Untuk Kamu yang Sedang Gagal, Ingat Perjuanganmu Bukan Berakhir di Titik Ini

Kegagalan bukan akhir, melainkan pembelajaran berharga yang patut kamu syukuri

Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan,memang mengalami kegagalan itu rasanya menyakitkan ketika semua rencana yang telah kita susun dengan rapih dan kita buat dengan maksimal hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, Menulis semua rencana dan membayangkan semua rencana kita akan berhasil memang sangat indah, tetapi pada akhirnya hanya ada 2 kemungkinana berhasil atau gagal, hanya itu. 

Perjalanan hidup memang tak selamanya mulus ada saja hal-hal yang tidak kita inginkan datang dengan tak terduga tetapi jangan cepat berputus asa apalagi terus bersedih dan meratapi kegagalan tanpa menjadikan kegagalan itu sebuah pembelajaran untuk bisa meningkatkan kualitas diri ke depannya. Kegagalan adalah proses untuk menjadikan diri kita lebih baik dan tidak mengulangi hal yang sama. Karena di balik setiap rencana ada yang merencanakan, di balik kegagalan ada pembelajaran untuk mencapai kesuksesan

Jiika kita saat ini sedang mengalami kegagalan percayalah Tuhan telah menyiapkan yang lebih baik untuk diri kita. Jadi, jangan mengeluh dan harus tetap bersyukur dalam melakukan setiap pekerjaan yang kita lakukan, Berikut beberapa pembelajaran yang kita ambil dari kegagalan.

1. Ambil sejenak santai, dan mengintropeksi diri

Intropeksi diri

Intropeksi diri via https://www.google.com

Advertisement

Mungkin kamu lelah dalam menggapai targetmu. Awalnya kamu berfikir dengan kamu santai itu hanya akan membuang-buang waktumu. Menurutmu waktu adalah hal yang sangat penting yang sayang ditinggalkan setiap detiknya. Kamu begitu ambisius ingin menyelesaikan beberapa tugas atau pekerjaan sekalipun.

Tapi kamu baru sadar bahwa yang kerjaan yang kamu lakukan tidak maksimal. Kamu gampang lelah sehingga lebih banyak kehilangan fokus dan waktumu.

Santai sejenak sambil mengintropeksi diri adalah hal yang sangat penting untuk mengembalikan kembali semangatmu, ingat, otak dan tubuhmu juga perlu kamu rawat. Take care of yourself and take care of your mind!

2. Berbanggalah pada dirimu sendiri, jika kamu gagal

Bangga Pada dirimu sendiri

Bangga Pada dirimu sendiri via https://www.google.com

Advertisement

Gagal adalah hal biasa. Banyak orang yang berhasil dari kegagalan tersebut karena mereka belajar dari pengalaman kemudian mengambil action dan berhati-hati untuk tidak jatuh ke dalam jurang yang sama.

Gagal itu bermacam-macam entah kamu gagal dalam akdemis. Entah kamu gagal dalam berwirausaha atau gagal dalam hal yang paling buruk sekalipun. Kuncinya kamu jangan menyerah dan harus mau berubah. Ingat tak setiap orang mau bangkit dari kegagalan tapi hanya sedikit orang yang mampu bangkit dari kegagalan.

3. Terima kelemahan dan kekuranganmu

Love Yourself

Love Yourself via https://www.google.com

Tak usah malu. Terima dengan lapang dada apa yang menjadi kelemahan dan kekuranganmu selama ini. Setiap orang tentu memilki kelemahan dan kekurangan, Mintalah teman atau saudaramu yang mempunyai kelebihan yang tidak kamu miliki untuk mengajarimu atau mendiskusikannya secara bersama.

Terus belajar dari kesalahan yang pernah kamu buat dan percaya diri untuk menekuni bidang yang selama ini kamu belum pernah coba. Hilangkan rasa takut itu dan ubahlah menjadi keberaninan untuk meningkatkan potensi diri. Dont ever doubt  of yourself!

4. Kegagalan bukanlah bukan suatu aib pada dirimu

Kegagalan Bukan Aib

Kegagalan Bukan Aib via https://www.google.com

Inilah saatnya mengkoreksi pikiran seperti ini. Kamu harus selalu berfikir positif jika menemui dan mengalami kegagalan. Banyak orang di luar sana sedang mengalami kegagalan dari yang kamu rsakan saat ini. 

Tidak semua citra kegagalan negatif. Syukuri lalu ambil hikmah dari kegagalan tersebut, ingat jadikan kegagalan saat ini adalah bagian sejarah yang tak akan kamu ulangi. Besok adalah hari yang berbeda, terapkan pelajaran dari kegagalan tersebut hingga kamu menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri.

5. Perbanyak membaca refrensi tokoh sukses idolamu

Manfaat membaca

Manfaat membaca via https://www.google.com

Pernah membaca Kisah Pak Chairul Tanjung? Chairul tidak ikut study tour bersama teman-temannya, karena ibunya tidak mampu membayar biaya study tour senilai Rp.15.000. Dengan alasan kepentingan keluarga, Chairul tidak ikut berangkat dalam acara yang bahkan ia sendiri mengurus berbagai persiapan keberangkatan teman-temannya di halaman sekolah dengan perasaan sakit yang disembunyikan. Ia waktu itu menjadi kordinator study tour sekolahnya karena ayahnya  mengelola transportasi milik kawananya.

Namun, dengan jiwa wirausahanya dan semangat yang tak kenal lelah, ia sekarang memiliki beberapa perusahaan besar seperti televisi swasta, hotel, bank dan taman Bermain. Cerita ini membuat kita lebih siap bangkit untuk meraih kesuksesan dan tak takut dengan kegagalan.

6. Kegagalan bukan sebuah dosa, tak ada alasan untuk takut mencoba

terus berjuang

terus berjuang via https://www.google.com

Kegagalan merupakan hal yang biasa, bukan sesuatu yang tercela ataupun sesuatu yang hina. Kegagalan hanyalah sebuah upaya yang masih menunggu waktu untuk berhasil. 

Banyak orang yang takut bangkit dari kegagalan tersebut. Hanya sedikit orang yang mau mengambil resiko atas kegagalan yang pernah ia alami. Takut gagal harus dapat dikalahkan dengan semangat besar untuk tetap konsisten dalam meraih tujuan.

7. Ketika semua usaha sudah dirasakan dan dilakukan dengan maksimal, pasrahkan hasilnya dengan tuhan

Sebuah rencana dan ikhtiar yang sudah kita lakukan dengan maksimal. Hanya ada 2 kemungkinan yaitu berhasil atau gagal, ya hanya itu. Jangan terlalu banyak mengeluh jika hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Jangan jumawa  dan harus kamu syukuri ketika kamu berhasil.

Ingat dibalik rencana ada yang merencanakan. Di balik kegagalan ada pembelajaran dan di balik kesuksesaan ada kegagalan, siklusnya hanya begini saja. Percayalah untuk kamu yang hari ini gagal, Tuhan telah menyiapkan rencana yang lebih indah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE