Mempunyai kulit yang sehat, cerah dan juga mulus merupakan impian bagi semua orang, khususnya bagi para perempuan. Yah, berbagai cara pun ditempuh demi memiliki kulit yang dinginkan. Mulai dari menggunakan skin care hingga melakukan serangakaian perawatan kulit yang kadang cukup menguras kantong.

Berbicara tentang skin care, sekarang ini banyak sekali orang-orang yang getol buat mencoba produk-produk skin care. Namun, ternyata ada beberapa hal yang kurang dicermati dan diperhatikan saat menggunakan skin care. Yuk simak apa aja sih yang bikin kamu jadi salah kaprah tentang skin care!

1. Jangan langsung banyak, pakailah skin care bertahap sesuai kondisi kulitmu

produk skincare via http://sirisiri.com

Mungkin karena ingin segera membasmi jerawat-jerawat nakal di wajah, langsung deh serbu semua. Segala macam produk skin care pun dipakai tanpa melihat dulu mana yang sesuai dan mana yang nggak. Kalau makin banyak jerawatnya baru deh bingung mana nih yang nggak cocok.

Untuk bisa membasmi si jerawat-jerawat bandel itu yang dibutuhkan itu adalah sabar. Gunakan dulu satu produk, terus tunggu kurang lebih 2 minggu untuk melihat reaksinya ke kulit kita. Baru deh kalau cocok bisa ditambahin lagi yang lainnya. Dengan begitu kita bisa lihat mana yang sesuai mana yang nggak. Jangan asal ditimpa aja tuh skin care nya!

2. Terlalu lama mendiamkan wajah setelah mencucinya juga menjadi pemicu masalah kulit

Advertisement

Nah, kebiasan yang satu ini juga cukup sering dilakuin nih. Mungkin karena kita mager atau mungkin malah melakukan hal yang lain jadinya proses perawatan wajah kita jadi tertunda. Sebenarnya membiarkan wajah setelah mencucinya lebih dari 1 menit itu kurang baik.

Mengapa? Karena sejatinya kelembapan wajah kita setelah dicuci itu mudah sekali untuk diserap oleh udara. Hasilnya wajah kita jadi kembali kering, alangkah lebih baiknya kalau segera kita menggunakan toner yang bisa menghidrasi kulit atau yang bebas dari alkohol. Jadi, jangan kelamaan ya mager nya.

3. Perhatikan kandungan skin care-mu! Jika salah sedikit, reaksinya nggak main-main

Membiasakan untuk membaca itu perlu banget. Menggunakan skin care pun seharusnya kita membaca dulu apa saja kandungan yang terdapat dalam produk tersebut. Jangan sampai kita menggunakan produk skin care yang sama-sama mengandung bahan aktif.


Misalnya saja, kita menggunakan produk yang mengandung Benzoyl Peroxide serta produk yang mengandung Retinol dalam waktu yang bersamaan. Bukan hasil mulus yang kita dapatkan, malahan bisa jadi kulit yang kering dan kulit yang memerah.


Dua zat tersebut merupakan zat yang sama-sama keras, jadi kalau digunakan dalam satu waktu yang sama malah bisa menimbulkan reaksi negatif. Jadi, balik lagi ke poin nomor 1, gunakan produk skin care satu-satu ya jangan diserobot semua.

4. Bukannya melindungi kulitmu dari sinar matahari, pemakaian sun screen terlalu banyak justru memancing masalah baru!

sun screen via https://i2.wp.com

Saking takutnya sama sinar matahari, pakai produk yang ada memiliki SPF tinggi pun sampai berlapis-lapis. Kamu berharap dengan menggunakan sun screen dengan SPF 20 ditambah kamu pakai alas bedak dengan SPF 15 jumlah SPF yang kamu pakai jadi 35. Padahal kenyataannya bukan seperti itu. Fungsi dari SPF itu akan bekerja apabila kamu menggunakannya secara rata.

Percuma saja kamu pakai produk dengan SPF 24 tapi pakainya tipis sekali. Hasilnya akan sama dengan kamu pakai produk dengan SPF 15 tetapi kamu mengaplikasikannya dengan rata dan kamu beri waktu agar meresap. Pada dasarnya menggunakan sun screen yang baik adalah diberi waktu dan digunakan secara berkala. Jadi, jangan dilapis-lapis ya nanti malah jadi kue lapis. Hehehe….

5. Jangan cuma ikut-ikutan beauty vlogger atau blogger tanpa alasan! Memperhatikan kebutuhan kulitmu juga penting

beauty vlogger via https://i.ytimg.com

Sah-sah saja untuk melihat rekomendasi skin care yang digunakan para beauty vlogger, karena dengan begitu kita bisa menambah referensi. Tetapi yang tidak sah adalah ketika kita nggak cermat dan cerdas untuk mengambil maksud dari si beauty vlogger. Tanpa melihat kondisi kulit kita seperti apa, semua produk yang dipakai oleh si beauty vlogger pun dipakai semua.

Nah keputusan tersebut sebenarnya salah. Kondisi kulit orang itu pasti berbeda-beda, ada yang kering, berminyak, normal dan bahkan ada yang kombinasi. Kalau misal kulit kita berminyak kemudian mengguakan produk untuk kulit yang kering, hasilnya malah kulit kita makin berminyak dan berjerawat kan?

Jangan semua-semuanya diikuti, toh si beauty volgger pun pasti akan memberikan disclaimer kalau produk tersebut cocok di kulit dia yang berminyak misalkan. Jadi, jangan diikuti semuanya, again sebelum kita menggunakan skin care pahami dulu kondisi kulitnya dan kemudian cari tahu kandungan produk-produknya, jangan asal pakai.

Ngaku deh pasti pernah kan dari kelima hal tersebut ada yang pernah kalian lakukan. So, sekarang harus lebih jeli lagi ya kalau mau pakai skin care. Semoga bermanfaat guys.