Mari Kita Manfaatkan Handphone dengan baik, Berikut 5 Manfaat Handphone Untuk Belajar Daring Di-Era Pandemi Covid-19

Yuk, kita simak 5 manfaat handphone untuk belajar daring!

Pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia sedikit banyak telah memengaruhi cara manusia beraktivitas. Banyak kegiatan terpaksa di pusatkan di rumah mulai dari bekerja dari rumah hingga belajar dirumah. Di sisi lain, tahun ajaran baru untuk anak sekolah sudah akan segera dimulai. Namun tanda-tanda kembali ke sekolah di tengah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) masih nampak abu-abu. Tak ayal, solusi terakhir adalah tetap membiarkan anak belajar secara daring.

Belajar secara daring akan memberi siswa kendali penuh atas pembelajaran mereka dan siswa dapat bekerja dengan kecepatan mereka sendiri. Umumnya siswa bekerja lebih cepat dan memroses informasi dengan kapasitas lebih besar. lnilah mengapa belajar daring dianggap lebih baik dilakukan dalam periode belajar yang lebih pendek daripada ketika di kelas agar anak tidak lelah. Orang tua harus menegaskan kepada anak dalam penggunaan handphonenya, meskipun handphone sangat diperlukan untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh dengan guru sekolah. Karena itu, orang tua wajib mengarahkan anak untuk menggunakan handphone untuk hal yang positif dan menumbuhkan sikap kritis terhadap anak mengenai dampak negatif daripada handphone.

Meskipun belajar daring menggunakan handphone sangat menyenangkan bagi siswa, tapi kira-kira siswa tersebut bisa menggunakan handphonenya dengan baik atau tidak untuk belajar saat daring. Berikut, Mari kita simak 5 manfaat Handphone untuk belajar daring saat Pandemi!

Advertisement

1. Sebagai Alat Untuk Komunikasi

Foto oleh Gabby K dari Pexels

Foto oleh Gabby K dari Pexels via https://www.pexels.com

Ini merupakan alasan utama mengapa Handphone sangat penting dizaman sekarang ini, yaitu sebagai alat komunikasi. Alat komunikasi tentu menjadi hal yang sangat vital, karena kita membutuhkannya untuk berhubungan dengan kolega, atasan, teman dan keluarga. Bisa kita bayangkan betapa sulitnya kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan tanpa adanya alat komunikasi, terutama di era yang serba cepat seperti sekarang ini. Bayangkan saja seandainya jika tidak ada alat komunikasi, maka yang terjadi pasti semua orang akan sangat susah untuk menghubungi ataupun untuk sekedar bertayan kabar terhadap sanak saudara, teman maupun yang lain sebagainya.

2. Sebagai Media Informasi

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Handphone sudah pasti dilengkapi dengan akses internet dan mesin pencari seperti Google Chrome, Opera Mini, atau mesin pencari dari perusahaan pembuat smartphone. Mesin-mesin pencari ini tentu sangat diperlukan untuk dapat mengakses berbagai informasi dan referensi, bahkan mesin pencari merupakan salah satu alasan paling utama mengapa Handphone menjadi sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, dengan menggunakan handphone akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi di dalam media internet, terlebih zaman sekarang ini dalam mendapatkan informasi dari media internet sangatlah cepat, oleh karena itu dalam menyikapi informasi dari media internet bisa juga sosial media haruslah bisa selektif dalam menyikapinya, supaya nantinya tidak menjadi korban informasi hoax.

Advertisement

3. Penyimpanan Data Siswa

Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels via https://www.pexels.com

Saat ini, banyak ponsel dengan kapasitas penyimpanan besar yang dapat menyimpan beragam file dan aplikasi . Dengan space penyimpanan file sebesar itu pada ponsel, kita bisa menyimpan berbagai macam file penting dalam beragam format seperti doc dan pdf sebanyak apapun. Selain itu, kapasitas penyimpanan data yang besar juga diperlukan untuk menyimpan berbagai aplikasi seperti microsoft office, share it dan sebagainya.

4. Sarana dalam Membantu Mengerjakan Tugas Sekolah

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via https://www.pexels.com

Handphone ini juga sangat membantu kita dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Siswa dapat mengakses informasi dari media internet untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

5. Sebagai Fasilitas Untuk Usaha secara Online

Foto oleh Tim Douglas dari Pexels

Foto oleh Tim Douglas dari Pexels via https://www.pexels.com

Dengan adanya Handphone pada zaman sekarang ini bisa,membuat kita semakin mudah dalam hal berbisnis, apalagi dalam mengelola bisnis online. Pada zaman sekarang bisnis online terus berkembang. Bagi Anda yang ingin berbisnis online tetapi minim budget, maka Handphone mampu membantu Anda dalam hal jual beli tanpa perlu membuka toko sendiri ataupun lapak, andapun dapat menjadi Dropshipper dan tak bisa dipungkiri walaupun dalam menggunakan media online maka usaha dan bisnis anda bisa tetap lancar karena anda bisa dengan mudah untuk mempromosikan barang dagangan Anda.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE