Cara terbaik mengenali negaramu adalah mengunjunginya.

Saat mengatakan Indonesia, pasti yang terbersit adalah segala permasalahan di dalam negaranya. Indonesia sama seperti negara lain yang juga mempunyai masalah-masalah terdalam di negara mereka. Namun, coba lihat dari sudut pandang yang lain, Indonesia memiliki 5 pulau besar dan kurang lebih 17.504. Pulau-pulau itu memiliki sejuta pesona yang luar biasa, kemudian sudahkan anda mengunjunginya? Meskipun cuma sekali seumur hidup anda? Let's do it now..

1. Ajak Sahabat dan Temanmu Menikmati Pesona Indonesia

Ssst, Ngobrol Ternyata Ampuh Redam Stres

Ssst, Ngobrol Ternyata Ampuh Redam Stres via http://gayahidup.republika.co.id

Liburan ini bakalan garing banget kalau kamu pergi tanpa teman. Ya bagaimanapun juga kamu pasti butuh teman cerita dan jalan-jalan. Ajak gengmu! Hahaha selain lebih mengakrabkan kalian semua bisa buat liburan kalian nggak sepi di jalan. Pilih waktu yang tepat, sebenarnya kalau bisa si jangan waktu liburan karena wisata pasti ramai dan ongkos pesawat yang juga mahal.

Nah ini sedikit tips si buat kalian yang liburan, saran si mending bawa temen cowok deh. Temen-temen pria ini tidak hanya bisa melindungi kalian mereka juga biasanya lebih terampil dalam hal-hal soal alam. Tidak kalah penting mereka para pria biasanya tidak terlalu banyak foto sehingga kalian bisa menikmati alam dengan lebih dalam, tanpa sibuk berfoto terus dan media sosial, mereka juga tidak akan sering ngomel kalau di minta buat fotoin kita hahha..

Advertisement

Untuk kalian yang merencakan pergi jauh dengan pesawat maka hal yang paling sering terjadi adalah kalian bisa numpang bagasi mereka, karena pasti bawaan mereka sedit. Lebih hemat kan ladies

2. Tetapkan Lokasi Wisata Kalian

How to Avoid Backpacking

How to Avoid Backpacking via https://today.line.me

Oke setelah kalian mempunyai anggota untuk liburan kalian. Kalian bisa menetapkan area mana yang akan kalian datangi. Di sini pasti akan banyak perdebatan si A dengan si B dan banyak lagi. Ada yang mau ke Sumba, Maluku, Kalimantan dan masih banyak lagi. Nah di sini gunakan yang yang semua belum pernah di datangi biar semua merasakan pengalaman baru.

Kalian juga bisa memilih wilayah yang mencakup 2 hal yang mendasar yakni yang memiliki gunung dan pantai. Biasanya ini karena kaum pria suka sekali mendaki gunung dan wanita suka dengan pantai karena lebih romantis dan tidak terlalu lelah untuk mendapatkan foto yang indah. Eh, tapi ini biasanya ya tidak semua seperti itu hahaha. Indonesia Timur ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa yang membuat kalian bangga menjadi orang Indonesia.

3. Tentukan Jenis Wisatamu

How to Avoid Backpacking from Draining Your Back Pocket

How to Avoid Backpacking from Draining Your Back Pocket via https://www.allianz.com.au

Advertisement

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tentukan pilihan jenis wisata yang kamu mau. Jenis wisata ini maksudnya adalah seperti apa nanti wisatamu. Kamu bisa memilih sebagai turis yang semua telah diatur semua oleh biro perjalanan, baik area mana saja yang akan datangi, waktu, makan serta hotel tempat kalian menginap.

Kelebihannya ialah kalian tidak akan ribet dengan wisata nya semua telah diatur dan tidak mungkin ada tempat hits yang tidak tersentuh karena semua telah diatur. Kekurangannya yang pasti dari segi biaya yang lebih mahal dan keterbatasan waktu karena kalian harus mengikuti arahan biro perjalanannya.

Di samping itu biasanya paketan ini pasti dengan orang-orang di luar kalian yang tentu akan menambah teman kalian (kalau pas beruntung) atau kalian akan bertemu dengan orang yang menyebalkan dan ribetnya setengah mati ( kalau pas sial). Pilihan yang kedua adalah flashpaker. Ini mungkin terdengar baru ya jadi ku jelaskan sedikit dari yang aku baca. Ini adalah tengah-tengah antara backpaker dan turis. Di mana kalian memilih untuk merencakan dengan sangat matang lokasi yang akan kalian tuju, karena orang-orang yang memilih ini mereka mengedepankan kebebasan waktu tapi tetap dengan batasan, artinya tidak berarti bebas tanpa jam.

Di sisi ini mereka akan mengalokasi penginapan nyaman bukan berarti berbintang lima atau empat seperti turis tetapi mereka juga tidak tidur sembarang tempat. Kelebihan nya di sini adalah kalian memiliki quality time dengan teman-teman kalian, merencakan wisata yang sesuai, mengatur budget dengan lebih baik tanpa terlantar di sana. Kekurangannya ialah kalian harus taat pada jadwal yang kalian buat sendiri karena tidak ada time keeper buat kegiatan kalian, jadi jangan sampai kalian tidak mengunjungi semua wisata hanya karena bangun kesiangan atau kelamaan di suatu tempat.

Hal lain ialah perencanaan kalian harus matang dengan rajin browsing karena di situ kalian pertama kali menginjakan kaki. Pilihan yang ketiga adalah backpaker ini sudah sangat sering kalian jumpai. Hal yang paling menyenangkan ialah budget kalian terbilang kecil, dan kalian bebas menikmati semua tanpa harus terpaku jadwal.

Kalian bisa tidur di mana saja bahakan di rumah warga dan menikmati mengobrol dengan masyarakat sekitar. Kalau backpaker ini kalian harus sabar-sabar deh ketika kalian pergi dengan yang tidak biasa karena pasti mereka belum pengalaman dan bakal manja banget (sebagian si ya hehehe). Jadi tentukan wisata kalian ingin seperti apa sekarang tanpa menunda lagi ya guys...

4. Hai Anak Muda, Mulailah Menabung Untuk Menikmati Indahnya Indonesia

http://biz.kompas.com

http://biz.kompas.com via http://biz.kompas.com

Ini yang bisa dibilang cukup dasar ya, dana. Dana ini sebenarnya nggak perlu banyak kok teman, cukup dari anggaran nongkrong kalian bisa buat menabung untuk travelling. Soal dana ini butuh kesadaran dan kedisiplinan kalian karena kalau tidak bisa jadi rencana liburan kalian bakalan berantakan. Pasti akan banyak yang berfikir kalau liburan ke Indonesia jauh lebih mahal daripada liburan ke negara tetangga.

Tidak salah si sebenarnya berfikir seperti ini, tapi sebagai tuan rumah lebih baik kalian mengenal rumah kalian dengan lebih baik dibandingkan dengan orang lain mengenal rumah kalian. Rumah kalian ini sangat indah dengan alam dan adat istiadatnya kok, tidak rugi kalian menikmati nya. Selain lebih mengenal rumah sendiri kalian juga bisa ikut menambah pemasukan ke wilayah-wilayh di Indonesia lho, sekaligus memprosikan Pesona Indonesia. Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati kan.

5. Ingat ini Liburan yang Kalian Rencakan Jangan Sampai Hanya Menjadi Wacana

Meme Ekspektasi Vs Realita

Meme Ekspektasi Vs Realita via https://www.vebma.com

Ini penyakit banget deh beneran. Banyak di antara kita yang saat pembahasan itu semangat kemudia realita nya pas mendekati hari H pelan-pelan mengundurkan diri dengan 1001 alasan. Saat satu temanmu sudah menyatakan tidak jadi pasti sedikit-sedikit semua akan mengundurkan diri dan semuanya jadi wacana.

Ini jangan sampai terjadi ya.. kecuali memang benar-benar ada hal yang sangat tidak bisa dihindari. Meluangkan waktu untuk liburan tidak hanya menjadikan otakmu kembali fresh untuk bekerja. Uang yang kalian keluarkan jauh lebih murah daripada pengalaman yang kalian dapatkan. Selagi muda nikmati waktumu dengan hal yang lebih bermanfaat jangan hanya berdiam tanpa melakukan apapun.

Selain wisata alam ragam budaya Indonesia yang kaya serta kuliner yang gilak ini akan membuat kalian merasa menjadi orang yang sangat kaya sebagai orang Indonesia.

6. Liburan Ini Bisa Dijadikan Agenda Ketika Kalian Kelak Telah Menikah dan Punya Keluarga

Traveling – Bareng Teman atau Keluarga Ya?

Traveling – Bareng Teman atau Keluarga Ya? via https://blog.traveloka.com

Keluarga dan teman itu bukanlah sesuatu yang harus dipilih. Keluarga jelas lebih utama dan pertama. Kalian bisa melakukan travelling dengan keluarga dan teman kalian. Ini cukup asyik lho karena kalian tidak akan kehilangan kontak dengan sahabat-sahabat kalian tetapi tanpa menelantarkan keluarga. Hal yang paling mudah ialah kalian menentukan waktu untuk saling berkunjung ke rumah masing-masing saat kalian sudah tidak berada satu kota dengan sahabat- sahabat kalian.

Nikmati indahnya Indonesia sekarang dengan semua indera mu, itu adalah salah satu Anugerah Tuhan yang terindah yaitu negerimu yang luar biasa mempesona. Alam, budaya, dan kuliner menjadi bukti cinta Indonesia untukmu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya