Kita tahu banyak jenis buah yang kita temui seperti mangga, manggis, apel, jeruk dan lainnya yang sudah dibahas sebagai sumber vitamin bagi tubuh. Namun, ternyata di balik nama buah yang umum kita dengar ternyata ada buah langka yang hanya hidup di daerah tertentu yang memiliki vitamin dan manfaat bagi tubuh. Sebagian dari buah ini tidak tumbuh di Indonesia dan bahkan di tempat ia tumbuh itu juga tidak selalu ada tergantung dari musim buah itu tumbuh.

Apa saja sih buah langka itu? Simak yuk!

1. Buah Cupuacu

Buah ini sekilas mirip dengan coklat. Buah ini masih satu rumpun dengan cocoa dengan nama latin Theobroma grandiflorum. Buah ini bisa ditemukan di wilayah Brazil, Peru, Columbia dan Bolivia atau lebih tepatnya di sepanjang sungai di hutan tropis Amazon yang tumbuh secara liar. Berdasarkan penelitian, buah ini mengandung banyak vitamin seperti Vit A, B1, B2, B3, C, Lemak dan Asam Amino. Karena kadungannya yang mengandung antioxidan dan juga manfaat untuk menurunkan tingkat kolestrol serta membuat kulit dan rambut lebih sehat, buah ini banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuat mentega, produk shampoo dan perawatan kulit yang lain. Buah ini musim pada bulan Januari dan April, di mana dengan masa tanam 5-6 tahun.

2. Miracle Fruit

Synsepalum dulcificum

Synsepalum dulcificum via https://en.wikipedia.org

Buah ini termasuk dalam golongan buah berry. Namun, anehnya tanaman ini tidak memiliki rasa manis seperti berry. Buah yang memiliki nama latin Synsepalum dulcificum justru memiliki rasa asam seperti lemon yang hidup di daerah yang hangat sampai panas dengan suhu yang lembab. Tanaman ini biasa ditemukan di wilayah Afrika selatan atau Afrika barat. Buah ini memiliki manfaat seperti sebagai penurun kadar gula darah, menurunkan berat badan, menenangkan perasaan atau mood, dan sebagai pengobat kanker. Kandungan vitamin yang terkadung di dalamnya di antaranya Vitamin A, E, C dan asam amino. Karena kadungan vitaminnya buah ini banyak digunakan sebagai selai, pemanis, minuman, cuka dan sebagai obat.

3. African Horned Cucumber

African Horned Cucumber

African Horned Cucumber via http://food.ndtv.com

Advertisement

Buah ini memiliki nama latin Cucumis metuliferus yang tergolong tanaman mentimun. Tanaman ini bisa ditemukan di Afrika Selatan. Sekilas tanaman ini seperti buah naga, namun dalamnya seperti timun. Tanaman ini kaya akan serat da vitamin c, selain itu buah ini memiliki kandungan vitamin lain seperti Vitamin A, Beta Carotene, Magnesium dan kandungan mineral yang cukup tinggi. Buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, sebagai anti oxidan, untuk kesehatan mata sampai meningkatkan kinerja otak dan bagus untuk kulit karena memiliki kandungan vitamin E. Buah ini dimanfaatkan untuk sebagai tambahan salad, minuman, sampai masker wajah.

4. Jabuticaba

Buah ini sejenis tanaman anggur yang memiliki nama latin Plinia cauliflora. Tanaman ini banyak tersebar di Amerika Selatan seperti di Brazil, Peru, Argentina. Buah ini unik karena bukan jenis anggur yang merambat seperti pada umumnya. Buah ini berbuah di batang pohon atau dahan. Buah ini di Brazil banyak dibudidayakan untuk minuman wine tidak hanya itu, buahnya juga bisa digunakan untuk selai, jus, ataupun jelly. Buah ini ternyata memiliki banyak manfaat seperti anti kanker, obat diare, untuk masker rambut, obat asma, dan buah yang cocok untuk para pelaku diet. Kandungan vitaminnya juga cukup banyak seperti Vitamin C, B1, fosfor, zat besi, kalsium, serta memiliki anti oxidan tinggi dan anthosianin yang digunakan sebagai anti kanker.

5. Physalis

Buah ini hampir sama dengan tomat yang memiliki warna orange. Buah ini memiliki nama latin Physalis peruviana. Buah ini banyak menyebar secara liar di Amerika selatan yang memiliki daerah tropis. Tanaman buah ini sebagian jenisnya sangat rentan terhadap dingin dan angin sehingga sulit tumbuh di daerah yang dingin dan berangin. Buah ini banyak dimanfaatkan karena khasiatnya untuk kulit, kandungan, mata, liver, ginjal, otak dan jantung. Kandungan yang terdapat pada buah ini seperti Vitamin B1, B3, C, Zat Besi Karbohidrat, dan kandungan mineralnya membuat buah ini banyak digunakan sebagai tambahan salad, pie, selai, obat bahkan juga ada yang dikeringkan untuk hiasan rumah.

6. Ackee

Advertisement

Buah ackee ini memiliki nama latin Blighia sapida dengan biji yang mirip dan masih satu rumpun dengan golongan buah berry. Buah ini banyak ditemukan di daerah sub tropis dan daerah tropis seperti daerah Afrika Barat, Florida Amerika dan mulai diperkenalkan di Australia. Buah ini memiliki manfaat seperti mencegah flu, menurunkan tekanan darah, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi keram otot, mengendalikan tekanan gula darah, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan serat dan vitamin seperti Zat besi, Sodium, Seng, Vitamin C, dan B3 sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat diet sampai minuman. Namun perlu berhati-hati, buah ini juga mengandung racun yang bisa mematikan, oleh karena itu buah ini dipanen ketika kelopak buahnya sudah pecah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya