Sering banget kan merasa 'gagal fokus' ketika mengerjakan suatu kegiatan atau pun tugas sekolah, kuliah, kantor, dan lain-lain. Sehingga terkadang tugas yang harusnya diselesaikan pada waktu itu, ujungnya selesai ketika 'mepet banget' atau deadline. Mau tau beberapa tips biar nggak gagal fokus? perhatikan 5 hal ini deh, semoga bermanfaat.

1. Olahraga

Olahraga yang teratur adalah salah satu kunci untuk menjadikan tubuh senantiasa sehat, bugar, dan atletis. Selain itu, dengan berolahraga peredaran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar serta otak juga mendapatkan oksigen yang cukup sehingga dapat meningkatkan konsentrasi pada otak biar nggak 'gagal fokus' lagi. Ada juga nih salah satu olahraga yang bisa digunakan untuk belajar 'fokus' yaitu olahraga memanah. Dengan olahraga memanah, pemain diharuskan untuk fokus pada target sehingga dapat mencapai tujuan target yang diinginkan. Mau olahraga apapun oke saja, asal tidak berlebihan dan tetap teratur ya.

2. Membuat 'to do list'

Biar nggak gampang ke 'distract' alias gampang dialihkan pada hal lain yang membuat gagal fokus sehingga tidak cepat menyelesaikan kegiatan atau pekerjaan yang menumpuk. Bisa juga nih membuat to do list yang berguna untuk list kegiatan maupun pekerjaan yang dilakukan pada hari tertentu atau bisa juga kegiatan setiap akhir pekan. Dengan membuat 'to do list' pekerjaan yang harus diselesaikan dapat diketahui dengan mudah serta dapat memanage waktu dengan baik. 'To do list' yang digunakan untuk harian bisa disusun waktu malam hari sebelum melakukan kegiatan esoknya, selain itu tulis deadline kegiatan yang memang harus segera diselesaikan seperti tugas maupun pekerjaan kantoran.

3. Kurangi 'multitasking'

Advertisement

Multitasking via https://www.google.co.id

Adakalanya multitasking baik dilakukan, pekerjaan yang banyak dapat terselesaikan secepat mungkin. Namun, ketika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas dari pekerjaan tersebut. Sebaiknya kurangi multitasking kemudian mulai dengan mengerjakan kegiatan atau tugas yang paling penting dan mendesak. Bolehlah sesekali merefresh otak untuk multitasking dengan mendengarkan musik maupun melihat video lucu namun tetap ingat dengan pekerjaan yang harus selesai.

4. 'Resfreshing' sejenak

Refreshing adalah salah satu cara menghibur diri dan menyegarkan otak kembali. Ketika otak penat dengan berbagai macam pekerjaan, menyegarkan otak dengan sekedar berbincang maupun rekreasi sejenak dapat membantu untuk konsentrasi kembali ketika melakukan pekerjaan. Menurut US National Institutes of Health, Anda menjadi lebih bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana di tempat kerja setelah sehari saja bebas stres.

5. Spiritual

Ketika kondisi spiritual oke, maka kondisi jiwa juga akan berpengaruh pada kebaikan. Saat kondisi jasmani dan rohani terjaga dengan baik, seseorang akan tenang dan mudah konsentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Dalam penelitian yang termuat di International Journal of Leadership ditemukan bahwa pemimpin yang sukses memiliki keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan roh atau jiwa (spiritual).