Gudeg Jogja Terlezat dan Terkenal yang Harus Kamu Coba

Mana yang jadi favoritmu?

Yogyakarta atau sering disebut Jogja, adalah salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Selain memiliki banyak tujuan wisata ikonik, Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang menarik. Tidak terkecuali makanan legendaris yang merupakan ciri khas kota Yogyakarta, yaitu Gudeg.

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari gori atau nangka muda yang dimasak dengan rasa manis. Kemudian disajikan dengan ayam, telur, sambal krecek, hingga tempe tahu. Gudeg selalu menjadi pilihan makanan untuk dicicipi dan digunakan sebagai oleh-oleh. Jika kamu mengunjungi Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan rasanya yang enak.

Kali ini, kami akan memberikan 5 rekomendasi tempat makan terkenal dan paling enak yang harus kamu sambangi saat berlibur di Jogja. Ayo lihat di bawah.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum via https://hargamenu.net

Advertisement

Berbicara tentang warung gudeg Jogja yang terkenal, tentu tidak akan terlepas dari restoran paling legendaris dan dapat dikatakan sebagai pelopor dunia gudeg di kota Jogja ini. Siapa lagi kalau bukan Gudeg Yu Djum. Warung gudeg ini telah berdiri sejak 1951 dan masih ada sampai sekarang. Serta memiliki banyak cabang yang tersebar di sudut-sudut kota Jogja.

Dengan resep turun-temurun dari generasi ke generasi, serta kualitas dan rasa yang selalu dipertahankan, membuat Gudeg Yu Djum selalu menjadi pilihan bagi penduduk Jogja dan para turis. Ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh? Tentu bisa! Kamu bisa membeli paket atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu, atau memilih gudeg kendhil atau wadah tanah liat yang unik. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau dengan rasa yang memuaskan.

2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk via https://bonvoyagejogja.com

Rekomendasi Gudeg Jogja yang terkenal berikutnya adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Tempat ini terletak di Affandi No.2-A, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perbedaan yang paling mencolok antara tempat ini dan tempat makan lainnya adalah jam buka. Toko ini buka mulai jam 11 malam, karena tempat ini sangat populer bagi pecinta makanan malam.

Advertisement

Agar tidak kehabisan dan bisa puas menikmati menu yang disajikan, kamu disarankan datang 45-30 menit sebelum tempat makan ini buka. Sehingga Kamu tidak kehabisan dan tidak mendapatkan posisi di belakang. Karena banyak yang ingin mencicipi makanan tradisional ini.

3. Gudeg Permata Bu Sunarti

Gudeg Permata Bu Sunarti

Gudeg Permata Bu Sunarti via https://media-cdn.tripadvisor.com

Sama dengan yang sebelumnya, tetapi tempat makan ini memiliki perbedaan jam buka yang lebih cepat dari Gudeg Bromo Bu Tekluk, yaitu jam 9 malam. Gudeg Permata Bu Sunarti adalah salah satu tempat makanan terlaris untuk menyajikan makanan khas Jogja, karena makanan yang disajikan tidak terlalu manis dan cocok untuk pecinta hangat tetapi tidak menyukai rasa yang begitu manis di lidah.

Bersiaplah sedikit lebih awal sebelum jam warung makan ini buka. Sehingga kamu bisa mencicipi hidangan yang disediakan secara menyeluruh dan tidak kehabisan menu.

Advertisement

4. Gudeg Pawon

Suasana Antrian Gudeg Pawon

Suasana Antrian Gudeg Pawon via https://wafta.co

Rekomendasi gudeg Jogja terkenal berikutnya adalah Gudeg Pawon. Seperti kuliner malam lainnya, tempat ini akan buka pukul 10 malam waktu setempat. Tetapi jangan mencoba untuk tiba tepat pukul 10 atau lebih jika Kamu tidak ingin mengantri lama. Para pecinta makanan sudah antre 2 jam sebelum tempat itu dibuka.

Keunikan tempat ini adalah makanan yang disajikan langsung dari Pawon (Jawa), atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Dapur. Kamu akan mengantri untuk mendapatkan gudeg langsung dari dapur. Saat mengantri, Kamu dapat melihat proses pembuatan hidangan yang langsung dimasak di tungku tradisional.

5. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan via https://visitingjogja.com

Apakah Kamu ingin mencoba Gudeg tetapi di tempat yang memiliki nuansa modern seperti kafe? Tentu saja Gudeg Sagan Jogja adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sebuah restoran Gudeg yang terletak di dekat UGM, tepatnya di Jl. Profesor Dr. Herman Yohanes. Restoran ini selalu ramai, terutama di malam hari.

Tempat ini menawarkan suasana Gudeg yang agak berbeda dari yang lain, yaitu gudeg basah. Gudeg basah yang disajikan dengan saus santan kental membuatnya memiliki rasa lezat yang khas dan tidak ditemukan di gudeg lainnya. Menikmati hidangan hangat diiringi live musik dan tempat kontemporer hanya tersedia di Gudeg Sagan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sesuai dengan pilihan hidangan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE