Negara kita mengenal dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim Hujan pasti selalu punya cerita lebih tersendiri di hati kita masing-masing. Hujan adalah sebuah peristiwa turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi.

Katanya, setiap detik ada 16 juta ton air yang menguap dan jadi hujan. Namun, jumlah yang sama akan kembali lagi ke bumi dalam bentuk hujan. Hujan biasanya akan menghasilkan genangan ketika turun, tapi tanpa sadar hujan juga membawa kenangan dalam hati kita ketika dia turun.

Hujan akan selalu berhasil membuat kita rindu, entah rindu pada suatu tempat, momen atau seseorang. Berikut ini adalah hal-hal yang akan kamu rindukan dari musim hujan.

1. Bisa Main Hujan-Hujanan

wajah ceria anak anak saat main hujan

wajah ceria anak anak saat main hujan via http://google.com

Siapa yang suka main hujan? Ketika musim hujan tiba, tentu saja hal yang lumrah kita lihat apabila banyak anak kecil yang bermain hujan. Anak kecil begitu riang bermain hujan bersama teman-temannya. Seketika itu juga kita akan mengingat saat kita kecil dulu bermain hujan bersama teman-teman masa kecil kita.

Advertisement

Terkadang kita ingin ikutan main hujan bersama anak-anak kecil itu, tapi apa daya kita udah besar jadi malu untuk main hujan-hujanan juga. Walaupun kadang-kadang ada yang nggak peduli sama rasa malu dan ikut main hujan-hujanan padahal udah besar. Hal-hal ini yang kadang bikin kita pengen jadi kecil lagi.

2. Ngopi Sambil Dengar Suara Air Hujan

ngopi saat hujan

ngopi saat hujan via https://www.google.com

Zaman sekarang minum kopi seakan udah jadi kebutuhan pokok sebagian orang. Sebagian minum kopi memang karena candu sama kopi ataupun memang untuk nahan ngantuk aja. Minum kopi yang paling cocok tentunya saat musim hujan.

Aroma kopi panas yang diiringi dengan dinginnya udara hujan pasti bakal klop banget. Mau kopi sachet, kopi hitam, ataupun kopi kafe sekalipun pasti lebih nikmat dinikmati saat hujan. Apalagi minum kopinya sambil santai-santai ngobrol sama orang tua atau orang-orang tersayangmu. Perfecto!

3. Aroma Tanah Saat Hujan Turun Pertama Kali

i love the smell of rain

i love the smell of rain via https://rnabeautifuldreams.wordpress.com

Advertisement

Setelah musim kemarau yang panjang dan hujan turun pertama kalinya, kita pasti bisa mencium suatu aroma yang dihasilkan oleh hujan. Aroma khas hujan ini dinamakan petrichor. Aroma ini dihasilkan oleh air yang jatuh ke tanah, senyawa organik aromatik bernama geosmin yang dihasilkan oleh bakteri Actinomycetes yang habitatnya berada di tanah.

Saat hujan turun, senyawa organik aromatik ini dilepaskan ke udara dan menimbulkan aroma khas tanah kering yang terkena hujan. Untuk pecinta musim hujan, tentu saja aroma ini akan begitu dirindukan.

4. Udara Sejuk Saat Musim Hujan

tidur + hujan = susah bangun

tidur + hujan = susah bangun via https://www.google.com

Musim hujan identik sama udara yang dingin dan sejuk. Biasanya kalau udaranya dingin ini kita bakal tergoda banget buat tidur. Jelaslah, karena lebih enak tidur kalau udaranya dingin daripada udaranya panas dan gerah seperti waktu musim kemarau.

Tidur waktu hujan turun itu bawaannya pasti nikmat banget lah, apalagi ditambah selimut hangat. Udah deh, pasti bakal susah banget buat lepas dari kasur. Kalau bisa pengennya ndusel-ndusel seharian di kasur, tapi nggak boleh dong karena kan harus kerja, kuliah atau sekolah.

5. Momen Boncengan Motor Sama Pacar, Mantan Atau Mantan Gebetan, ehhh

kita ibarat kang Dilan dan neng Milea

kita ibarat kang Dilan dan neng Milea via https://www.google.com

Kalau hujan turun, tentu saja para pemotor di jalan bakalan kena hujan. Memang ada sebagian yang berteduh, tapi ada aja sebagian yang tetap melanjutkan perjalanannya. Kita mungkin pernah boncengan naik motor sama seseorang sambil hujan-hujanan.

Susah buat dijelaskan, tapi ada sesuatu yang romantis dengan boncengan sambil hujan-hujanan. Kamu yang pernah ngalamin pasti nggak akan pernah lupa sama momennya. Jadi kamu yang udah pacaran boleh dicoba buat hujan-hujanan sambil naik motor sama pacar, percaya deh pasti nggak akan terlupakan.

Buat yang single (upss), cepetan cari pacar deh biar bisa boncengan sambil hujan-hujanan, mumpung lagi musim hujan nih. Buat yang lagi LDR aku cuma bisa bilang mangat yakk!!

Untuk pecinta hujan, jangan lelah untuk merindukan hujan karena hujan tidak akan jera untuk datang lagi dan lagi. Karena hujan itu baik, ia mau datang terus menerus walaupun ia sudah jatuh berkali-kali.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya