5 Hal Produktif yang Bisa Menjadi Pilihan Dikala Pandemi

Berbagai macam pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah aja.

Tahun 2020 sudah pasti merupakan tahun yang amat menyulitkan bagi orang-orang di seluruh dunia. Dikarenakan virus COVID-19 yang mulai merebak mulai dari awal tahun hingga saat ini, menjadikan aktivitas inti maupun sekunder yang dilakukan semua orang sangat minim dan dengan strict dibatasi demi menjamin kesehatan yang saat ini menjadi konsen paling utama di masyarakat. Masa-masa sulit yang dirasakan pada situasi kondisi seperti ini kian menjadi asupan sehari-hari, terutama bagi masyarakat yang dalam berkehidupan masih disertai dengan banyak kekurangan. 

Maka dari itu, bagi kamu yang merasa sebagai salah satu bagian dari masyarakat yang masih bisa me-manage keadaan ini hendaknya tidak lupa bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan ya? Berbicara mengenai masa sulit yang dialami selama pandemi, tentu semua masalah mempunyai jalan keluarnya masing-masing. Saat dipertemukan dengan masa sulit, manusia cenderung mengatasinya dengan hal-hal yang dipikir setidaknya bisa mengembalikan keadaan seperti seperti semula, entah itu dengan hal yang menarik atau ide-ide out of the box yang dibuahi dengan hasil menguntungkan setelahnya. Hal-hal ini yang nantinya juga bisa membantu suatu individu agar tetap bersemangat menjalani hidup dikala masa yang menyulitkan seperti yang terjadi pada saat ini.

Kira-kira, hal apa saja sih yang asik dilakukan tetapi juga membuahkan hasil significant? Berikut ini akan kita ulas berbagai kegiatan yang readers tetap bisa dilakukan pada saat pandemi namun juga menghasilkan keuntungan yang tidak kalah menarik!

Advertisement

1. Belajar Banyak Hal Melalui Pendengaran Podcast

Photo by Christina Morillo from Pexels

Photo by Christina Morillo from Pexels via https://www.pexels.com

Millenials dan Generasi Z pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini. Ya, dalam era digital yang tidak luput dari bantuan alat teknologi, informasi, dan komunikasi menjadikan Podcast sebagai salah satu media yang bisa menemani kita belajar banyak hal baru kapanpun kita membutuhkan dan dimanapun kita berada, apalagi di masa pandemi yang membuat kita kesulitan meningkatkan soft skill sebagai salah satu development penting.

Podcast sendiri merupakan sebuah siaran yang berbasis audio dengan beraneka ragam topik dan dilakukan dalam mode non – streaming, beda halnya dengan radio. Biasanya generasi jaman sekarang sangat menyukai hal yang simple namun memiliki segudang manfaat, maka Podcast lah yang menjadi pilihannya.

Advertisement

Selain media ini dapat dijadikan untuk menambah ilmu pengetahuan, berita yang luas hingga obrolan santai, yang paling menarik Podcast juga bisa disimpan kemudian didengarkan kembali. Dengan demikian, saat kita hendak melakukan aktivitas sehari-hari, media ini akan menjadi teman yang paling pas untuk kalian.

2. Memulai Bisnis Kecil yang Berbasis Daring

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan adanya Internet, seakan menjadikan dunia yang luas dan sulit dijangkau berbalik ke dunia yang praktis dan bisa dijangkau bagaikan sekepal genggaman tangan. Kata tidak mungkin seperti nihil diucapkan jika manusia telah mengenal Internet. Beredarnya virus yang meresahkan seluruh dunia membuat sebagian masyarakat masih enggan untuk membeli kebutuhan dengan metode langsung mendatangi ke tempat – tempat tujuan, sebagian masih memutuskan untuk stay di dalam rumah karena bagi mereka safety merupakan hal paling utama. Lalu, bagaimana mereka bisa bertahan hidup? Jawabannya sangat mudah karena bisnis daring penyedia berbagai kebutuhan lah yang turut membantu mereka dikala pandemi.

Mungkin sudah banyak kerabat maupupun kolega yang berangsur-angsur bergabung dalam bisnis kecil-kecilan berbasis daring, namun tidak ada salahnya jika kalian memutuskan untuk bersaing secara sehat dengan mereka. Selain cukup memutar otak saat memutuskan usaha apa yang harus dikembangkan, kemudian kita juga sekalian belajar untuk memakai strategi pemasaran dalam mewujudkan profit yang setimpal. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya dalam situasi dan kondisi seperti ini?

Advertisement

3. Workout From Home

Photo by Valeria Ushakova from Pexels

Photo by Valeria Ushakova from Pexels via https://www.pexels.com

Tahukah kalian bahwa menjaga kebugaran jasmani merupakan hal terpenting saat dihadapi dengan situasi mengikat seperti masa pandemi? Tidak salah lagi, pandemi mengharuskan semua aktivitas yang kita kerjakan sebaiknya dilakukan 80% dari rumah, karena dengan berada di rumah, maka kita akan meminimalisir tersebarnya virus yang tidak terdeteksi ketika melakukan kontak dengan banyak orang di sekitar.

Namun tidak perlu merasa khawatir, walau berada di rumah saja tetapi kita semua tetap bisa menjaga kesehatan jasmani dengan praktis lho. Kita dapat melakukan gerakan-gerakan yang mudah maupun semakin meningkat levelnya sampai sulit minimal selama 20 menit perharinya.

Beberapa sumber seperti yang terdapat di YouTube atau aplikasi-aplikasi olahraga di ponsel dapat membantu readers dalam melakukan hal ini, atau beruntung jika beberapa dari readers memiliki alat kebugaran yang pastinya akan memudahkan proses berlangsungnya kegiatan workout from home. Selain berolahraga secara teratur, diharapkan bisa memilah makanan yang sehat untuk dikonsumsi sebagai pendukung dalam bertahannya jasmani yang sehat dari gencatan virus yang merebak selama pandemi berlangsung.
 

4. Bermain games

Photo by Katerina Holmes from Pexels

Photo by Katerina Holmes from Pexels via https://www.pexels.com

Tahukah bahwa bermain game itu untuk merelaksasikan otak?, readers dapat bermain game untuk menghilangkan kejenuhan di masa pandemi. Banyak sekali game yang dapat dimainkan melalui handphone kita,tentu kita tidak bermain sendirian, di masa teknologi sudah canggih teman teman juga bisa bermain game secara ber sama – sama dan banyak genre game yang membutuhkan fitur online tersebut.

Diantara lain adalah Game MOBA, RPG ataupun FPS, jadi readers tidak usah khawatir jika tidak ingin bermain game sendirian, akan tetapi readers juga harus memperhatikan waktu jam main juga ya!. Agar tetap fit dan tidak menatap layar gadget terlalu lama yang menyebabkan kerusakan pada mata 

5. Staycation Demi Membantu Kembali Berjayanya Sektor Pariwisata

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Pandemi memberikan dampak buruk yang tidak bisa terhitung lagi kerugiannya. Kita bisa melihat dari data akurat yang menyajikan persentase turunnya perekonomian di seluruh dunia yang diakibatkan oleh pandemi virus COVID-19 yang kurang lebih sudah berlangsung selama hampir 1 tahun. Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat bergantung terutama pada pendapatan sektor pariwisatanya, tentu dibuat resah akan masalah ini.

Maka dari itu, Pemerintah bersama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia bekerja sama dalam upaya menstabilkan kembali pendapatan sektor pariwisata, namun hal ini tidak bisa direalisasikan begitu saja tanpa bantuan readers yang tentu akan sangat berjasa dalam prosesnya. Banyak hotel-hotel di Indonesia yang sudah dipromosikan dengan potongan harga bernilai fantastis guna mengembalikan ketertarikan masyarakat untuk menghabiskan waktu liburannya di hotel terdekat, seluruh hotel juga selalu dibersihkan dengan penyemprotan sterilisasi disinfektan secara berkala dan penetapan protokol kesehatan bagi seluruh pekerja maupun kita sebagai penghuni yang hendak menginap disana.

Selain merelaksasi pikiran karena berada di suasana baru, bersih dan comfy, readers secara tidak langsung juga ikut berpartisipasi dalam membantu sektor pariwisata negara tercinta kita ini menstabilkan kembali pendapatannya di masa pandemi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE