupi penampilan aslinya dengan riasan, ia dengan mudah mendapatkan banyak teman dan diperlakukan dengan baik.

Penampilan asli Ju Kyung akhirnya terungkap melalui komunitas daring sekolahnya. Sempat membuatnya frustasi hingga tak masuk sekolah, Ju Kyung menemukan kepercayaan dirinya dan memutuskan untuk merasa nyaman dengan penampilan dirinya. Terlepas dari penampilan aslinya, Ju Kyung memiliki hubungan baik dengan dua siswa tampan Lee Su Ho (Cha Eun Woo) dan Han Seo Jun (Hwang In Yeop) karena kepribadian baiknya dan kepeduliannya pada orang lain.

Advertisement

2. Perfume (2019)

Seringkali orang menganggap remeh pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Namun, nyatanya seorang ibu mengorbakan waktu mereka untuk mengurus keperluan seluruh keluarganya. Tak jarang mereka mengabaikan kebahagiaan mereka sendiri. Inilah yang terjadi pada sosok Min Jae Hee (Haa jae Sook/ Go Won Hee).

Karena tak sempat merawat dirinya, ia menjadi gemuk dan suaminya berselingkuh dengan wanita lain. Jae Hee kemudian menemukan parfum misterius yang mengubahnya menjadi wanita muda yang cantik dan dia memutuskan untuk mencapai mimpinya menjadi seorang model.

3. My ID is Gangnam Beauty (2018)

Advertisement
My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty via http://www.jtbcworldwide.com

Diadaptasi dari webtoon yang berjudul sama, drama ini menceritakan tentang Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) yang melalui banyak kesulitan karena penampilannya. Ia kerap dirundung oleh teman-teman sekolahnya hingga ia bertekad melakukan operasi plastik. Sampai ia masuk universitas, semuanya tampak berjalan baik. Namun, tak lama rumor bahwa ia seorang “Gangnam beauty” mulai menyebar. “Gangnam beauty” adalah istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi dengan operasi plastik untuk mengubah penampilannya secara menyeluruh.

Menjalani operasi untuk mengubah penampilannya, tak semata-mata membuat hidup Mi Rae bahagia. Akhirnya dia menyadari bahwa kesehatan mental dan kepercayaan diri serta mencintai diri sendiri seutuhnya adalah hal yang penting. Drama ini juga menyuguhkan kisah percintaan Mi Rae dengan Do Kyung Seok (Cha Eun Woo).

4. She Was Pretty (2015)

She was Pretty

She was Pretty via http://asianwiki.com

Mengisahkan tentang Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) yang bekerja di perusahaan majalah. Kecantikan Hye Jin berubah saat ia dewasa. Wajah Hye Jin menjadi kemerahan dan muncul bintik-bintik serta rambut yang berubah menjadi keriting.

Di sisi lain cinta pertamanya, Ji Sung Joon (Park Seo Jun) anak laki-laki gemuk yang tumbuh menjadi pria dewasa tampan dan menjadi kepala di perusahaan penerbitan. Suatu hari Ji Sung Joon mengajak Kim Hye Jin untuk bertemu. Merasa tak percaya diri, Hye Jin meminta teman cantiknya Ha Ri untuk bertemu Sung Joon menggantikan dirinya. Karena sebuah ikatan masa kecil Sung Joon menerima Hye Jin terlepas dari penamplinannya saat ini.

5. Oh My Venus (2015)

Oh My Venus

Oh My Venus via http://asianwiki.com

Masih menyajikan cerita transformasi fisik, Kang Joo Eun (Shin Min Ah) adalah gadis yang sangat cantik saat ia remaja. Namun, kini berat badannya semakin bertambah saat ia menjadi pengacara. Keadaan mulai sulit ketika ia mengetahui kekasihnya selingkuh dan ia diberitahu dokter bahwa dia memiliki masalah kesehatan.

Joo Eun akhirnya bertekad melakukan diet untuk meruntukan berat badannya dengan menyewa Kim Yong Ho (So Ji Sub). Buat yang lagi program diet, drama ini juga mengajarkan cara-cara diet yang sehat, lho.

6. Birth of a Beauty (2014)

Birth of a Beauty

Birth of a Beauty via http://asianwiki.com

Sama halnya dengan drama Perfume, drama ini menceritakan Geum Ran (Ha Jae Sook) seorang ibu rumah tangga yang mendapat perlakukan buruk dari suami dan mertuanya hanya karena penampilannya kurang menarik. suatu hari ia mengalami kecelakaan mobil parah dan semua orang menganggapnya meninggal. Kecelakaan itu membuatnya harus melakukan operasi plastik yang mengubah seluruh penampilannya. Dengan penampilannya kini ia mengubah identitas menjadi Sara (Han Ye Seul) dan berniat membalas perlakuan orang-orang yang menyakitinya.

Namun di tengah rencananya, ia menyadari bahwa membalas perlakuan buruk orang-orang tidak membuatnya bahagia. Han Tae Hee (Joo Sang Wook) seorang dokter kecantikan yang membantu Sara, akhirnya jatuh cinta padanya dan menerima masa lalu dengan segala ketidaksempurnaannya.

Itulah 6 drama yang mengangkat cerita transformasi fisik karakter utama. Jika kita menontonnya secara bijaksana, ada beberapa hal yang dapat dipelajari mengenai persepsi kita terhadap standar kecantikan. Bahwa selain kecantikan fisik ada banyak pesona dan kepribadian menarik yang dimiliki seseorang. Pada akhirnya, kita perlu memahami bahwa penampilan fisik seseorang tidak ada yang benar-benar sempurna. Selalu belajar menerima fisik kita apa adanya, merasa nyaman dan percaya diri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE