Hari Mempengeringati International Women’s Day! Berikut Adalah Fakta-Faktanya!

There is no limit to what we, as women, can accomplish - Michelle Obama

Pada tanggal 8 dibulan maret diperingati dengan perayaan International Women’s Day yang disingkat menjadi (IWD) atau dalam bahasa Indonesia sebagai Hari Perempuan Sedunia. Peringatan Hari Perempuan Sedunia ini sudah ada dari ratusan tahun yang lalu dan dirayakan dibanyak negara. 8 Maret tiap tahunnya menjadi sebuah perayaan bagi para perempuan untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan pencapaian-pencapaian dalam membangun dunia yang lebih baik lagi. Dan berikut adalah fakta-fakta atau serba-serbi tentang Hari Perempuan Sedunia!

Advertisement

1. Awal mula International Womens Day dimulai

Photo by Elina Fairytale from Pexels

Photo by Elina Fairytale from Pexels via https://www.pexels.com

International Women’s Day atau hari perempuan sedunia ini pertama kali di mulai pada tanggal 28 Februari 1909, setelah tahun lalu pada 1908 terjadi demonstrasi oleh para buruh perempuan untuk meminta keadilan. Kemudian pada tahun 1977, 8 Maret dipilih untuk menjadi hari perempuan sedunia, diresmikan dan dijadikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2. Mengapa ada International Womens Day?

Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Photo by ThisIsEngineering from Pexels via https://www.pexels.com

Hari perempuan sedunia menjadi sebuah wujud dan perayaan untuk terus memperjuangkan hak-hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia. Mengingat kembali bahwa awal mula International Women’s Day karena kesadaran adanya ketidak setaraan dalam segala bidang, entah dalam dunia kerja, Kesehatan, Pendidikan dan banyak hal lainnya.

Advertisement

3. Setiap tahunnya menyusung tema yang berbeda-beda!

Photo by Alexander Suhorucov from Pexels

Photo by Alexander Suhorucov from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap tahunnya International Women’s Day menyusung tema yang berbeda-beda. Setelah tahun 2021 menyusung tema ChooseToChallange, di tahun 2022 ini menyusung tema #BreakTheBias. Seperti yang di kutip di website internationalwomensday.com, tema pada tahun ini untuk bebas dari bias, stigma dan diskirminasi pada perempuan. Tidak hanya itu saja UN Women atau Entitas Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan juga ikut menyemarakkan 8 Maret, UN Women ikut menyusung tema Gender equality today for a sustainable tomorrow.

4. Dirayakan diberbagai negara! Ada yang dijadikan hari libur nasional!

Photo by RF._.studio from Pexels

Photo by RF._.studio from Pexels via https://www.pexels.com

Di hari perayaannya di beberapa negara, anak-anak atau laki-laki memberikan sebuah hadiah atau kartu ucapan pada Ibu, isteri, saudara perempuan atau peremuan lainnya. Dibeberapa negara menjadi hari libur nasional, termasuk dinegara Rusia karena bersangkutan dengan Revolusi Rusia. Di China menjadi hari dimana para pekerja perempuan diberikan setengah hari kerja, di Italy menjadi hari pemberian bunga mimosa pada peremuan dan di US menjadi hari perayaan mencapaian perempuan-perempuan Amerika.

5. Kalau ada International Womens Day, apa ada hari International Mens Day?

Photo by Josh Willink from Pexels

Photo by Josh Willink from Pexels via https://www.pexels.com

Ternyata, ada, lho guys! International Men’s Day jatuh pada 19 November, yang dimulai pada tahun 1999. Tujuannya pun untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Kesehatan dan kesetaraan gender. Sama seperti hari perempuan sedunia, hari pria sedunia pun banyak dirayakan diberbagai negara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This is me, with a random thought!

CLOSE