Relasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan seseorang, terutama untuk saat ini di zaman modern, di mana orang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa mau peduli dengan keadaan lingkungan di sekitarnya. Di zaman seperti inilah, relasi menjadi sangat penting bahkan sudah bermetamorfosis menjadi sebuah kebutuhan bagi tiap insan di bumi.

Relasi yang bukan hanya sekedar relasi yang sangat dangkal, namun lebih kepada sebuah relasi yang intim, tulus dan sungguh-sungguh. Relasi adalah di mana seseorang selalu ada untuk sahabat atau kekasihnya, baik di saat senang maupun susah. Relasi merupakan di mana dia tetap mendampingimu di saat seluruh dunia meninggalkannya.

Kali ini, relasi yang akan dibahas adalah relasi terkait pacaran. Setiap orang pasti memiliki kriteria pacar atau pasangan idaman, mulai dari fisik hingga karakternya. Hal tersebut tidak salah. Namun, namanya manusia tidak ada yang sempurna, ada yang kriteria satu terpenuhi, tapi kriteria lainnya tidak. Nah, di sini aku mau membagikan hal-hal mendasar yang menurutku penting ada dalam seseorang. Kalau hal-hal itu sudah terpenuhi, maka kriteria lainnya tinggal tergantung setiap cewek/cowok masing-masing. Lagi-lagi balik ke selera masing-masing.

1. Kamu merasa nyaman saat ada di dekatnya

Ngerasa Nyaman Saat Dekat Dengannya via https://www.google.co.id

Kenyamanan adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Pacaran adalah persiapan pernikahan yang akan dijalani seumur hidup, makanya nyaman itu wajib hukumnya. Menikah adalah tentang menjadi tua bersama dan menyelesaikan masalah bersama. Kalau di antara pasangan itu udah nggak nyaman, gimana mau bertahan sampai tua? Nyaman di sini meliputi banyak hal, termasuk kalau ngobrol bareng itu nyambung, nyaman dengan sikap dan perilaku buruk masing-masing, nyaman sekedar duduk berdua di taman tanpa ngobrol apapun. Intinya nyaman menjalani pacaran dan menjalani hidup sampai tua.

2. Kamu dan dia bisa saling support

Support antar Pasangan via https://www.google.co.id

Kamu akan lebih enak menjalani hidup bersama dengan orang yang bisa support kamu dan sebaliknya, kamu juga bisa support dia. Pacaran dan menikah adalah tentang menjalani hidup bersama seorang partner, makanya support (dukungan) ini sangat penting untukmu menjalani tantangan hidup.

Advertisement

Support di sini bermacam-macam bentuknya, bisa support secara moral, memberi semangat, memberi kritik dan saran saat pasangan kamu sedang mengejar cita-citanya, tetap mau percaya bahwa suatu saat dia akan berhasil meskipun sekarang masih gagal terus, sampai support secara materi juga. Intinya, jangan sampai pasangan kamu menjadi penghalang kamu untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita.

3. Komunikasi kamu dan dia lancar

Kamu dan dia membuat komitmen untuk saling terbuka dan jujur. Kalau ada masalah atau hal apapun langsung didiskusikan, tidak dipendam seolah-olah sedang tidak terjadi apa-apa. Masalah sekecil apapun, atau misal ada hal yang tidak kamu sukai dari dia, kamu harus langsung ngomong ke dia, diskusikan baik-baik dan cari solusinya bersama. Termasuk juga memperbaiki diri masing-masing untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Di dalam komunikasi yang aku bahas ini, juga termasuk kerendahan hati untuk mau ditegur dan berproses bersama melalui sebuah hubungan. Komunikasi yang lancar merupakan inti dari sebuah relasi. Tentunya komunikasi yang didasari dengan komitmen untuk mau saling terbuka satu sama lain.

4. Perhatikan cara dia menyelesaikan masalah

Apakah dia tipe orang yang menyelesaikan masalah dengan emosi atau memendam hingga suatu saat menjadi bom waktu, ataukah dia tipe orang yang dengan berani minta maaf (meskipun dia tidak salah) dan mau menyelesaikan masalah yang ada sesegera mungkin?

Menurut aku, yang terakhir adalah yang paling baik dalam sebuah hubungan. Kalau bisa jangan menutup hari itu sampai masalah di antara kalian diselesaikan. Tidak peduli siapa yang salah atau siapa yang harus minta maaf duluan, yang penting adalah masalah itu kalian selesaikan bersama. Ini akan melatih kejujuran, keberanian dan komitmen masing-masing pribadi dalam relasi tersebut. Kalau masih pacaran saja sudah menyimpan masalah, apalagi saat nanti sudah menikah (di mana masalah akan lebih besar) akan berakibat buruk bagi rumah tangga kalian.

5. Sabar

Kalau kamu bersama dengan orang yang sabar, maka hidupmu akan lebih menyenangkan. Pacar yang sabar akan membuat kamu lebih enjoy dalam menjalani relasi. Pacar yang sabar adalah harta tak ternilai yang harus kamu syukuri dan kamu jaga. Hidup itu sudah susah, jika kamu harus menjalani hari-hari dengan orang yang emosional, maka kamu akan lebih berat dalam menjalani hidup.

Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan karakter yang satu ini. Karakter ini aku letakkan paling akhir bukan karena tidak penting, tapi justru karena ini paling penting dan menjadi pengikat dari keempat karakter yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Guys, kalau kalian sudah menemukan pasangan yang memiliki 5 kriteria tersebut, kalian harus bersyukur memilikinya dan jangan pernah lepaskan dia. Selamat mencari dan menemukan ya ^^