Yuk, Rayakan Momen Hari Anak Nasional dengan 6 Kegiatan Ini

Selamat Hari Anak Nasional!

Pemerintah menetapkan tiap tanggal 23 Juli  sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Hari Anak Nasional bukan hanya sekedar hari perayaan nasional semata, namun sebagai pengingat bagi orang tua bahwa anak berhak untuk mendapatkan kasih sayang dan juga perhatian dalam masa tumbuh kembangnya.

Bagi para orang tua yang seringkali sibuk dengan rutinitas pekerjaannya, inilah saat yang paling tepat untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak. Cobalah lakukan cara mudah ini untuk merayakan Hari Anak Nasional bersama si buah hati.

Advertisement

1. Memberikan makanan favorit

Untuk merayakan hari anak Nasional, para orang tua bisa memanjakan anak dengan memberikan makanan favoritnya. Misalnya seperti memberikan es krim yang sangat ia sukai, martabak manis atau apa saja yang menjadi makanan favoritnya. Ajak seluruh anggota keluarga ikut menikmatinya sambil ngobrol bersama di teras atau ruang keluarga.

2. Ajak anak bermain

Orang tua yang sibuk dengan rutinitas mungkin jarang memiliki waktu untuk bermain bersama si buah hati. oleh karena itu, pada momen Hari Anak Nasional ini, cobalah atur waktu untuk bermain bersama si buah hati. Tidak masalah bermain apa, yang penting bermain bersama.

Advertisement

3. Jalan-Jalan ke tempat favoritnya

Biarpun libur sekolah telah selesai, nggak ada salahnya untuk mengajak anak pergi jalan-jalan untuk merayakan Hari Anak Nasional ini. Agar lebih sepesial, coba biarkan si buah hati memilih destinasi yang ingin dituju. Ia pasti akan merasa senang karena anda mau mendengarkan pendapatnya.

4. Beri anak pujian

Jangan lupa, beri anak pujian. Bisa atas apa yang ia lakukan hari ini maupun atas apa-apa yang telah dilakukannya sebelum-sebelumnya. Pujilah anak dengan jelas agar ia mengerti hal baik apa yang telah dilakukannya. Misalnya dengan bilang, “Kamu sekarang udah pinter ya, udah bisa mengerjakan PR sendiri” atau “Terima kasih ya, sudah membantu ibu memasak.”

5. Menonton film bersama

Setelah seminggu masuk sekolah, anak mungkin lelah dengan latihan di sekolah. Oleh karena itu, anda perlu membuat mereka merasa segar dan semangat kembali, ajaklah dia menonton film kartun kesukaannya. Setelah selesai menonton, baru deh ajak dia untuk mengerjakan tugasnya, temani dia sampai tugasnya selesai agar dia tetap disiplin.

Advertisement

6. Bacakan anak cerita

Tutup hari dengan membacakan anak cerita. Siapa tahu tanpa Anda sadari, sudah sangat lama Anda tidak melakukannya? Membaca cerita untuk anak dapat memberi banyak manfaat lho. Tidak perlu ragu juga untuk melakukannya meski anak sudah cukup besar atau bisa membaca sendiri. Percayalah, anak akan tetap merasa istimewa bila buku yang biasa ia baca sendiri dibacakan oleh orang tuanya tercinta.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE