Gunung Bromo Sudah Dibuka Kembali, Bisa Jadi Alternatif Pilihan Liburan Kalian Lho!

Liburan Asik

Bagi kalian yang penasaran kapan dibukanya wisata Gunung Bromo, kini pihak pengelola sudah menyatakan dibuka kembali. Kalian yang berasal dari luar Jawa Timur sekarang tidak perlu cemas hal ini karena reaktivasi wisata ini dibuka untuk umum. Namun kini para wisatawan harus siap dengan syarat kunjungan wisata di Gunung Bromo dan sekitarnya. Penerapan standar operasi dan prosedur yang ketat kepada pengunjung dengan adanya protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan juga pembatasan jumlah pengunjung dibeberapa tempat.

Yuk kita lihat dan ingat kembali spot mana saja yang menarik dan wajib kita kunjungi selama berwisata di Bromo.

Advertisement

1. Site Penanjakan Bromo (Sunrise)

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://drive.google.com

Ini merupakan site yang paling favorit dan wajib banget kalian kunjungi. Spot ini merupakan spot tertinggi dimana kita bisa melihat sunrise atau matahari terbit ke arah Kaldera Tengger. Tentunya jika ingin mendapatkan fenomena alam ini kalian harus rela bangun dan datang lebih pagi. Saat berkunjung ke spot ini kalian harus memakai pakaian hangat dari jaket, syal, kupluk, dan sarung tangan.

Walaupun di sana juga disediakan penyewaan baju hangat ataupun selimut.
Di spot ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti mushola, toilet, parkir Jeep Bromo, warung, dan kios penjual makanan.

Advertisement

2. Site Bukit Bromo

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://drive.google.com

Dengan pemandangan yang menyejukkan mata dan adanya kabut menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit yang ada di kawasan Bromo untuk berfoto karena lokasinya yang sangat instagramable. Biasanya di sini para wisatawan berfoto dengan mobil Jeep dan background alam di belakangnya. Lokasi bukit ini berada di bawah site penanjakan. Saat di lokasi ini wisatawan dapat melihat Kaldera Tengger, yaitu Gunung Bromo, Gunung Kursi, dan lain sebagainya. Di tempat ini pula upacara adat dilaksanakan.

3. Site Kawah

Photo by Instagram

Photo by Instagram via https://www.instagram.com

Lokasi spot kawah ini tidak jauh dari lokasi bukit bromo. Para wisatawan harus rela berjalan sekitar 2,5 km dari tempat parkir jeep hingga mencapai puncak kawah. Namun di sini juga disediakan fasilitas naik kuda tentunya dengan biaya yang sudah ditentukan. Kuda yang disediakan akan mengantarkan para wisatawan hingga naik 2km sehingga para wisatawan cukup berjalan dengan menaiki tangga sekitar 0,5 km saja.

Namun disarankan bagi wisatawan yang tidak kuat dengan bau menyengat dari belerang tidak perlu memaksakan untuk sampai puncaknya kecuali dengan menggunakan masker. Spot ini juga dilengkapi fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan penjual makanan dengan harga yang standar.

4. Site Bukit Cinta

Photo by Instagram

Photo by Instagram via https://www.instagram.com

Bukit Cinta ini cocok untuk kalian menyaksikan matahari terbit. Namun bukan berarti kalian tidak bisa menyaksikan matahari tenggelam ya. Jika kalian ingin nuansa lebih romantis dengan pasangan, kalian dianjurkan untuk mengunjungi bukit ini pada sore hari untuk menciptakan suasana lebih berkesan.

5. Site Bukit Teletubies

Photo by Instagram

Photo by Instagram via https://www.instagram.com

Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai tempat yang sangat alami dan tenang karena tempatnya yang jauh dari keramaian. Lokasi ini sangat cocok dikunjungi pada awal musim kemarau karena ditumbuhi rumput yang hijau sedangkan ketika musim kemarau akan ditutup pasir.

Tentunya lokasi ini juga menarik untuk berburu foto, tempat ini cukup ditempuh dengan berjalan kaki santai dari tempat parkir Jeep sambil melihat keindahan pemandangan alam disekitarnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE