Hampir semua pelajar pasti ingin cepat-cepat kuliah. Entah karena ingin menimba ilmu lebih banyak atau keracunan film-film yang menggambarkan kehidupan kuliah dalam rantai datang- main-santai-hangout-pulang-main.

Berikut ini adalah sebagian besar ekspektasi yang ada!

1. Bisa bangun siang terus

Bukan bangun siang tapi bangun kesiangan!

Semua sangat tergantung dari jadwal yang kita peroleh. Kalo kelas pertama siang, ya pasti bisa bangun siang, apalagi setelah semalaman ngerjain tugas. Bisa molor! Tapi kalo kelas pertama pagi ya tetep harus bangun pagi, bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang kelas pertamannya di mulai jam 5 pagi! Kebayang nggak tuh bangun jam berapa?

2. Jadwalnya bebas

Advertisement

Hmm, dalam kenyataannya bebas yang dimaksud lebih untuk dosennya. Saat dosen tidak masuk, beliau biasa menentukan pertemuan penggganti yang terkadang waktunya nggak kira-kira. Parahnya, kadang kelas pengganti ini tabrakan sama kelas kita yang lain.

3. Santai

Kenyataannya: kiri kanan kulihat saja tugas di mana-mana.

Pasti ada beberapa dosen yang ngasih tugas nggak kira-kira dengan deadlines yang mepet, belum lagi kalo kalian adalah anak organisasi yang sedang ada acara. Jangankan santai-santai, ada waktu untuk tidur aja udah bersyukur banget.

4. Gampang cari nilai

Dalam bayangan sih, asal baik ke dosen, nilai juga pasti baik. Namun nyatanya dunia penilaian perkuliahan nggak se simple itu. Sering banget ada mahasiswa yang nilainya kinclong tapi dapet nilai B. Semua itu balik lagi ke kehendak sang dosen penilainya, apakah faktor utama dalam penilaian itu ujian, tugas, atau keaktifan. Intinya sih nilai kita harus kinclong, tugas harus tepat waktu, dan pastinya pinter nyari muka ke dosen.

5. Nggak ada PR !

Well, emang PR nggak ada, tapi ada yang namanya tugas dibawa pulang. Ditambah sering kali terjadi, dimana tugas yang dikasih belum selesai tapi sang dosen tercinta sudah memberi tugas yang baru.

6. Baju bebas

dressed via http://www.oxy.edu

Inginnya sih semua dosen nggak ngasih aturan tentang pakaian, asalkan rapi dan sopan.

Tapi dalam realitanya, ada dosen yang bener-bener ketat soal pakaian, yang harus berkerah lah, harus pake sepatu lah. Dan enggak jarang dosen tipe ini akan mengusir mahasiswanya keluar walaupun akan ujian kalo enggak menaati aturan berpakaian yang beliau tetapkan.

7. Sering hangout

“Bosen nih, hangout ah, sekalian pingin beli…..” *buka dompet*

“Oke, nggak jadi bosen.”

Pasti sering ngerasain moment kaya begini, saat keinginan berbanding terbalik dengan isi dompet. Tidak seperti di film-film, dimana mereka bisa hangout terus tanpa memikirkan keuangan.

Terutama yang anak rantau nih, uang mereka pasti langsung menempati posisi masing-masing begitu di transfer oleh orang tua. Keperluan untuk bayar kos lah, beli minum, makan sebulan, beli perlengkapan, dan masih banyak lagi.

So, ekspektasi kamu sebagai mahasiswa masih sama atau berubah nih?