Hal yang Bisa Mahasiswa Lakukan Setelah Lulus Kuliah, Agar Masa Depan Cerah!

5 hal ini dapat kamu lakukan setelah lulus kuliah lho!

Setelah menempuh pendidikan di perkuliahan kurang lebih sekitar 4 tahun, maka Anda pasti akan mengalami yang namanya wisuda. Wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu karena itu yang menjadikan pertanda bahwa Anda pernah menempuh bangku kuliah. Nah setelah lulus dari perkuliahan dan sudah tidak menjadi mahasiswa, maka langkah selanjutnya Anda harus merencanakan masa depan dengan matang, karena kehidupan setelah lulus kuliah sangat berbeda. Untuk itu setelah lulus Anda harus selalu berfikir bagaimana caranya agar bisa meraih sebuah impian yang sudah direncanakan. 

Advertisement

1. Membuat Sebuah CV

Photo by 5138153 on Pixabay

Photo by 5138153 on Pixabay via https://pixabay.com

Hampir semua lulusan freshgraduate setelah lulus kuliah pasti ingin sekali mendaftar ke sebuah perusahaan yang sudah diimpikan sejak awal kuliah. Dan pastinya saat mendaftar ke perusahaan harus memenuhi berbagai macam persyaratan agar bisa diterima salah satunya yaitu CV. CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen resmi dimana nantinya akan digunakan untuk melamar pekerjaan. Agar CV Anda bisa menarik perhatian HRD maka buatlah semenarik mungkin dan jangan pernah sekali-kali berbohong.

2. Lanjut Kuliah

Photo by Hans on Pixabay

Photo by Hans on Pixabay via https://pixabay.com

Bagi sebagian mahasiswa dengan menyandang gelar S1 saja belum cukup, dan biasanya mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2. Jika Anda sangat menyukai dunia pendidikan, maka tidak ada salahnya melanjutkan ke S2 agar lebih mendapatkan ilmu banyak dan lebih memudahkan dalam mendaftar ke perusahaan ternama.

Advertisement

3. Menjadi Blogger atau Youtuber

Photo by Free-Photos on Pixabay

Photo by Free-Photos on Pixabay via https://pixabay.com

Jaman sekarang mencari uang tidak harus bekerja di perusahaan, karena sudah banyak aktivitas yang dilakukan dan bisa mendapatkan uang contohnya dengan menjadi blogger atau youtuber. Banyak orang yang sudah sukses hanya karena menekuni kedua bisnis tersebut dan berhasil mendapatkan gajian tiap bulan dari google adsense. Apabila Anda ahli dalam bidang menulis maka bisa menjadi blogger dan jika Anda mempunyai skill bicara yang bagus terlebih jika mempunyai skill edit video maka bisa menjadi youtuber.

4. Membuka Lembaga Kursus

Photo byannemcdon by Pixabay

Photo byannemcdon by Pixabay via https://pixabay.com

Jika Anda belum mendapatkan panggilan interview dari perusahaan, maka bisa memanfaatkan waktu luang dengan cara membuka lembaga kursus sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Contohnya Anda waktu kuliah mengambil jurusan bahasa inggris, maka bisa membuka les privat bahasa inggris untuk anak SMP atau SMA. Jika Anda serius dalam menekuni pekerjaan tersebut, maka kedepannya bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda.

5. Berwirausaha

Advertisement
Photo by mhouge on Pixabay

Photo by mhouge on Pixabay via https://pixabay.com

Menjadi pengusaha merupakan salah satu impian kebanyakan mahasiswa setelah lulus dari perkuliahan, karena dengan menjadi pengusaha Anda bisa mendapatkan waktu luang yang sangat banyak. Apabila Anda ingin menjadi sukses di usia muda, maka menjadi pengusaha menjadi hal yang harus dicoba.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah lulus kuliah. Jangan sampai setelah lulus kuliah Anda hanya menganggur saja, karena itu akan menambah beban orang tua. Jadilah sarjana yang bijak dengan melakukan kegiatan yang bisa membangun masa depan. Jangan sampai kecewakan orang tua yang sudah membiayai Anda kuliah sampai menjadi sarjana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

seorang mahasiswa yang sangat menyukai dunia menulis

CLOSE