Britania Raya (Great Britain) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di laut lepas pantai barat laut benua Eropa. Negara yang memiliki nama lengkap The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau disingkat dengan United Kingdom (UK) ini pada dasarnya terdiri dari terdiri dari England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara yang berada di dalam kedaulatan Britania Raya.

UK selalu masuk dalam daftar 10 besar negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional. Sebagai salah satu negara tujuan wisata terpopuler di dunia, negara ini jelas memiliki beberapa kota yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Salah satu kota terpopuler untuk dikunjungi di UK selain London adalah Edinburgh.

Edinburgh merupakan sebuah kota yang menjadi ibu kota Skotlandia Edinburgh merupakan kota terbesar ke-2 di negara ini setelah yang pertama yaitu Glasgow. Secara geografis Edinburgh terletak di bagian Lothian, muara sungai Forth (Firth of Forth), merupakan wilayah pantai timur Skotlandia.

1. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle

Edinburgh Castle via https://express.co.uk

Obyek wisata Edinburgh, Skotlandia, yang pertama bernama Edinburgh Castle. Tempat ini merupakan ikon dan bangunan yang paling penting di Edinburgh bahkan Skotlandia. Edinburgh Castle merupakan komplek benteng kerajaan yang berlokasi di wilayah Castle Rock, area Old Town, Edinburgh. Edinburgh Castle berdiri megah di atas bukit Castle Rock yang memiliki ketinggian 130 meter di atas permukaan laut. Edinburgh Castle diketahui mulai dibangun pada abad 12 oleh King David I.

2. Calton Hill

Calton Hill

Calton Hill via http://edinburgh.org

Advertisement

Tempat yang satu ini merupakan sebuah bukit yang sering dijadikan lokasi foto dan obyek lukisan. Hal ini di karenakan pemandangan yang indah dengan banyak monumen di sekitarnya. Di antaranya adalah Nelson Monument dan juga National Monument. Dari bukit ini pula anda dapat saksikan indahnya Kota Edinburgh, Kota Leith, sampai dengan cantiknya aliran laut Firth of Forth (bagian utara). Karena akses pemandangannya yang cantik, bukit ini akan selalu ramai dikunjungi jika terdapat pesta kembang api yang biasanya diadakan di Edinburgh Castle.

3. Arthur’s Seat

Arthur’s Seat

Arthur’s Seat via https://walkhighlands.co.uk

Arthur’s Seat merupakan titik tertinggi bukit di arah timur Edinburgh. Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat, nama Arthur’s Seat diambil dari nama King Arthur. Dari puncak Arthur’s Seat anda dapat melihat view kota Edinburgh, yang menjadikan puncak ini ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan aktifitas hillwalking.

4. Holyrood Palace

Holyrood Palace

Holyrood Palace via https://visitscotland.com

Holyrood Palace ini memiliki nama resmi yaitu Palace of Holyroodhouse, merupakan sebuah bangunan yang didiami oleh keluarga resmi kerajaan British di Skotlandia. Istana kerajaan yang berlokasi di wilayah Royal Mile, Edinburgh, tepat di seberangnya Edinburgh Castle. Istana ini pertama kali dibangun pada abad ke-16 yang digunakan untuk tempat tinggal utama Raja & Ratu kerajaan Skotlandia.

Advertisement

Bagian-bagian di dalam istana ini terbuka untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Adapun bagian-bagian yang biasa dikunjungi antara lain: 17th century Apartments, North-west Tower, serta taman-taman yang berada di sekitaran istana.

5. The Elephant House "Birthplace of Harry Potter"

Birthplace of Harry Potter

Birthplace of Harry Potter via http://dailymail.co.uk

Ini merupakan sebuah café yang pernah didatangi J.K Rowling untuk meminum kopi sambil mencari inspirasi karyanya. Dan di bagian depan juga tertulis ‘birthday place of Harry Potter’.The elephant house sendiri merupakan sebuah cafe yang didirikan pada tahun 1995 silam, dan kafe ini telah menancapkan namanya sebagai salah satu kafe terbaik di kota Edinburgh.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya