Britania Raya atau dalam bahasa inggris disebut dengan Great Britain, dikenal juga dengan nama Britain. Sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Pulau ini memiliki luas 209.331 km², terluas di Eropa dan terluas ke-9 di dunia. Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau UK (United Kingdom).

Terkadang orang salah mengartikan bahwa Inggris dan United Kingdom adalah dua hal yang sama, begitu pula dengan Britania raya. Orang mengartikan United Kingdom dan England atau Great Britain di dalam Bahasa Indonesia dengan nama "Inggris". Padahal orang yang berada di United Kingdom belum tentu suka jika dijuluki orang Inggris. Begitu pula orang yang berasal dari Britania Raya belum tentu suka dijuluki orang Inggris. Namun mereka tidak keberatan jika disebut British (Bangsa Britania). Karena United Kingdom, Britania Raya, dan Inggris berbeda. Akan tetapi, mereka masih dalam satu kesatuan.

Layaknya Indonesia, United Kingdom juga merupakan kawasan dengan banyak pulau. Tidak heran jika negara-negara yang ada dalam kawasan ini memiliki segudang keindahan alam yang menakjubkan. Transportasi di United Kingdom juga mudah, semua terintegrasi oleh kereta, sehingga sangat memungkinkan untuk berpindah dari satu negara ke negara lain.

Salah satu kota terbesar yang kita kenal adalah London yang merupakan ibukota Inggris, yaitu merupakan wilayah metropolitan terbesar, serta zona perkotaan terbesar di Uni Eropa. London banyak menyimpan sejarah dan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan, berikut ini adalah keindahan perkotaan dan alam yang ada di United Kingdom.

1. Big Ben

Elizabeth Tower atau yang lebih dikenal dengan nama Big Ben. Merupakan menara jam yang juga menjadi salah satu landmark kota London, yang merupakan ibu kota Inggris yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Menara ini terletak di ujung utara Istana Westminster London dan telah berusia sekitar 150 tahun. Big Ben sendiri merupakan nama lonceng raksasa di dalamnya dengan berat mencapai 13 ton.

2. Durdle Door

Selain suasana perkotaan, Inggris juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Di tempat ini anda bisa menemukan perkemahan dengan pemandangan laut yang luas. Tidak hanya itu, Durdle Door juga memungkinkan Anda berwisata pantai seperti di pantai pribadi. Tempat ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam yang terletak di Jurassic Coast, Dorset.

3. Edinburgh

Advertisement

Jalanan teramai dan paling banyak dikunjungi wisatawan yang ada di Edinburgh, merupakan ibukota Skotlandia. Lokasinya strategis, penghubung dua bangunan penting yaitu Edinburgh Castle di Castle Rock dengan Holyrood Palace di Old Town. Jalan Royal Mile sekarang terbagi jadi beberapa jalan raya, antara lain adalah Lawnmarket, Castlehill, Canongate, High Street, sampai dengan Holyrood.

Di sini anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas karena tempat ini begitu strategis. Jika anda menginginkan suatu atraksi, anda dapat mengunjungi The Real Mary King’s Close atau Scottish Storytelling Centre. Atau jika anda ingin memanjakan mata anda dengan kemegahan arsitektur bangunan di Royal Mile ini, anda bisa melihat gereja St.Giles’ Cathedral. Jika anda ingin menikmati kuliner, Royal Mile memiliki banyak tempat makan dan minum yang strategi dengan tempat yang nyaman.

4. The Isle of Skye

Skotlandia juga menjadi negara dengan banyak wisata alam yang indah. Portree salah satunya, suatu kota menakjubkan yang dilengkapi bangunan pelabuhan yang berwarna-warni. Bagi Anda penggemar wisata bahari, The Isle of Skye menjadi pilihan wisata menarik saat Anda mengunjungi kawasan Britain. Pulau cantik yang terletak di ujung utara gugusan pulau Inner Hebrides, Skotlandia.

5. Museum of Wales

Museum of Wales

Museum of Wales via http://www.visitwales.com

Advertisement

Cardiff adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Wales. Walaupun Cardiff tidak seramai London, namun di ibukota Wales ini anda dapat menikmati budaya dan seni. Cardiff sering mengadakan pameran seni di National Museum of Wales ataupun di berbagai galeri-galeri kecil. Bagi pecinta musik, para musisi kelas dunia sering mengunjungi Cardiff sebagai bagian dari tournya. Belum lagi festival makanan, budaya lokal ataupun parade St. Davids Day.

6. Brecon Beacons National Park

Brecon Beacons National Park

Brecon Beacons National Park via http://viewhdpicture.com

Wales juga memiliki keindahan alam yaitu Brecon Beacons National Park, kawasan ini menjadi lokasi yang pas bagi anda dan pasangan untuk merasakan alam dan berkomunikasi dengannya. Treking, bersepeda gunung atau menggunakan kuda menjadi pilihan menarik untuk menjelajahi dataran tinggi dan lembah dengan pemandangan yang menakjubkan. Berada di tengah-tengah bentangan bukit dari Brecon Beacons yang berlokasi di daerah selatan Wales.

7. Belfast City Hall

Belfast City Hall

Belfast City Hall via https://s.inyourpocket.com

Menyusuri jalanan ibukota Irlandia Utara, Belfast seperti menapak tilas sejarah. Sedikit sekali ditemukan bangunan baru dengan arsitektur modern. Gedung-gedungnya kuno, bersih dan terawat rapi, seperti gedung Belfast City Hall yang terletak di jantung kota. Begitu juga galangan kapal yang melahirkan kapal legendaris Titanic, masih berdiri tegak di ujung teluk Belfast.

Perekonomian Belfast didasarkan terutama pada industri jasa, seperti perawatan kesehatan, pelayanan sosial, dan pariwisata. Kota ini adalah pusat perdagangan, perbankan, dan pendidikan Irlandia Utara. Belfast juga merupakan pelabuhan utama di Irlandia Utara.

8. Giant’s Causeway

Salah satu tempat wisata paling diminati di wilayah Irlandia Utara adalah Giant’s Causeway. Wisata yang jadi must visited place oleh para wisatawan, Giant’s Causeway ini merupakan kumpulan bebatuan heksagonal dari endapan magma letusan gunung milyaran tahun yang lalu. Bagian atas dari kolom membentuk batu loncatan yang mengarah dari kaki tebing dan menghilang di bawah laut. Menurut National Trust ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Irlandia Utara. Giants Causeway ini terletak di wilayah Irlandia Utara, provinsi Ulster, County Antrim.

Itulah fakta menarik tentang United Kingdom, beserta keindahan-keindahan yang ada di Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Rencanakan liburan anda mulai dari sekarang, menikmati keindahan perkotaan dan keindahan alam yang ada di United Kingdom. Ayo, tunggu apalagi sekarang saatnya anda mengajak keluarga, pacar atau teman anda untuk menikmati liburan di United Kingdom bersama orang yang anda sayangi #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya