Grogi Bicara di Depan Orang Banyak? 5 Tips Lancar Public Speaking Ala Oh Su Hyang Ini Bisa Kamu Coba~

Oh Su Hyang, Penulis Buku Bicara Itu Ada Seninya

Menurut penelitian salah satu universitas di Amerika ketakutan berbicara di depan umum berada di urutan pertama sedangkan takut mati di urutan ke enam. Kemampuan public speaking bukanlah bakat yang didapat dari lahir. Tidak pula  berhubungan dengan latar belakang atau lingkungan hidup seseorang melainkan usaha dan kemauan, oleh karena itu motivasi dari diri sendiri berperan penting di sini. Sebagian orang pasti pernah mengalami kesulitan berbicara dihadapan orang banyak, sekedar gugup atau bahkan demam panggung. Untuk dapat mengatasi kesulitan tentunya kamu harus lebih dulu mengetahui apa penyebab kesulitan tersebut.

Oh Su Hyang  dalam bukunya 'bicara itu ada seninya'  memaparkan  bahwa trauma salah ucap adalah salah satu penyebab seseorang grogi berbicara di depan orang banyak. Oh Su Hyang sendiri merupakan seorang dosen dan pakar komunikasi terkenal di negaranya, Korea Selatan. Ini dia beberapa tips untuk lancar berbicara di depan umum ala Oh Su Hyang;

Advertisement

1. Membuat karikatur pendengar

Photo by Pixabay  from pexels

Photo by Pixabay from pexels via https://www.pexels.com

Audiens bukanlah seorang juri yang menilai kekurangan penampilanmu, berpikirlah bahwa mereka adalah orang-orang yang mendengarkan cerita gembiramu.

2. Hindari merendahkan kapasitas diri saat perkenalan diri

Photo by Andrew Neel from Pexels

Photo by Andrew Neel from Pexels via https://www.pexels.com

Beberapa orang mungkin akan menggunakan kalimat “saya masih memiliki kekurangan…” tapi sayangnya ini bukanlah situasi yang tepat untuk mengungkapkan rasa rendah hati. Audiens justru akan mulai meragukan pembicara yang tidak percaya pada dirinya sendiri maka jauhi kalimat-kalimat semacam ini.

3. Pelajari content dengan baik

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Photo by Startup Stock Photos from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu memahami dengan baik content apa yang akan disampaikan ini akan membuatmu lebih percaya diri dan meyakinkan di mata penonton. Dengan itu audiens akan mendengarkan dengan baik dan membentuk suasana nyaman untuk kedua pihak.

4. Ucapkan ‘mantra’ dengan penuh keyakinan

Photo by Prateek Katyal from Pexels

Photo by Prateek Katyal from Pexels via https://www.pexels.com

Sugesti diri sendiri dengan kalimat-kalimat positif seperti “aku yang terbaik..” “aku bisa!” dan sejenisnya. berpikir positif akan membuatmu bersemangat dan mengurangi kegugupan sehingga dapat memberikan hasil terbaik.

5. Practice makes perfect

Photo by Moose Photo from Pexels

Photo by Moose Photo from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu pasti pernah mendengar kalimat ini, practice makes perfect. Teruslah berlatih agar kamu menguasai materi dan panggung. Sesekali berlatihlah di depan cermin, dengan melihat penampilanmu sendiri hal ini membantu membangun kepercayaan diri dan meminimalisir kesalahan gesture.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE