Hal-Hal yang Cuma Dipahami Mahasiswa PCR (Politeknik Caltex Riau)

 

Kampus adalah salah satu tempat yang menggoreskan begitu banyak cerita dengan berjuta rasa yang berbeda. Setiap moment kecil yang khas dari dunia kecil kampusmu itu bisa saja membawa banyak kenangan di benakmu. Buat kamu mahasiswa Politeknik Caltex Riau, mari sedikit membangkitkan kenangan-kenangan indah itu dari hal-hal sederhana yang khas yang dulu  atau saat ini sedang menghisasi hidup kita selama melalui masa perkuliahan disana.

 <>1. ISO adalah pintu gerbang awal memulai kegiatan untuk mahasiswa baru

Information Study & Orientation (ISO) adalah masa dimana anak-anak baru mengenal PCR secara tersurat. Dari ISO kita diajarkan untuk selalu tepat waktu,terbiasa mengerjakan semua tugas dengan maksimal, saling kerjasama, dan yang pasti menghargai senior.

Di masa ini akan ada 2 orang kakak pembimbing yang bakal menemeni masing-masing partai, kakak pembimbing ini bisa jadi malaikat penolong buat mecahin teka-teki rumit bin ajaib dari kakak angkatan seksi tugas.

Di masa akhir semester nanti kakak pembimbing ini akan menjelma menjadi dosen pembimbing yang dengan setia menemeni kamu. Jadi PCR itu udah ngasih kamu 2 sosok malaikat penjaga dari awal sampai akhir perkuliahan. Kakak pembimbing dan dosen pembimbing.

<>2. Disiplin, Kebersamaan dan Cinta Lingkungan.

Dari pertama kali memulai aktifitas di kanpus ini, kamu akan diperkenalkan dengan semboyan pamungkas PCR ini, kalau di indonesia semboyan ini bisa disamakan dengan bhineka tunggal ika. Dari awal mahasiswa PCR dituntut untuk mampu disiplin dalam mengikuti perkuliahan, kebersamaan artinya saling menghargai sesama teman dan cinta lingkungan maksudnya PCR sangat menjaga lingkungan sekitar.

Tapi kadang semboyan ini berubah dan diplesetkan oleh beberapa orang menjadi "disiplin,kebersamaan dan cinta lokasi" karena banyak nya cinta lokasi yang terjadi di kampus ini.

<>3. Matrikulasi adalah ajang saling mengenal (baca : tebar pesona)
matrikulasi

matrikulasi via http://google.com

Proses matrikulasi adalah proses pengenalan, saling berbaur dan saling bertukar ilmu. Mahasiswa jurusan komputer atau informatika akan belajar bagaimana "hangat" nya solder dan rumitnya rangkaian listrik, sedangkan anak jurusan elektro akan diperkenalkan dengan motherboard dan kloni nya.

Selain itu, masing-masing kelas akan diisi mahasiswa dari gabungan semua jurusan di matakuliah bahasa inggris.Ini akan jadi kenangan yang menyenangkan, selain ajang tukar ilmu juga bisa jadi ajang tukar nomer handphone dengan gebetan jurusan lain.

<>4. Mengisi KRS hanya dongeng di PCR
isi krs

isi krs via http://google.com

Hal ini disebabkan karena sistem yang diterapkan adalah sistem paket. Sesuai semboyan dasar yang diakui oleh mahasiwa PCR (disiplin,kebersamaan dan cinta lingkungan), semua mahasiswa akan mendapat materi dan SKS yang sama, sehingga apabila semua dapat dilaksanakan dengan baik, maka diharapkan semua mahasiwa yang masuk di tahun yang sama akan lulus ditahun yang sama juga.

<>5. Masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 16.00 adalah rutinitas

Jika kamu berpikir setelah lulus SMA maka perkuliahan tidak melulu mengganggu tidur nyenyakmu, maka PCR akan membuat kamu merasakan hal sebaliknya.Di PCR kamu akan memulai perkuliahan dari jam 7 pagi dan nyaris menghabiskan waktu sampai jam 4 sore di kampus.

Maka jangan heran melihat tampang kusut pagi karena terlambat bangun dan terpaksa ke kampus dengan jurus seribu bayangan. Namun seiring terbiasanya kamu menjalani hari hari di kampus ini,kamu akan terbiasa dengan rutinitas pagi dan berkutat dengan perkuliahan sampai sore. Hal ini diharapkan dapat membiasakan kamu saat nanti sudah bergelut di dunia kerja,khususnya dibidang industri.

<>6. Haram hukumnya mencontek saat ujian.
nyontek

nyontek via http://nyunyu.com

Di PCR,jika kamu ketahuan mencontek atau berdiskusi indah saat ujian maka hukuman berat siap menanti. Jika hal ini terjadi maka semua nilai mata kuliah lain sebelum ujian ini akan berubah ke 0. Dengan konsekuensi ini,kamu bahkan dengan bebas akan turun tingkat dan terpaksa mengulang lagi semester tersebut.

<>7. Di PCR kamu tidak akan takut terhirup asap rokok.
dilarang merokok

dilarang merokok via http://google.com

Kampus ini adalah kampus bebas asap rokok dan tertib lalu lintas. Di PCR kamu tidak akan menemukan puntung rokok yang berserakan atau mahasiswi yang sesak napas karena asap rokok yang memenuhi udara. Kampus ini mentasbihkan diri menjadi kampus bebas asap rokok, sehingga baik mahasiswa,dosen atau tamu yang berkunjung tidak diperkenakan merokok di area kampus. Selain itu,kawasan kampus juga merupakan kawasan tertib lalu lintas, dimana untuk pengendara sepeda motor wajib menggunakan spion dan helm ganda dengan kecepatan minumum di lingkaungan kampus. Selain itu, semua mahasiswa di PCR tidak diperkenankan memanjangkan rambutnya. Jadi kita bisa dengan bebas melihat cowok cowok rapi di sekitar kampus.

<>8. Terlambat saat praktikum, “silahkan tutup pintu dari luar”
tutup pintu

tutup pintu via http://google.com

Saat praktikum,kamu harus tiba tepat waktu, jika terlambat maka kamu harus menutup pintu dari luar alias mengikuti praktikum susulan. Banyak hal-hal yang bisa mebuat kamu terlambat saat praktikum diantaranya jas lab yang tertinggal di kos, laporan yang tertinggal atau modul praktikum yang tertinggal.

Alasan kenapa kamu tidak diperkenankan masuk saat terlambat praktikum selain disiplin adalah kamu bisa mengganggu konsentrasi teman lain, atau kamu bakal terlambat mengikuti pre test.

<>9. Di PCR ,kamu akan akrab dengan pena biru dan kertas A4

Untuk jurusan seperti elektronika,telekomunikasi atau mekatronika, kamu akan sangat akrab dengan pena biru dan kertas A4 karena hari-harimu akan ditemani laporan praktikum. Maka jangan heran jika weekend sebagian besar mahasiswa akan mengisi waktu dengan laporan pendahuluan jika tidak ingin terburu-buru saat akan mengumpulkan laporan.

Laporan tulis tangan dengan pena biru dan margin 4:3:3:3 akan menjadi kenangan manis buat kamu. Di akhir akhir peekuliahan kamu bahkan akan merindukan rutinitas itu lagi. 

<>10. Carry Over adalah monster yang akan memakan waktu liburan semestermu

Saat akhirnya nilai yang kamu dapatkan kurang dari standard yang ditetapkan kampus, kamu masih bisa memperbaiki dengan revisi, namun ketika kesempatan kedua itu tak mampu membuat keadaan jadi lebih baik,maka mahasiswa PCR akan langsung memperoleh tiket carry over,untuk menikmati masa liburan dengan berkeliling kampus dan mengulang mata kuliah yang gagal tersebut.

Maka jangan heran jika pada masa liburan kampus tak.juga kunjung sepi dari mahasiswa, selain para pejuang UKM, ada mahasiswa CO yang juga sedang memperbaiki dan memantaskan diri.

<>11. De pipe adalah kantin sejuta umat.

Dilingkungan kampus hanya ada satu kantin yang bisa kamu jadikan ajang “pamadam kelaparan”. De pipe adalah kampus sejuta umat, karena disini semua kalangan akan bercampur baur dari mulai dosen, mahasiswa tingkat akhir samapi mahasiswa baru. Sistem antrian panjang pun berlaku saat jam-jam genting. Maka tak heran kantin de pipe ini akan selalu ramai (baca:berisik) oleh gelak tawa, gossip atau bahasan tugas mata kuliah.

<>12. Saat tugas akhir menanti, laboratorium kampus akan terasa lebih nyaman dari kamar kos.
lab kampus

lab kampus via http://google.com

Saat masa-masa akhir kuliah, dan kamu sedang berjibaku dengan TA alias Tugas Akhir, maka kamu dan pejuang-pejuang seangkatan akan sangat nyaman berada di laboratorium untuk sekedar menulis progress report, mengolah data, atau mencoba metode penelitian. Bahkan kamu nyaris diberikan waktu sepanjang hari untuk berada di laboratorium.

Maka di saat-saat paling menentukan ini, sebagian besar maasiswa akan lebih mudah ditemui di laboratorium kampus daripada di kamar kos. Demi selembar ijazah nan membanggakan di hari wisuda nanti.

 

 

<>13. Saat wisuda adalah momen mengharukan yang tak akan terlupakan.

Saat wisuda, setelah berjibaku dengan tugas akhir, revisi, sidang dan berbagai bahan pelengkap kelulusan, momen ini akan jadi bagian paling mengharukan, membahagiakan dan melelahkan. Kamu akan memastikan teman sekelas yang selama beberapa purnama (AADC version) bersama akan tetap keep contact.

Berterimakasih kepada dosen pembimbing dan penguji, dan tak lupa menghaturkan maap dan ucapan terimakasih kepada dosen wali mu, dosen wali adalah wali kelas yang bertanggung jawab terhadap kelas mu selama kamu berkuliah di PCR.

Momen ini akan mengingatkanmu pada banyak hal yang telah kamu lalui selama menjadi mahasiswa Politeknik Caltex Riau.

Apapun dan bagaimanapun ceritamu selama kuliah di Politeknik Caltex Riau, akan selalu ada ruang kosong tempat kenangan-kenangan itu tertata. Suatu saat kenangan itu akan membawamu pulang ketempat kau menimba ilmu sebelum mengarungi kerasnya hari. Pada semua dosen dan civitas akademika Politeknik Caltex Riau, ribuan terima kasih kami haturkan, semoga jaya selalu.

Terimakasih sudah mengisi hidup kami dengan berbagai pelajaran bermakna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

34 Comments

  1. Kenangan pak… masih banyak kenangan lain selama di pcr…

  2. 1 lagi. KOMPEN!!! hihihi

  3. Mastaria Barus berkata:

    Inagurasi kak, sangat menyenangkan

  4. Rawono Siswo berkata:

    Go G’15 and the next generation

  5. YU Ping Sen berkata:

    kangen dengan suasana kampus

  6. Ma'shum Rois berkata:

    Ada yang butuh kompen?
    Silahkan merapat ke ruangan.. �

  7. Topa Buddy berkata:

    Disiplin, Kebersamaan, Cinta Lokasi.
    Hal-hal seru dan menyenangkan tentang PCR gak akan terlupakan. Kalau sampai terlupakan, siap-siap aja dikasih punggung. Hehehe…

    PCR, empower you to global competition, empower you to have a better life.

CLOSE