Hey, Anak Muda! Ketahuilah Lima Jenis Investasi ini untuk Bekal di Masa Depan

Investasi bukan hanya melulu soal finansial lho!

Ketika kamu melihat kata “investasi”, saya yakin hal pertama yang muncul di benak anda adalah yang berhubungan dengan finansial bukan? Tapi, jangan salah! Investasi bisa berupa banyak hal juga loh! Baik dalam hal waktu, kesehatan dan tentunya investasi uang. Mari simak berikut jenis investasi ini jika kamu ingin sukses!

Advertisement

1. Waktu

Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Photo by JESHOOTS.com from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, tetapi tetap saja keputusan setiap orang berbeda-beda mengenai penggunaan waktu tersebut yang dimana tidak semua orang mempergunakan waktu dengan baik ataupun produktif. Coba bayangkan apabila kita bisa alokasikan 24 jam tersebut menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan hal baik di masa depan.

Untuk investasi waktu, investasi ini lebih memfokuskan kepada pengembangan kapasitas diri, baik dalam sisi ilmu pengetahuan ataupun softskill, yang dimana kita meluangkan waktu agar dapat mengasah kemampuan diri kita menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Advertisement

Sebab tertulis dalam buku Outliners oleh Malcom Gladwell mengenai hukum 10.000 jam yang dimana beliau mengatakan  bahwa “untuk menjadi ahli, seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10 ribu jam.”   

Sebagai contoh, tentu semua orang memiliki bidang yang ingin mereka tekuni, baik itu sebagai hobi ataupun profesi, dan untuk menjadi seorang profesional dibidangnya, mereka harus meluangkan waktu untuk memperdalam ilmu-ilmu tersebut dengan cara belajar.

 

Advertisement

2. Finansial

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Sebagian orang dewasa memiliki kendala dalam mengatur finansial, dan penyebab utama masalah ini adalah bagaimana cara  mereka mengelola finansial di masa muda mereka, atau mereka tidak memiliki rencana secara keuangan maupun tidak memiliki kebiasaan dalam menabung.

Semakin kita bertumbuh dewasa, lingkaran keinginan dan kebutuhan juga semakin bertambah. Untuk mencukupi hal tersebut, lingkaran pendapatan yang kita terima seiring waktu juga harus bertumbuh.  Generasi millennial harus memiliki kesadaran akan hal ini yang dimana seperti kita ketahui masa muda adalah masa yang paling produktif.

Bahkan investasi sendiri dianjurkan untuk dilakukan oleh para milliarder, seperti contohnya Warren Buffet, yang dimana beliau yang sudah menjadi panutan di bidang finansial. Apa lagi saat ini investasi sudah lebih mudah dilakukan dan sudah tersedia berbagai macam instrument.

3. Kesehatan

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Health is Wealth”, tentu banyak dari kita telah mendengar kata-kata tersebut tetapi kerap diabaikan. Terlihat simple, namun memiliki arti yang dalam. Kita telah membahas investasi waktu dan finansial, namun tanpa adanya investasi kesehatan, kedua hal itu tidak mungkin akan terwujud.

Banyak anak muda yang menganggap remehkan kesehatan serta memiliki pola pikir, “Saya kan masih muda, nanti saja lah jaganya”. Apalagi di masa muda ini, kita dihadirkan banyak hiburan yang mampu memberi efek buruk kepada pola hidup, mulai dari bergadang, merokok hingga mengonsumsi makanan yang bersifat junkfood.

Kesehatan kita di masa tua merupakan akumulasi kebiasaan-kebiasaan kita di masa muda, maupun itu sehat atau tidak, apabila anda menghabiskan waktu muda anda dengan menjaga kesehatan, maka di masa tua anda akan menabur apa yang anda tuai, dan begitu pula sebaliknya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE