Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis

Setiap perusahaan barang maupun jasa tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Kita pun sebagai pelanggan ingin mendapatkan pelayanan terbaik bukan?

Kali ini saya akan membagikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan itu sendiri. Jika kalian seorang enterpreuner ataupun yang sedang mencari inspirasi bisnis, mari pelajari apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Jika faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi dengan baik, maka loyalitas pelanggan pun dapat tercipta sehingga pendapatan bisnis meningkat. Walaupun di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Laku, apa saja faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan? Berikut Penjelasannya:

ADVERTISEMENT

1. Mutu produk barang atau jasa

Photo by Clay Banks on Unsplash

Photo by Clay Banks on Unsplash via https://unsplash.com

Untuk menciptakan kepuasan pelanggan, Hal yang paling wajib diperhatikan setiap perusahaan adalah memberikan mutu terbaik dari produk ataupun jasa. Pastikan kalian ketika memulai bisnis selalu memilih dan menggunakan produk berkualitas sesuai dengan target pasar masing-masing.

Agar pelanggan merasa puas dan tidak ragu untuk kembali repeat order. Hari ini pemasaran terbaik juga masih dengan rekomendasi keluarga maupun kerabat. Dengan memberikan mutu produk yang baik orang juga akan dengan sukarela merekomendasi barang kita.

ADVERTISEMENT

2. Kualitas pelayanan

Photo by Cytonn Photography on Unsplash

Photo by Cytonn Photography on Unsplash via https://unsplash.com

Kualitas layanan yang akan diberikan oleh Anda dan seluruh karyawan juga menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Apalagi jika kalian bergerak di bidang jasa, ini sangat penting. Sebab, persepsi pelanggan terhadap bisnis sedikit banyak akan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan itu sendiri.  Oleh sebab itu kita harus memastikan kalian selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik, termasuk setelah transaksi diselesaikan.

ADVERTISEMENT

3. Pricing atau Penetapan harga

Photo by Scott Graham on Unsplash

Photo by Scott Graham on Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu faktor kepuasan pelanggan selanjutnya adalah harga. Kalau kita memposisikan sebagai konsumen pasti sering membandingkan harga produk dengan beberapa merek produknya yang sama. Itu artinya penetapan harga juga memengaruhi pada kepuasaan pelanggan.

Lebih baik Anda harus melakukan riset pasar sebelum Anda menetapkan harga untuk produk barang/jasa yang akan dijual. Jika mungkin, berikan harga yang relatif terjangkau, dengan kualitas yang baik agar pelanggan tidak merasa dikecewakan.

ADVERTISEMENT

4. Pengalaman transaksi yang menyenangkan

Photo by Blake Wisz on Unsplash

Photo by Blake Wisz on Unsplash via https://unsplash.com

Pengalaman transaksi atau berbelanja pelanggan pasti akan mempengaruhi kepuasan mereka sebagai pelanggan. Pengalaman ini sebanding kemudahan selama proses pembelian.

Bagaimana kemudahan proses belanja yang mudah, waktu pelayanan dan pengirimina atau tingkat fleksibelitas. Ditambah dengan berbagai fasilitas yang memudahkan seperti bebas biaya tambahan, free ongkos kirim, dan ragam pilihan metode pembayaran, pun bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

ADVERTISEMENT

5. Testimoni orang lain

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash via https://unsplash.com

Kita sendiri pasti sering melihat review dari suatu barang yang hendak kita beli. Artinya, pengalaman orang lain memang mempengaruhi minat dan persepsi pelanggan baru. Faktor inilah yang harus kita jaga. Dengan menjaga kepuasan belanja dari mutu, harga hingga pelayanan yang dijelaskan di atas, kita juga meminta pada customer kita untuk bersedia memberikan review atau testimoni di platform yang sudah disediakan. Seperti kabar baik yang saya terima dari aplikasi MyIndiHome yang memberikan diskon besar-besaran, kabar ini tentu tersiar cepat karena pengalaman dan review pengguna lain.

Bagaimana dengan upaya yang kalian lakukan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan? Jangan ragu memberikan reward seperti cashback atau voucher agar mereka dapat kembali lagi untuk membeli produk Anda.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Asesor dan Fasilitator di bidang Pendamping UMKM dan Pelaksana Ekspor bersertifikat BNSP